OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan persamaan dasar akuntansi. Subjek penelitian terdiri dari 42 peserta didik kelas XII Sosial di SMA Swasta St. Darius Larantuka pada tahun pelajaran 2024/2025, yang mengalami kesulitan dalam belajar akuntansi sub materi persamaan dasar akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2025. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persamaan dasar akuntansi, antara lain: 1) Kurang mampu menganalisis transaksi, 2) Kesulitan dalam menentukan posisi debet dan kredit, dan 3) Kurang teliti dalam menghitung angka. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal yang meliputi: kelelahan, sakit, lemahnya pengetahuan dan keterampilan dasar akuntansi, rendahnya minat, konsentrasi dan perhatian, serta kesiapan belajar, serta faktor eksternal berupa metode mengajar guru yang kurang menarik.
Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persamaan dasar akuntansi, yaitu kurang mampu menganalisis transaksi, kesulitan menentukan posisi debet dan kredit, serta kurang teliti dalam menghitung angka.Kesulitan tersebut dipengaruhi oleh faktor internal (kelelahan, masalah kesehatan, lemahnya pengetahuan dasar, rendahnya minat, konsentrasi, dan kesiapan belajar) serta faktor eksternal (metode pengajaran guru yang kurang menarik).Oleh karena itu, disarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan kontekstual, memberikan penjelasan secara bertahap, serta rutin melakukan evaluasi dan bimbingan agar siswa lebih mudah memahami materi akuntansi.
Penelitian lanjutan dapat difokuskan pada evaluasi efektivitas model pembelajaran kontekstual berbasis masalah khusus untuk materi persamaan dasar akuntansi pada siswa kelas XII Sosial, dengan membandingkan hasil kompetensi dan tingkat keakuratan siswa dalam menganalisis transaksi serta menempatkan posisi debit-kredit sebelum dan sesudah intervensi. Selain itu, studi longitudinal dapat dirancang untuk mengidentifikasi pengaruh faktor kesiapan belajar siswa—seperti pola tidur, kondisi kesehatan, dan tingkat kelelahan—terhadap ketelitian perhitungan angka dan pemahaman konsep akuntansi, melalui pengukuran rutin menggunakan tes keterampilan numerasi dan kuesioner kelelahan. Selanjutnya, penelitian lain dapat mengeksplorasi efektivitas metode peer-assisted learning di mana siswa secara bergantian mengambil peran sebagai tutor dan belajar mandiri dalam kelompok kecil ketika memecahkan soal persamaan dasar akuntansi, kemudian membandingkan hasil pembelajaran serta motivasi belajar dengan kelompok yang diajar menggunakan metode ceramah tradisional. Dengan menggabungkan ketiga arah penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan strategi pembelajaran yang mampu meminimalkan hambatan baik internal maupun eksternal, sekaligus meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran akuntansi.
| File size | 266.08 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | Report |
Related /
ITB ADITB AD Pemahaman kode etik akuntan, kepekaan etis, dan religiusitas meningkatkan perilaku etis mahasiswa akuntansi. Sebaliknya, locus of control yang tinggi cenderungPemahaman kode etik akuntan, kepekaan etis, dan religiusitas meningkatkan perilaku etis mahasiswa akuntansi. Sebaliknya, locus of control yang tinggi cenderung
OJSOJS Implementasi pendidikan karakter yang efektif memerlukan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Selain itu, pendidikan karakter terbukti berdampakImplementasi pendidikan karakter yang efektif memerlukan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Selain itu, pendidikan karakter terbukti berdampak
OJSOJS Penelitian menunjukkan bahwa perumpamaan Orang Samaria mengajarkan bahwa kasih harus melampaui batas ras, etnis, agama, dan budaya, menjadikan setiap orangPenelitian menunjukkan bahwa perumpamaan Orang Samaria mengajarkan bahwa kasih harus melampaui batas ras, etnis, agama, dan budaya, menjadikan setiap orang
OJSOJS Dengan demikian sangat diperlukan minat belajar dan disiplin terhadap hasil belajar sehingga mempunyai peningkatan dalam pembelajara. Berdasarkan hasilDengan demikian sangat diperlukan minat belajar dan disiplin terhadap hasil belajar sehingga mempunyai peningkatan dalam pembelajara. Berdasarkan hasil
OJSOJS Berdasarkan temuan ini, model pembelajaran Picture and Picture direkomendasikan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep secara visualBerdasarkan temuan ini, model pembelajaran Picture and Picture direkomendasikan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep secara visual
OJSOJS Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, media pembelajaran kini memegang peranan penting dalam mendukung proses pendidikan. Hal ini mendorongDengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, media pembelajaran kini memegang peranan penting dalam mendukung proses pendidikan. Hal ini mendorong
OJSOJS Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah tantangan yang dihadapi dalam implementasi kurikulum, termasuk kurangnya pelatihan dan pemahamanSelain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah tantangan yang dihadapi dalam implementasi kurikulum, termasuk kurangnya pelatihan dan pemahaman
STIKESHT TPISTIKESHT TPI Analisa data univariat dalam tabel distribusi frekuensi. Analisa bivariat menggunakan korelasi Spearman. Hasil penelitian mendapatkan karakteristik respondenAnalisa data univariat dalam tabel distribusi frekuensi. Analisa bivariat menggunakan korelasi Spearman. Hasil penelitian mendapatkan karakteristik responden
Useful /
OJSOJS Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumlah responden sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angketPengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumlah responden sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
OJSOJS Oleh karena itu disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Analisis menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh positifOleh karena itu disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Analisis menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh positif
OJSOJS Tantangan utama yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu, manajemen keuangan, dan kurangnya pengalaman. Keberhasilan program dipengaruhi oleh dukunganTantangan utama yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu, manajemen keuangan, dan kurangnya pengalaman. Keberhasilan program dipengaruhi oleh dukungan
STIKESHT TPISTIKESHT TPI Berdasarkan tinjauan literatur dari beberapa jurnal yang ditelaah, penelitian ini menggunakan desain uji klinis (clinical trial). Tujuannya memberikanBerdasarkan tinjauan literatur dari beberapa jurnal yang ditelaah, penelitian ini menggunakan desain uji klinis (clinical trial). Tujuannya memberikan