FTKJOURNAL UINMATARAMFTKJOURNAL UINMATARAM

El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBAEl-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA

Penilaian dalam pembelajaran mahārah al-qirā`ah perlu dilakukan guna mengetahui tercapainya tujuan pembelajaran. Adapun dalam melakukan penilaian, masih banyak ditemukan ketidaksesuaian teknik dan instrumen penilaian yang digunakan oleh pendidik. Padahal teknik dan instrumen penilaian yang baik, akan menentukan hasil belajar peserta didik yang sesungguhnya. Oleh karena itu, penelitian kepustakaan (library reseacrh) ini bertujuan untuk mengkaji teknik dan instrumen penilaian mahārah al-qirāah ditinjau dari tingkat dan tujuan pembelajarannya. Sumber data penelitian ini ialah data primer dan sekunder yang berupa buku-buku, artikel jurnal dan lainnya terkait dengan tema penelitian ini. Hasil penelitian dikaji dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah, pendidik harus selalu memperhatikan teknik dan instrumen yang digunakan agar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya, tingkat atau jenjang kemampuan peserta didik, keterampilan berbahasa yang sedang dipelajari, serta bentuk pembelajaran yang dilakukan. pemilihan teknik dan penggunaan instrument penilaian keterampilan membaca dapat disesuaikan dengan tujuan pembelajaran pada masing-masing jenjang/tingkat perkembangan peserta didik sebagai, yaitu bagi pembelajar tingkatan dasar/pemula (mubtadi), bagi pembelajar tingkat menengah (mutawassit), bdan agi pembelajar tingkat lanjut (mutaqaddim).

Penilaian dalam pembelajaran mahārah al-qirā`ah perlu dilakukan untuk mengetahui tercapainya tujuan pembelajaran.Pendidik masih sering menggunakan teknik dan instrumen yang tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran, tingkat kemampuan peserta didik, serta bentuk pembelajaran.Teknik dan instrumen penilaian yang baik akan menentukan hasil belajar peserta didik yang sesungguhnya.Pemilihan teknik dan instrumen penilaian keterampilan membaca harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik, seperti pembelajar dasar, menengah, dan lanjut.

Berdasarkan hasil penelitian, beberapa saran penelitian lanjutan dapat dikembangkan. Pertama, penelitian dapat mengkaji efektivitas teknik penilaian yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik, seperti pembelajar dasar, menengah, dan lanjut. Kedua, penelitian dapat mengeksplorasi penggunaan teknologi dalam pengembangan instrumen penilaian yang lebih inovatif dan interaktif. Ketiga, penelitian dapat meneliti dampak jangka panjang dari penerapan penilaian yang tepat terhadap kemampuan membaca peserta didik, termasuk perbaikan keterampilan analitis dan pemahaman mendalam terhadap teks.

  1. Bot Verification. verification verifying robot journal.ibrahimy.ac.id/index.php/Lahjah/article/view/1106Bot Verification verification verifying robot journal ibrahimy ac index php Lahjah article view 1106
  2. EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB | An Nabighoh. evaluasi pembelajaran bahasa arab nabighoh authors... e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/an-nabighoh/article/view/1124EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB An Nabighoh evaluasi pembelajaran bahasa arab nabighoh authors e journal metrouniv ac index php an nabighoh article view 1124
  3. One moment, please.... moment please wait request verified journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/64One moment please moment please wait request verified journal staimsyk ac index php almanar article view 64
  1. #teknik analisis data#teknik analisis data
  2. #keterampilan membaca peserta didik#keterampilan membaca peserta didik
Read online
File size866.15 KB
Pages22
DMCAReport

Related /

ads-block-test