LAPANLAPAN

Jurnal Teknologi DirgantaraJurnal Teknologi Dirgantara

Penelitian p r e s t a si t e r h a d ap roket RX-320 dengan s u d ut elevasi bervariasi dari 50° sampai dengan 80°. B a h an pendorong yang dipakai adalah jenis propelan HTPB. Uji statik roket berbobot 598 kg, berat propelan 254 kg menghasilkan gaya dorong 3500 kgf dan waktu p e m b a k a r an 13 detik. t e l ah d i l a k u k an t e r b a ng roket Dengan uji penerbangan telah dihitung presentasi terbang roket m a k s i m um u n t uk berbagai s u d ut elevasi. J a r ak j a n g k a u an m a k s i m um yang dicapai adalah 45,223 km dengan s u d ut elevasi 65°, tinggi m a k s i m um yang dicapai adalah 27,595 km dengan s u d ut elevasi 80°, kecepatan m a k s i m um yang dicapai adalah 2,531 m a ch dengan s u d ut elevasi 50° d an waktu terbang m a k s i m um yang dicapai adalah 160 detik dengan s u d ut elevasi 80°.

Penelitian menemukan bahwa jarak jangkauan maksimum roket RX-320 adalah 45,223 km dengan sudut elevasi 65°, tinggi maksimum 27,595 km pada sudut 80°, dan kecepatan maksimum 2,531 mach pada sudut 50°.Waktu terbang maksimum mencapai 160 detik dengan sudut elevasi 80°.Kesimpulan ini menunjukkan bahwa sudut elevasi memengaruhi performa roket secara signifikan.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji pengaruh desain roket multi-stage terhadap performa jangkauan dan kecepatan. Selain itu, analisis alternatif bahan bakar propelan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan HTPB dapat menjadi arah studi baru. Penelitian juga dapat mengembangkan model prediksi kinerja roket dengan variasi sudut elevasi yang lebih kompleks, termasuk faktor lingkungan seperti tekanan atmosfer dan suhu.

  1. #terbang roket#terbang roket
  2. #roket sonda#roket sonda
Read online
File size1014.83 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test