LAPANLAPAN

Jurnal Teknologi DirgantaraJurnal Teknologi Dirgantara

Roket propelan cair memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan roket propelan padat. Jumlah dan perbandingan bahan bakar terhadap oksidator dapat diatur untuk menghasilkan gaya dorong yang diinginkan. Salah satu propelan yang digunakan saat ini adalah pasangan kerosen dan asam nitrat. Namun, penggunaan propelan ini memunculkan masalah akibat karakter propelannya. Asam nitrat adalah cairan yang sangat korosif dan dapat menyebabkan efek yang serius terhadap tubuh manusia. Tinjauan terhadap keselamatan dalam uji statik roket cair telah dilakukan. Pada uji statik, kerosen dan asam nitrat akan diinjeksi ke dalam ruang bakar dan bereaksi sehingga menghasilkan gas bertekanan dan bertemperatur tinggi yang kemudian disemburkan melalui nosel untuk menghasilkan gaya dorong. Dari hasil kajian, daerah pengujian dibagi menjadi 5 zona. Zona 1, daerah yang paling berbahaya berjarak 0 - 3 m, dan zona 2, 3 - 40 m, adalah daerah yang masih dipengaruhi oleh gas-gas berbahaya. Pengamatan langsung dapat dilakukan pada jarak 50 m dengan perlindungan bangunan.

Penggunaan asam nitrat sebagai propelan pada roket cair ketika uji statik atau uji terbang berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan yang serius dan memberikan dampak terhadap lingkungan karena sifat korosifnya, sehingga pengujian roket cair harus mempertimbangkan aspek keselamatan.Pasangan asam nitrat dan kerosen dalam reaksi pembakaranya akan menghasilkan beberapa gas berbahaya di antaranya nitrogen oksida (NOx) dan uap asam nitrat itu sendiri.Uji statik di ruang terbuka untuk roket cair berpropelan asam nitrat dan kerosen dengan tekanan ruang bakar 30 atm dan gaya dorong 1000 kgf, pada kondisi kecepatan aliran udara 2 m/detik, dengan mempertimbangkan kondisi yang terburuk, daerah pengujian dibagi menjadi 5 zona dengan tingkat keamanan dan prosedur masing-masing.

Penelitian berikutnya bisa mengarah pada pengembangan material inovatif yang lebih tahan terhadap korosi asam nitrat, seperti menguji efektivitas berbagai lapisan pelindung khusus (coating) atau paduan logam baru yang dapat diaplikasikan pada dinding ruang bakar dan tangki penyimpanan, yang bertujuan untuk secara signifikan meningkatkan keamanan operasional dan memperpanjang umur pakai komponen roket. Sebagai pengembangan dari model analisis sebaran gas yang telah dilakukan, suatu studi kritis dapat dirancang untuk secara komprehensif memodelkan perilaku dispersi zat berbahaya dalam berbagai kondisi cuaca ekstrem, seperti saat kecepatan angin sangat tinggi, hampir tidak ada angin, atau saat fenomena inversi suhu terjadi yang dapat menjebak polutan dekat permukaan. Hasil dari studi ini akan membentuk dasar untuk pembuatan peta zona bahaya yang lebih dinamis, akurat, andal. Terakhir, untuk mendalamikan pemahaman mengenai dampak ekologis, sangat penting untuk melakukan penelitian lanjutan yang fokus pada efek kumulatif jangka panjang dari paparan rutin asam nitrat dan nitrogen oksida terhadap ekosistem di sekitar lokasi uji, yang melampaui pengujian toksisitas akut dengan meneliti dampaknya pada kualitas tanah, kesehatan air tanah, serta struktur komunitas tumbuhan dan mikroba lokal.

  1. #keselamatan uji statik#keselamatan uji statik
Read online
File size717.04 KB
Pages11
DMCAReport

Related /

ads-block-test