STAISAMSTAISAM

Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan EkonomiAl-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan proses penguatan kompetensi siswa melalui program magang di PT. Tirta Semesta Engineering Sidoarjo sebagai Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara kepada 3 orang yang dipilih secara purposive, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan kompetensi siswa melalui program magang pada DUDI melalui tiga tahapan utama yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan dilakukan melalui melakukan identifikasi sekolah atau yang relevan untuk dijadikan rekanan magang siswa dengan memperluas jaringan kerjasama melalui proses penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Tujuannya agar penempatan siswa-siswi magang pada bidang yang sesuai dengan keahlian mereka Pada tahap pelaksanaan, pihak DUDI memberi pengetahuan praktis kepada siswa melalui pelatihan dan praktik langsung di lapangan dengan mengacu pada rundown dan job description siswa di lokasi magang selama tiga bulan. Pada tahap akhir yakni evaluasi, pihak DUDI melakukan penilaian kinerja setiap siswa. Tujuannya adalah untuk untuk menilai efensiensi dan efektivitas pelaksanaan magang guna mendapatkan umpan balik untuk peningkatan mutu program dan pendidikan pada umumnya.

Penguatan kompetensi siswa melalui program magang di PT.Tirta Semesta Engineering sebagai DUDI dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.Pada tahap perencanaan, dilakukan identifikasi sekolah rekanan, perluasan jaringan kerja sama, serta penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk penempatan siswa sesuai keahlian.Tahap pelaksanaan melibatkan pemberian pengetahuan praktis melalui pelatihan langsung di lapangan selama tiga bulan berdasarkan rundown dan job description.Tahap evaluasi dilakukan melalui penilaian kinerja siswa untuk menilai efisiensi dan efektivitas program, serta memberikan umpan balik bagi peningkatan mutu pendidikan.

Penelitian lanjutan bisa melihat bagaimana siswa magang dari bidang lain di SMK seperti teknik elektro atau mekanik mengalami penguatan kompetensi di PT. Tirta Semesta Engineering untuk membandingkan efektivitas program magang antar bidang keahlian. Selain itu, seorang peneliti dapat meneliti pengaruh durasi magang terhadap peningkatan keterampilan siswa, misalnya dengan membandingkan kelompok siswa yang magang selama 3 bulan versus 6 bulan untuk melihat apakah waktu lebih lama selalu berarti kompetensi lebih tinggi. Di samping itu, ide penelitian baru adalah mengkaji tantangan siswa magang dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja dunia industri, seperti hambatan komunikasi atau pemahaman teknologi, dan bagaimana solusi yang diterapkan oleh DUDI membantu mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian lain yang menarik adalah mengeksplorasi dampak program magang pada persiapan siswa untuk beralih dari pendidikan ke dunia kerja, seperti apakah mereka lebih siap menghadapi tantangan pekerjaan after lulusan sekolah, dan bagaimana DUDI bisa ikut serta meningkatkan aspek seperti keterampilan interpersonal. Selanjutnya, penelitian dapat fokus pada peran kolaborasi antara sekolah dan DUDI dalam mengukur kesuksesan lulusan setelah magang selesai, dengan mengikuti jejak siswa dalam karier mereka selama beberapa bulan atau tahun setelahnya. Terakhir, penelitian bisa mengembangkan model baru kemitraan magang antara sekolah dan DUDI yang lebih inklusif, termasuk siswa dari beragam latar belakang sosial ekonomi, untuk memastikan bahwa manfaat magang dapat dirasakan oleh semua peserta tanpa hambatan.

  1. #sosial ekonomi siswa#sosial ekonomi siswa
Read online
File size222.37 KB
Pages12
DMCAReport

Related /

ads-block-test