STMIKJAYAKARTASTMIKJAYAKARTA

Journal of Information System, Informatics and ComputingJournal of Information System, Informatics and Computing

Penelitian ini bertujuan menciptakan sistem informasi yang dapat merekap data aset dan fasilitas, penyewa dan pembayaran pada Maestro Futsal Kemayoran. Masalah utama yang menjadi pembahasan penelitian adalah penggunaan sistem informasi yang ada saat ini masih manual. Transaksi pembayaran dan rekap laporan yang dilakukan dengan buku besar, membuat pengelola dalam merekap data transaksi menjadi sulit karena sering terjadinya salah penghitungan yang akibatnya proses pembuatan laporan tidak tepat waktu, karena semua proses dilakukan secara manual. Status bayar oleh penyewa sulit untuk dilacak jika pemilik meminta hasil laporan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Metode Rapid Application Development Menggunakan Algoritma String Matching, dalam prosesnya terdiri dari perencanaan sistem, analisis sistem, perancangan sistem, dan implementasi sistem. Hasil Penelitian ini adalah sebuah sistem informasi sewa aset dan fasilitas lapangan futsal Maestro Futsal Kemayoran berbasis web. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan transaksi kedua belah pihak dapat dengan mudah dan saling menguntungkan dan para pemilik juga dapat mengawasi transaksi yang ada dimanapun.

Proses transaksi penyewaan lapangan futsal saat ini masih dilakukan secara manual sehingga pengelolaan data transaksi kurang efektif dan efisien.Proses rekap data juga masih menggunakan cara manual sehingga prosesnya akan lama dan sulit dalam pengerjaannya.Hambatan yang dihadapi dalam proses sewa lapangan futsal yang saat ini berjalan adalah masih belum ada data detail mengenai laporan sewa lapangan futsal.Sistem informasi ini diharapkan dapat mempermudah pelanggan dan pemilik tempat penyewaan futsal dalam mengelola data penyewa lapangan futsal.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dilakukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengintegrasikan sistem ini dengan platform pembayaran digital, sehingga penyewa dapat melakukan pembayaran secara online dan otomatis. Kedua, pengembangan sistem dapat dilakukan dengan menambahkan fitur analisis data, seperti tren penyewaan lapangan berdasarkan waktu, jenis lapangan, atau kelompok usia penyewa, untuk membantu pengelola dalam pengambilan keputusan strategis. Ketiga, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memprediksi tingkat okupansi lapangan futsal, sehingga pengelola dapat mengoptimalkan penjadwalan dan promosi. Pengembangan ini akan memberikan nilai tambah bagi Maestro Futsal Kemayoran dan meningkatkan daya saing di pasar penyewaan lapangan futsal.

  1. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS WEB DENGAN METODE RAPID APPLICATION... journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/375PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS WEB DENGAN METODE RAPID APPLICATION journal stmikjayakarta ac index php jisicom article view 375
Read online
File size1.48 MB
Pages15
DMCAReport

Related /

ads-block-test