APTIIAPTII
Router : Jurnal Teknik Informatika dan TerapanRouter : Jurnal Teknik Informatika dan TerapanSistem Informasi Manajemen Layanan Akademik Berbasis Web di SMA Negeri 2 Kodi Utara dikembangkan untuk memperbaiki efektivitas dan efisiensi pengelolaan data akademik di sekolah. Selama ini, pengelolaan data akademik, termasuk input nilai, jadwal kelas, informasi guru, dan laporan akademik, masih dilakukan secara manual, sehingga sering kali menimbulkan keterlambatan dan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pencatatan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menciptakan sistem informasi yang berbasis web, yang dapat membantu institusi pendidikan dalam mengelola layanan akademik secara terintegrasi serta secara real-time. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model Waterfall, yang mencakup fase analisis kebutuhan, desain sistem, penerapan, pengujian, dan pemeliharaan. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan sistem basis data MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi manajemen akademik yang dapat memfasilitasi beragam kegiatan akademik, seperti pengelolaan data siswa, data guru, nilai, jadwal kelas, serta laporan akademik. Sistem ini juga mempermudah para guru dalam melakukan input nilai dan memberikan akses informasi akademik dengan cepat dan tepat bagi siswa dan kepala sekolah. Dengan adanya sistem ini, proses administrasi akademik di SMA Negeri 2 Kodi Utara menjadi lebih terorganisir, efisien, dan transparan.
Penelitian ini berhasil mengembangkan sistem informasi manajemen layanan akademik berbasis web di SMA Negeri 2 Kodi Utara.Sistem ini mengintegrasikan seluruh proses layanan akademik, termasuk pengelolaan data siswa, guru, nilai, dan laporan akademik, ke dalam satu platform yang mudah diakses.Penerapan sistem ini meningkatkan efisiensi kerja, akurasi data, dan transparansi administrasi akademik di sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat dipertimbangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengintegrasikan sistem ini dengan sistem informasi keuangan sekolah, sehingga pengelolaan anggaran dan keuangan dapat dilakukan secara lebih terpadu. Kedua, pengembangan fitur analisis data akademik dapat dilakukan untuk membantu pihak sekolah dalam mengidentifikasi tren dan pola prestasi siswa, sehingga dapat dirumuskan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Ketiga, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan aplikasi mobile untuk sistem ini, sehingga siswa dan guru dapat mengakses informasi akademik kapan saja dan di mana saja melalui perangkat seluler mereka. Pengembangan ini akan meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan penggunaan sistem, serta mendukung pembelajaran yang lebih fleksibel dan adaptif. Dengan demikian, sistem informasi manajemen layanan akademik di SMA Negeri 2 Kodi Utara dapat terus ditingkatkan dan dioptimalkan untuk mendukung kualitas pendidikan yang lebih baik.
- SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA SMK AL-ISLAM SURAKARTA | Journal of Information System Management... jurnal.amikom.ac.id/index.php/joism/article/view/1647SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA SMK AL ISLAM SURAKARTA Journal of Information System Management jurnal amikom ac index php joism article view 1647
- PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE PADA SEKOLAH MENENGAH... doi.org/10.51351/jtm.13.1.2024745PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE PADA SEKOLAH MENENGAH doi 10 51351 jtm 13 1 2024745
- Sistem Informasi Manajemen Layanan Akademik Sekolah Berbasis Web pada SMA Negeri 2 Kodi Utara | Router... journal.aptii.or.id/index.php/Router/article/view/645Sistem Informasi Manajemen Layanan Akademik Sekolah Berbasis Web pada SMA Negeri 2 Kodi Utara Router journal aptii index php Router article view 645
- Wayback Machine. wayback machine ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted/article/view/22969Wayback Machine wayback machine ejurnal ung ac index php inverted article view 22969
- PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT... doi.org/10.51903/elkom.v15i2.943PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT doi 10 51903 elkom v15i2 943
| File size | 913.63 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas V semesterBerdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas V semester
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media flashcard digital yang layak dan efektif serta untuk mengetahui apakah media flashcard digital dapat meningkatkanPenelitian ini bertujuan untuk menciptakan media flashcard digital yang layak dan efektif serta untuk mengetahui apakah media flashcard digital dapat meningkatkan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Pembelajaran berbasis pendekatan inkuiri terbukti dapat melatih sikap ilmiah siswa, meningkatkan keaktifan, dan mendorong penemuan konsep secara mandiriPembelajaran berbasis pendekatan inkuiri terbukti dapat melatih sikap ilmiah siswa, meningkatkan keaktifan, dan mendorong penemuan konsep secara mandiri
NEWINERANEWINERA Terdapat beberapa faktor yang menentukan keberhasilan implementasi SIRANSIJA di Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo, yaitu kondisi lingkunganTerdapat beberapa faktor yang menentukan keberhasilan implementasi SIRANSIJA di Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo, yaitu kondisi lingkungan
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Prototipe yang dikembangkan dalam penelitian ini dirancang agar sesuai interaktif, mudah diakses, serta dengan kebutuhan, bersifat memperhitungkan sensitivitasPrototipe yang dikembangkan dalam penelitian ini dirancang agar sesuai interaktif, mudah diakses, serta dengan kebutuhan, bersifat memperhitungkan sensitivitas
UNDIKSHAUNDIKSHA Selain itu, indikator kemampuan berpikir yang sering dilatih pada siswa hanya terbatas pada indikator C4 (analisis). Akibatnya, siswa pasif dalam menerimaSelain itu, indikator kemampuan berpikir yang sering dilatih pada siswa hanya terbatas pada indikator C4 (analisis). Akibatnya, siswa pasif dalam menerima
UNDIKSHAUNDIKSHA Temuan utama menunjukkan adanya korelasi signifikan antara aktivitas media sosial dengan keputusan membeli produk. Penelitian ini menyimpulkan perlunyaTemuan utama menunjukkan adanya korelasi signifikan antara aktivitas media sosial dengan keputusan membeli produk. Penelitian ini menyimpulkan perlunya
NEWINERANEWINERA Kontribusi makalah ini adalah dalam menyelidiki ergonomi kursi kayu tradisional dan mendemonstrasikan metode heuristik untuk mengukur parameter ergonomiKontribusi makalah ini adalah dalam menyelidiki ergonomi kursi kayu tradisional dan mendemonstrasikan metode heuristik untuk mengukur parameter ergonomi