APTIIAPTII
Router : Jurnal Teknik Informatika dan TerapanRouter : Jurnal Teknik Informatika dan TerapanPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi e-learning berbasis web di Sekolah Dasar Masehi Tanggaba dengan menerapkan model pengembangan perangkat lunak Waterfall. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kebutuhan akan media pembelajaran yang interaktif, fleksibel, serta mudah diakses di era digital, mengingat metode pembelajaran tatap muka konvensional masih sangat dominan digunakan di sekolah. Model Waterfall dipilih karena memberikan alur kerja sistematis melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara bersama guru, serta studi dokumentasi untuk menggali kebutuhan riil pengguna. Hasil penelitian menghasilkan sebuah aplikasi e-learning dengan fitur utama berupa pengelolaan materi pembelajaran, penyediaan latihan soal interaktif, forum diskusi, dan sistem penilaian otomatis. Guru dapat mengunggah materi dan tugas secara terstruktur, sementara siswa dapat mengakses konten pembelajaran, mengerjakan soal, serta berinteraksi melalui forum dengan lebih fleksibel. Uji coba sistem dilakukan dengan metode black box untuk memastikan setiap fungsi aplikasi berjalan sesuai spesifikasi dan kebutuhan pengguna. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi terbukti berjalan dengan baik, praktis digunakan, serta efektif mendukung proses pembelajaran. Guru merasa terbantu dalam mengelola materi dan penugasan, sedangkan siswa memperoleh pengalaman belajar yang lebih mandiri, interaktif, dan tidak terbatas pada ruang kelas. Dengan demikian, aplikasi e-learning yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif sebagai media pendukung pembelajaran di sekolah dasar, serta berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital.
Penelitian ini telah menghasilkan sebuah aplikasi e-learning berbasis web yang dikembangkan menggunakan model Waterfall dengan tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan.Aplikasi ini dirancang khusus untuk mendukung pembelajaran di Sekolah Dasar Masehi Tanggaba dengan fitur utama berupa manajemen materi, latihan soal, forum diskusi, absensi online, serta sistem penilaian.Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahan fungsional yang berarti.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas aplikasi e-learning ini di beberapa sekolah lain dengan variasi jumlah responden untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang dampaknya terhadap pembelajaran. Selain itu, bisa juga dilakukan penelitian tentang integrasi elemen gamifikasi ke dalam aplikasi untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa saat menggunakan e-learning. Selanjutnya, perlu dikembangkan analisis tentang bagaimana pelatihan yang tepat bagi guru dapat berpengaruh pada efektivitas penggunaan aplikasi ini, sehingga implementasi teknologi dalam proses belajar mengajar dapat lebih optimal di masa depan.
- Pengembangan Aplikasi E-learning Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall Pada SMK Strada 2 Jakarta |... ejurnal.umri.ac.id/index.php/JIK/article/view/1878Pengembangan Aplikasi E learning Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall Pada SMK Strada 2 Jakarta ejurnal umri ac index php JIK article view 1878
- Pengembangan Model Aplikasi E-Learning Menggunakan Metode Rapid Application Development | Jamaludin |... ojs.serambimekkah.ac.id/jnkti/article/view/8011Pengembangan Model Aplikasi E Learning Menggunakan Metode Rapid Application Development Jamaludin ojs serambimekkah ac jnkti article view 8011
- PERANCANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB DI SMK SIDRATUL MUNTHAHA YAPIS WAMENA PAPUA DENGAN METODE BLACKBOX... jurnal.univrab.ac.id/index.php/rabit/article/view/4701PERANCANGAN E LEARNING BERBASIS WEB DI SMK SIDRATUL MUNTHAHA YAPIS WAMENA PAPUA DENGAN METODE BLACKBOX jurnal univrab ac index php rabit article view 4701
- PERANCANGAN APLIKASI ANDROID E-LEARN ARMETA DENGAN PENDEKATAN MEODE WATERFALL | Jurnal Sistem Informasi... ejournal.upnvj.ac.id/jsia/article/view/6450PERANCANGAN APLIKASI ANDROID E LEARN ARMETA DENGAN PENDEKATAN MEODE WATERFALL Jurnal Sistem Informasi ejournal upnvj ac jsia article view 6450
| File size | 802.84 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
MKRIMKRI Mahkamah menyatakan bahwa, Penjelasan Pasal 70 UU AAPS bertentangan dengan Pasal 28 ayat (1) UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan mengikat. Dengan adanyaMahkamah menyatakan bahwa, Penjelasan Pasal 70 UU AAPS bertentangan dengan Pasal 28 ayat (1) UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan mengikat. Dengan adanya
MKRIMKRI Preliminary ruling procedure seperti yang diterapkan di Uni Eropa dapat menjadi metode alternatif dalam pelaksanaan constitutional complaint di Indonesia.Preliminary ruling procedure seperti yang diterapkan di Uni Eropa dapat menjadi metode alternatif dalam pelaksanaan constitutional complaint di Indonesia.
APTIIAPTII ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesalahan dalam mengenali wajah seperti intensitas pencahayaan yang berbeda, perbedaan ekspresi dan pose, kualitasada beberapa faktor yang mempengaruhi kesalahan dalam mengenali wajah seperti intensitas pencahayaan yang berbeda, perbedaan ekspresi dan pose, kualitas
NINETYJOURNALNINETYJOURNAL Dengan berkembangnya teknologi, pendeteksian dan klasifikasi katarak menjadi lebih mudah dengan adanya pengolahan citra digital. Pada penelitian ini penulisDengan berkembangnya teknologi, pendeteksian dan klasifikasi katarak menjadi lebih mudah dengan adanya pengolahan citra digital. Pada penelitian ini penulis
Useful /
MKRIMKRI Mahkamah Konstitusi menilai pengujian UUPA tidak beralasan dan memberikan interpretasi Pasal 29 tentang perjanjian perkawinan, memperluas ruang lingkupMahkamah Konstitusi menilai pengujian UUPA tidak beralasan dan memberikan interpretasi Pasal 29 tentang perjanjian perkawinan, memperluas ruang lingkup
APTIIAPTII Dengan demikian, sistem ini berpotensi menjadi solusi efektif dalam mendukung digitalisasi pelayanan publik di bidang pertanahan Kabupaten Sumba BaratDengan demikian, sistem ini berpotensi menjadi solusi efektif dalam mendukung digitalisasi pelayanan publik di bidang pertanahan Kabupaten Sumba Barat
APTIIAPTII Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model Waterfall, yang mencakup fase analisis kebutuhan, desain sistem, penerapan, pengujian,Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model Waterfall, yang mencakup fase analisis kebutuhan, desain sistem, penerapan, pengujian,
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Namun, Pesantren Buntet tidak sepenuhnya pada tahap kesadaran keterkaitan karena indikator teknologi dan perbaikan Pesantren Buntet masih pada tahap 1Namun, Pesantren Buntet tidak sepenuhnya pada tahap kesadaran keterkaitan karena indikator teknologi dan perbaikan Pesantren Buntet masih pada tahap 1