LAPANLAPAN

Jurnal Teknologi DirgantaraJurnal Teknologi Dirgantara

Penelitian ini berfokus pada analisis penentuan power loading pada awal desain pesawat LSU-05 NG. Dengan menentukan power loading maka kebutuhan daya engine untuk pesawat LSU-05 NG dapat diestimasi. Artinya pemilihan engine dapat dilakukan sehingga menghasilkan gaya dorong agar pesawat dapat melakukan misi pemantauan dan foto udara dengan baik. Metode yang digunakan untuk analisis penentuan power loading adalah teknik Matching Chart atau Matching Plot dengan memilih titik optimal dari lima konstrain yaitu jarak take-off, climb rate, stall speed, cruise speed, dan landing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan massa 85 kg dan luas sayap 3,22 m2 pesawat LSU-05 NG membutuhkan daya 9,7 hp.

Berdasarkan perhitungan dengan teknik matching chart, nilai optimal power loading terhadap wing loading yang memenuhi semua persyaratan performa telah ditentukan.Nilai tersebut memungkinkan penentuan daya yang diperlukan untuk menghasilkan gaya dorong pada pesawat LSU-05 NG.Kebutuhan daya ini dapat menjadi acuan dalam pemilihan engine dan propeller, dengan mempertimbangkan efisiensi bahan bakar, berat, dimensi, dan biaya.

Penelitian selanjutnya dapat meneliti pengaruh variasi rasio aspek sayap terhadap optimasi power loading pada LSU-05 NG untuk mengetahui bagaimana perubahan geometri sayap mempengaruhi kebutuhan daya. Selain itu, diperlukan pengembangan metode optimasi multi‑objektif yang mengintegrasikan efisiensi bahan bakar, biaya produksi, serta power dan wing loading sehingga desain dapat menghasilkan solusi yang lebih holistik. Selanjutnya, hasil dari teknik matching chart perlu divalidasi melalui uji terbang prototipe dan dibandingkan dengan pendekatan berbasis simulasi CFD untuk mengevaluasi akurasi dan keandalan metode tersebut dalam konteks desain UAV nyata.

Read online
File size341.15 KB
Pages14
Short Linkhttps://juris.id/p-10r
DMCAReport

Related /

ads-block-test