APTISIAPTISI

Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT)Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT)

Karena mayoritas mahasiswa memulai studinya secara daring, platform Learning Management System (LMS) banyak digunakan. Universitas dan perguruan tinggi memainkan peran penting dalam mengadopsi berbagai platform LMS. Aplikasi perangkat lunak berbasis web yang disebut Bibliometri digunakan untuk merancang, menguji, dan mengevaluasi proses pembelajaran tertentu. LMS diprediksi akan menjadi solusi berbasis kecerdasan buatan yang dominan untuk mengelola eLearning. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengembangkan portal LMS bertenaga kecerdasan buatan yang memungkinkan mahasiswa untuk terus belajar dan menerima materi terbaru dari dosen. Dengan menggunakan perangkat lunak cloud Communicate dan DialogFlow, sistem plugin chatbot yang terhubung dengan platform Google, penelitian bibliometri dikembangkan sebagai sistem proyek LMS. Mahasiswa dapat berinteraksi dengan chatbot kapan saja untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran mereka asalkan memiliki koneksi internet dan kartu identitas mahasiswa untuk mengakses dashboard. Platform LMS yang dikembangkan dengan memanfaatkan pendekatan Bibliometri dan Kecerdasan Buatan untuk membantu mahasiswa mengakses sumber daya dan menyelesaikan tugas dari dosen ini merupakan kebaruan dalam karya ini.

Platform Learning Management System (LMS) secara luas digunakan karena sebagian besar mahasiswa memulai studinya secara daring.Penelitian ini mengembangkan portal LMS bertenaga kecerdasan buatan yang memungkinkan mahasiswa berinteraksi dengan chatbot kapan saja dan di mana saja untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran, asalkan memiliki koneksi internet dan identitas mahasiswa.Seluruh proses pengembangan sistem, mulai dari perancangan, penentuan tujuan, survei literatur, hingga implementasi dan pengujian, telah dilaksanakan untuk merealisasikan proyek ini.

Berdasarkan penelitian ini, beberapa arah pengembangan selanjutnya sangat menarik untuk dijelajahi agar sistem iLearning menjadi lebih efektif. Pertama, penelitian dapat fokus pada pengembangan kemampuan kognitif chatbot. Saat ini, chatbot berfungsi sebagai pemberi informasi, namun bagaimana agar ia dapat memahami konteks percakapan yang lebih kompleks, mengingat preferensi mahasiswa, dan memberikan pembelajaran yang adaptif serta dipersonalisasi sesuai gaya dan kecepatan belajar setiap individu? Ini akan mengubah chatbot dari sekadar asisten menjadi tutor pribadi yang cerdas. Kedua, sebuah studi yang sangat relevan adalah memanfaatkan data yang dihasilkan dari interaksi harian mahasiswa. Pertanyaannya, bagaimana data ini dapat dianalisis dengan algoritma cerdas untuk mengidentifikasi pola kesulitan belajar, memprediksi mahasiswa yang berisiko mengalami kesulitan, dan bahkan merekomendasikan materi tambahan secara otomatis? Tujuannya adalah untuk memungkinkan dosen memberikan intervensi akademik yang tepat sasaran dan lebih awal. Ketiga, sejalan dengan kebutuhan praktis, perlu dilakukan penelitian mengenai fleksibilitas dan portabilitas arsitektur yang telah dibangun. Apakah desain sistem ini dapat diintegrasikan secara mudah dengan berbagai platform LMS lain yang populer, atau menggunakan layanan cloud alternatif, sehingga solusi ini tidak hanya terbatas pada ekosistem Google dan Moodle? Mengkaji ketiga arah ini akan membantu menciptakan ekosistem pembelajaran online yang benar-benar cerdas, responsif, inklusif, dan berpusat pada kesuksesan mahasiswa.

  1. A Bibliometric Study : Recommendation based on Artificial Intelligence for iLearning Education | Aptisi... doi.org/10.34306/att.v5i2.279A Bibliometric Study Recommendation based on Artificial Intelligence for iLearning Education Aptisi doi 10 34306 att v5i2 279
  2. Jurnal Administrasi Publik. blockchain technology immutability framework design government jurnal administrasi... doi.org/10.31289/jap.v11i1.4310Jurnal Administrasi Publik blockchain technology immutability framework design government jurnal administrasi doi 10 31289 jap v11i1 4310
  1. #kognitif chatbot#kognitif chatbot
Read online
File size2.17 MB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test