IBSIBS

Jurnal Ilmu Manajemen dan EkonomikaJurnal Ilmu Manajemen dan Ekonomika

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rekomendasi merek oleh influencer digital terhadap niat pembelian dalam hal keterlibatan merek dan nilai merek yang diharapkan. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini memiliki dua karakteristik: memiliki akun Instagram dan mengikuti akun Instagram. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 85 responden dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi SmartPLS 4 dengan jenis penelitian pengumpulan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Influencer, Keterlibatan Merek pada Self-concept dan Nilai Merek yang Diharapkan memiliki pengaruh positif atau signifikan terhadap Niat Pembelian Merek yang Direkomendasikan. Untuk meningkatkan nilai produk, implikasi manajerial yang dapat diterapkan adalah perusahaan bekerja sama dengan influencer digital.

Keterlibatan merek memiliki pengaruh terbesar, positif dan signifikan terhadap niat pembelian merek yang direkomendasikan.Nilai merek yang diharapkan oleh pengikut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian merek yang direkomendasikan.Persepsi influencer digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian merek yang direkomendasikan.

Untuk memperkaya penelitian ini, disarankan melakukan penelitian lanjutan yang mengeksplorasi: (1) Pengaruh platform media sosial lain (seperti TikTok atau YouTube) terhadap dinamika perilaku konsumen dalam konteks digital marketing, (2) Mekanisme psikologis bagaimana self-concept berinteraksi dengan rekomendasi influencer dalam membangun loyalitas merek, dan (3) Efek keterlibatan merek dalam jangka panjang terhadap keberlanjutan strategi pemasaran berbasis influencer di era digital. Penelitian ini juga dapat dikembangkan untuk menguji validitas model yang didasarkan pada kategori demografis yang lebih luas atau industri spesifik.

  1. Brand engagement in self‐concept and consumer engagement in social media: The role of the source... onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/mar.21312Brand engagement in selfyAAAaconcept and consumer engagement in social media The role of the source onlinelibrary wiley doi 10 1002 mar 21312
  2. The mechanism by which social media influencers persuade consumers: The role of consumers’ desire... doi.org/10.1002/mar.21244The mechanism by which social media influencers persuade consumers The role of consumersAo desire doi 10 1002 mar 21244
  1. #brand engagement#brand engagement
Read online
File size199.51 KB
Pages12
DMCAReport

Related /

ads-block-test