UnwahasUnwahas
Jurnal Ilmu Farmasi dan Farmasi KlinikJurnal Ilmu Farmasi dan Farmasi KlinikKejadian Non Communicable Diseases (NCDs) saat ini tidak hanya menyerang kalangan lanjut usia (lansia) saja, namun juga pada usia yang lebih muda. Upaya pencegahan perlu dilakukan sedini mungkin, salah satunya dengan mengkonsumsi obat tradisional (OT) dan suplemen. Informasi kemanfaatan kedua produk dapat diperoleh melalui label kemasan, namun masih banyak masyarakat kurang memperhatikannya sehingga belum memahami pemanfaatan OT dan suplemen yang baik dan benar. Willingness to pay (WTP) atau kemauan membayar, beriringan dengan informasi kemanfaatan yang diperoleh. Masyarakat yang memahami dan yakin mengenai manfaat suatu produk, maka WTP masyarakat akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh informasi kemanfaatan penggunaan OT dan suplemen terhadap WTP dalam pencegahan NCDs di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional dan dilakukan selama 1 bulan di 4 Kecamatan Kota Yogyakarta, yaitu Kecamatan Danurejan, Gondomanan, Mantrijeron dan Umbulharjo dengan responden sebanyak 107 orang. Teknik sampling menggunakan accidental sampling dan instrumen penelitian berupa kuesioner WTP. Hasil penelitian memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,225 (OT) dan 0,094 (suplemen) (p> 0,05), dengan demikian informasi manfaat penggunaan OT dan suplemen pada label kemasan tidak berpengaruh terhadap WTP dalam pencegahan NCDs di Kota Yogyakarta.
Informasi kemanfaatan penggunaan OT dan suplemen dari label kemasan ternyata tidak berpengaruh terhadap WTP atau kemauan membayar dalam pencegahan NCDs di Kota Yogyakarta, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,225 > 0,05 untuk produk OT dan 0,094 > 0,05 untuk produk suplemen.
Dalam penelitian lanjutan, sebaiknya dilakukan studi untuk mengetahui apakah pengunaan media sosial sebagai sumber informasi utama dapat lebih mempengaruhi kemauan membayar masyarakat terhadap obat tradisional dan suplemen dalam mencegah penyakit tidak menular di daerah urban seperti Yogyakarta, karena hasil saat ini menunjukkan label kemasan saja tidak cukup efektif. Selain itu, penelitian bisa ditujukan untuk menguji efektivitas program pelatihan atau sosialisasi intensif kepada kelompok usia produktif, guna meningkatkan pemahaman tentang informasi kemanfaatan produk tersebut serta mengamati perubahan willingness to pay mereka seiring waktu, dengan menggunakan desain longitudinal untuk melihat dampak jangka panjang. Tambahan lagi, bisa dieksplorasi penelitian perbandingan lintas daerah, seperti membandingkan antara kota dan desa di Indonesia, untuk memahami apakah faktor budaya atau akses informasi lokal memainkan peran lebih besar dalam menentukan kemauan membayar, sehingga dapat menghasilkan strategi pencegahan penyakit tidak menular yang lebih tepat sasaran untuk berbagai kelompok masyarakat.
- Hubungan Tingkat Pengetahuan terhadap Perilaku Penggunaan Suplemen Vitamin C pada Masyarakat saat Pandemi... ejournal2.undip.ac.id/index.php/generics/article/view/15729Hubungan Tingkat Pengetahuan terhadap Perilaku Penggunaan Suplemen Vitamin C pada Masyarakat saat Pandemi ejournal2 undip ac index php generics article view 15729
- Analisis Perilaku Konsumsi Obat Tradisional Selama Situasi Pandemi Covid 19 Pada Karyawan PT. Novell... doi.org/10.52643/jbik.v12i2.1782Analisis Perilaku Konsumsi Obat Tradisional Selama Situasi Pandemi Covid 19 Pada Karyawan PT Novell doi 10 52643 jbik v12i2 1782
- Willingness to Pay Pelayanan Konseling Apoteker di Apotek di Kecamatan Polokarto Tahun 2016 | Harlianti... doi.org/10.23917/pharmacon.v15i1.7247Willingness to Pay Pelayanan Konseling Apoteker di Apotek di Kecamatan Polokarto Tahun 2016 Harlianti doi 10 23917 pharmacon v15i1 7247
- PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK HERBAL DI KABUPATEN SUKOHARJO | Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu... doi.org/10.32585/ags.v4i2.889PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK HERBAL DI KABUPATEN SUKOHARJO Agrisaintifika Jurnal Ilmu Ilmu doi 10 32585 ags v4i2 889
- Pengaruh Media Komunikasi terhadap Kesesuaian dan Penggunaan Suplemen di Masyarakat Kota Surabaya Saat... doi.org/10.20473/jfk.v9i1.24139Pengaruh Media Komunikasi terhadap Kesesuaian dan Penggunaan Suplemen di Masyarakat Kota Surabaya Saat doi 10 20473 jfk v9i1 24139
| File size | 399.45 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-WP |
| DMCA | Report |
Related /
UnwahasUnwahas Melanoma merupakan kanker kelima paling mematikan yang berkembang dari transformasi maligna melanin dalam kondisi stres oksidatif, sehingga diperlukanMelanoma merupakan kanker kelima paling mematikan yang berkembang dari transformasi maligna melanin dalam kondisi stres oksidatif, sehingga diperlukan
UnwahasUnwahas Dari hasil analisis didapatkan dua senyawa flavonoid herba kumis kucing yang memiliki afinitas lebih kuat dan stabil dalam pengikatan enzim siklooksigenase-2,Dari hasil analisis didapatkan dua senyawa flavonoid herba kumis kucing yang memiliki afinitas lebih kuat dan stabil dalam pengikatan enzim siklooksigenase-2,
UnwahasUnwahas Hasil penelitian menunjukkan bahwa apokarotenal sebagai pembawa lipid cair yang terbaik dengan nilai ΔG sebesar -3,57 kkal/mol dan Ki sebesar 2,40 mM.Hasil penelitian menunjukkan bahwa apokarotenal sebagai pembawa lipid cair yang terbaik dengan nilai ΔG sebesar -3,57 kkal/mol dan Ki sebesar 2,40 mM.
UnwahasUnwahas Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018 populasi hipertensi di Indonesia berada pada sekitar 34,1 % pada usia ≥18 tahun. Setiap tahunnya penderita hipertensiMenurut Riset Kesehatan Dasar 2018 populasi hipertensi di Indonesia berada pada sekitar 34,1 % pada usia ≥18 tahun. Setiap tahunnya penderita hipertensi
UnwahasUnwahas Berdasarkan uji KLT terdapat BKO parasetamol pada sampel 1 dan 6. Prednison terdapat pada sampel 2, 3, 4, dan 5. Seluruh sampel jamu di wilayah GunungBerdasarkan uji KLT terdapat BKO parasetamol pada sampel 1 dan 6. Prednison terdapat pada sampel 2, 3, 4, dan 5. Seluruh sampel jamu di wilayah Gunung
UnwahasUnwahas Studi potong lintang melibatkan 50 penderita asma Rumah Sakit Umum Daerah ST berusia 18-65 tahun. Kuesioner Tes Pengendalian Asma (ACT), dan kualitas hidupStudi potong lintang melibatkan 50 penderita asma Rumah Sakit Umum Daerah ST berusia 18-65 tahun. Kuesioner Tes Pengendalian Asma (ACT), dan kualitas hidup
UnwahasUnwahas Suatu sistem dispersi padat (DP) dapat meningkatkan luas permukaan obat dan kontak antara obat dengan media disolusi, sehingga laju disolusi zat aktifSuatu sistem dispersi padat (DP) dapat meningkatkan luas permukaan obat dan kontak antara obat dengan media disolusi, sehingga laju disolusi zat aktif
UnwahasUnwahas Faktor yang mempengaruhi kepatuhan minum obat adalah tekanan darah (p=0,00). Responden yang memiliki kepatuhan minum obat antihipertensi yang tinggi cenderungFaktor yang mempengaruhi kepatuhan minum obat adalah tekanan darah (p=0,00). Responden yang memiliki kepatuhan minum obat antihipertensi yang tinggi cenderung
Useful /
ARTHAMARAMEDIAARTHAMARAMEDIA Banyaknya pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik pembelajaran akan berdampak terhadap kualitas pembelajaran yang dikembangkan. Oleh sebabBanyaknya pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik pembelajaran akan berdampak terhadap kualitas pembelajaran yang dikembangkan. Oleh sebab
UnwahasUnwahas EEBK diformulasikan dalam bentuk sediaan gel pada konsentrasi 20% (F1), 30% (F2), dan 40% (F3). Evaluasi sediaan yang dilakukan meliputi uji mutu fisik,EEBK diformulasikan dalam bentuk sediaan gel pada konsentrasi 20% (F1), 30% (F2), dan 40% (F3). Evaluasi sediaan yang dilakukan meliputi uji mutu fisik,
UnwahasUnwahas Asam lemak tak jenuh terutama asam oleat dan asam palmitat, yang terdapat pada minyak alpukat bermanfaat untuk penyembuhan luka, melembabkan kulit, antioksidanAsam lemak tak jenuh terutama asam oleat dan asam palmitat, yang terdapat pada minyak alpukat bermanfaat untuk penyembuhan luka, melembabkan kulit, antioksidan
LIFESCIFILIFESCIFI Temuan mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, efek pemasaran hijau pada UMKM Serbia signifikan secara statistik, sementara moderasi ekopreneurship jugaTemuan mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, efek pemasaran hijau pada UMKM Serbia signifikan secara statistik, sementara moderasi ekopreneurship juga