JIMF BIJIMF BI

Journal of Islamic Monetary Economics and FinanceJournal of Islamic Monetary Economics and Finance

Dengan menerapkan model Stimulus-Organisme-Respons (SOR), penelitian ini menyelidiki apakah kredibilitas influencer dan kesadaran halal mempengaruhi nilai persepsi pelanggan yang, pada gilirannya, memengaruhi niat pembelian mereka. Data dikumpulkan melalui survei online dan metode SEM‑PLS diterapkan; hasil menunjukkan bahwa kredibilitas influencer dan kesadaran halal berpengaruh positif terhadap nilai persepsi pelanggan terhadap produk kecantikan halal lokal Indonesia. Selain itu, nilai persepsi juga memengaruhi minat pembelian pelanggan. Hasil yang berkaitan dengan kesadaran halal menekankan peran sertifikasi halal dalam niat pembelian pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi industri kecantikan halal lokal untuk meningkatkan strategi pemasaran dan berkontribusi pada literatur teoritis di bidang manajemen dan pemasaran.

Penelitian ini meneliti pengaruh kredibilitas influencer dan kesadaran halal terhadap niat pembelian serta peran nilai persepsi sebagai faktor mediasi.Hasilnya menunjukkan bahwa kredibilitas influencer memicu peningkatan nilai persepsi, dan kesadaran halal secara positif memengaruhi nilai persepsi pelanggan.Nilai persepsi yang lebih tinggi pada gilirannya memicu niat pembelian produk kecantikan halal lokal.

Selain memperluas cakupan sampel dan memperinci jenis produk kecantikan halal, penelitian berikutnya dapat mengkaji bagaimana jenis influencer (macro vs micro) dan platform (Instagram, TikTok) memengaruhi nilai persepsi dan niat pembelian di kalangan Generasi Z. Penelitian juga dapat menyelidiki peran kemudahan pembayaran digital dan kepercayaan belanja online sebagai mediator antara kesadaran halal dan niat pembelian. Terakhir, studi longitudinal diperlukan untuk menilai bagaimana perubahan perilaku konsumen akibat pandemi memengaruhi hubungan antara kredibilitas influencer, kesadaran halal, dan niat pembelian dari waktu ke waktu.

  1. PURCHASE INTENTION OF HALAL LOCAL BEAUTY BRAND DURING COVID-19: THE ROLE OF INFLUENCERS’ CREDIBILITY... doi.org/10.21098/jimf.v9i3.1623PURCHASE INTENTION OF HALAL LOCAL BEAUTY BRAND DURING COVID 19 THE ROLE OF INFLUENCERSAo CREDIBILITY doi 10 21098 jimf v9i3 1623
  2. Determinant Factors in Purchasing Korean Skin Care Products | SHS Web of Conferences. determinant factors... doi.org/10.1051/shsconf/20207601021Determinant Factors in Purchasing Korean Skin Care Products SHS Web of Conferences determinant factors doi 10 1051 shsconf 20207601021
  3. Halal Cosmetics: A Review on Ingredients, Production, and Testing Methods. halal cosmetics review ingredients... doi.org/10.3390/cosmetics6030037Halal Cosmetics A Review on Ingredients Production and Testing Methods halal cosmetics review ingredients doi 10 3390 cosmetics6030037
  1. #halal awareness#halal awareness
File size472.99 KB
Pages22
DMCAReportReport

ads-block-test