NEWINERANEWINERA
Journal La SocialeJournal La SocialePenelitian ini berjudul Analisis Pemetaan Sifat dan Keterampilan Kepemimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Gorontalo pada Era 4.0 yang bertujuan untuk melihat pemetaan sifat dan keterampilan kepemimpinan perguruan tinggi swasta di Kota Gorontalo pada Era 4.0. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model Analisis Interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kualitas kepemimpinan yang harus dimiliki oleh perguruan tinggi swasta (PTS) di Kota Gorontalo adalah integritas, sedangkan keterampilan yang harus dimiliki oleh para pemimpin PTS di Kota Gorontalo adalah keterampilan teknis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sifat keterampilan yang menjadi faktor keberhasilan kepemimpinan perguruan tinggi swasta di Kota Gorontalo pada Era 4.0 adalah integritas. Sementara itu, keterampilan kepemimpinan perguruan tinggi swasta di Kota Gorontalo lebih cenderung bersifat kepemimpinan teknis. Dengan demikian, diharapkan para pemimpin harus mampu beradaptasi dengan kondisi saat ini, pada era semua digitalisasi, harus mampu memanfaatkan TI yang tersedia, dan perlu mempertahankan serta menjaga karakter mulia sebagai citra kepemimpinan yang luhur.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sifat dan keterampilan yang menjadi faktor keberhasilan kepemimpinan perguruan tinggi swasta di Kota Gorontalo pada Era 4.Sementara itu, keterampilan kepemimpinan perguruan tinggi swasta di Kota Gorontalo lebih cenderung bersifat teknis.Para pemimpin diharapkan mampu beradaptasi dengan era digitalisasi saat ini, memanfaatkan teknologi informasi yang ada, serta mempertahankan karakter mulia sebagai teladan kepemimpinan.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana integritas sebagai sifat utama memengaruhi kemampuan adaptasi pemimpin PTS terhadap tantangan digitalisasi di Era 4.0, misalnya melalui studi kasus mendalam pada lebih banyak institusi untuk mengukur dampaknya terhadap kinerja organisasi. Selain itu, arah studi selanjutnya bisa membandingkan keterampilan teknis pemimpin PTS di Gorontalo dengan pemimpin PTS di daerah lain, dengan fokus pada perbedaan latar belakang dan pengalaman kerja untuk mengidentifikasi faktor penentu keberhasilan kepemimpinan di tengah revolusi industri 4.0. Akhirnya, ide penelitian baru dapat mengembangkan model pelatihan kepemimpinan yang mengintegrasikan keterampilan teknis dengan sifat integritas, melalui pendekatan kualitatif yang melibatkan wawancara lebih luas untuk mengatasi keterbatasan respons rendah pada penelitian sebelumnya, sehingga menghasilkan rekomendasi strategi pengembangan pemimpin PTS yang lebih komprehensif.
- Mapping Analysis of Characteristics and Leadership Skills of Private Universities in Gorontalo City in... doi.org/10.37899/journal-la-sociale.v1i4.186Mapping Analysis of Characteristics and Leadership Skills of Private Universities in Gorontalo City in doi 10 37899 journal la sociale v1i4 186
- PENGARUH KETERAMPILAN TEKNIS, KETERAMPILAN SOSIAL, KETERAMPILAN KONSEPTUAL, DAN KETERAMPILAN MANAJERIAL... doi.org/10.21009/jmp.02109PENGARUH KETERAMPILAN TEKNIS KETERAMPILAN SOSIAL KETERAMPILAN KONSEPTUAL DAN KETERAMPILAN MANAJERIAL doi 10 21009 jmp 02109
| File size | 478.82 KB |
| Pages | 5 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IPBIPB Studi ini menggunakan Pemodelan Persamaan Struktural dengan Partial Least Squares (SEM-PLS) untuk menilai dampak langsung dan tidak langsung modal manusia,Studi ini menggunakan Pemodelan Persamaan Struktural dengan Partial Least Squares (SEM-PLS) untuk menilai dampak langsung dan tidak langsung modal manusia,
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Beberapa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematika adalah kesalahan memahami maksud soal, kesalahan menggunakan rumus,Beberapa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematika adalah kesalahan memahami maksud soal, kesalahan menggunakan rumus,
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Tingkat keterampilan proses menunjukkan bahwa 81,25% siswa memiliki keterampilan dasar yang baik, sedangkan keterampilan terintegrasi adalah 68,75%. DapatTingkat keterampilan proses menunjukkan bahwa 81,25% siswa memiliki keterampilan dasar yang baik, sedangkan keterampilan terintegrasi adalah 68,75%. Dapat
NEWINERANEWINERA Makalah ini kemudian memberikan solusi-solusi untuk mendesain ulang kursi tradisional yang mendorong perilaku duduk yang lebih sehat dengan fokus padaMakalah ini kemudian memberikan solusi-solusi untuk mendesain ulang kursi tradisional yang mendorong perilaku duduk yang lebih sehat dengan fokus pada
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini difokuskan dalam penggunaan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada volume kubus dan balokPenelitian ini difokuskan dalam penggunaan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada volume kubus dan balok
NEWINERANEWINERA Implementasi Sistem Penilaian ini juga diatur oleh prinsip-prinsip yang objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan. Implementasi SIRANSIJAImplementasi Sistem Penilaian ini juga diatur oleh prinsip-prinsip yang objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan. Implementasi SIRANSIJA
NEWINERANEWINERA Pandemi Covid‑19 menimpa sistem kesehatan yang memukulnya akibat tenaga medis memusatkan perhatian pada kasus Covid‑19, sehingga layanan untuk pasienPandemi Covid‑19 menimpa sistem kesehatan yang memukulnya akibat tenaga medis memusatkan perhatian pada kasus Covid‑19, sehingga layanan untuk pasien
ULUMUNAULUMUNA Mengambil al-Jīlī dan khususnya karya al-Insān al-kāmil sebagai titik awal, penelitian ini berargumen bahwa pandangan dunia holistik berdasarkan konsepMengambil al-Jīlī dan khususnya karya al-Insān al-kāmil sebagai titik awal, penelitian ini berargumen bahwa pandangan dunia holistik berdasarkan konsep