ITBITB

Journal of Engineering and Technological SciencesJournal of Engineering and Technological Sciences

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media sosial Instagram terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest–posttest. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, dan sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis sebanyak 5 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Instagram secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang.

Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Instagram secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada kelas eksperimen tergolong sedang.

Bagaimana jika peneliti selanjutnya menguji apakah model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Instagram tetap efektif jika diterapkan pada materi matematika yang lebih kompleks seperti kalkulus atau statistika? Apakah ada perbedaan pengaruh Instagram terhadap kemampuan berpikir kritis jika digunakan pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik? Dan bagaimana jika dikembangkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan TikTok atau YouTube Shorts untuk melihat apakah durasi konten pendek bisa memicu minat dan kemampuan berpikir kritis lebih tinggi daripada Instagram?.

  1. #kemampuan berpikir kritis#kemampuan berpikir kritis
  2. #siswa kelas x#siswa kelas x
File size647.26 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test