SAINSSAINS

MBA Journal – Management, Business Administration, and Accounting JournalMBA Journal – Management, Business Administration, and Accounting Journal

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran digital, khususnya potongan harga (price discount) dan motivasi belanja hedonik (hedonic shopping motivations), terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen wanita di toko fisik produk fashion di Kabupaten Bekasi. Perubahan signifikan dalam perilaku konsumen, yang dipicu oleh faktor emosional dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan, mengindikasikan bahwa konsumen cenderung membeli produk secara impulsif ketika terpapar pada strategi pemasaran yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, yang melibatkan 130 responden wanita yang telah berbelanja produk fashion di toko fisik di Kabupaten Bekasi. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan dihitung menggunakan rumus Lemeshow. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25 untuk menguji hubungan antara potongan harga, motivasi hedonik, dan perilaku pembelian impulsif.

Penelitian ini menunjukkan bahwa Price Discount dan Hedonic Shopping Motivations secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying pada konsumen wanita di toko fisik produk fashion di Kabupaten Bekasi.Potongan harga yang menarik mampu menciptakan daya tarik tersendiri yang mendorong pembelian spontan.Di sisi lain, motivasi belanja yang bersifat hedonik seperti mencari kesenangan, sensasi, dan kepuasan emosional juga terbukti menjadi pendorong kuat dalam keputusan pembelian yang tidak direncanakan.

Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk menyelidiki bagaimana berbagai jenis diskon, seperti flash sale dan penawaran spesial, dapat lebih mempengaruhi perilaku pembelian impulsif konsumen. Penelitian yang lebih mendalam mengenai pengaruh faktor-faktor emosional dalam proses pengambilan keputusan konsumen juga sangat perlu dilakukan. Selain itu, mempertimbangkan untuk melakukan studi di berbagai lokasi dengan segmentasi yang lebih beragam bisa memberikan hasil yang lebih komprehensif dan dapat digeneralisasi.

  1. #pembelian impulsif#pembelian impulsif
File size331.55 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test