SAINSSAINS
MBA Journal – Management, Business Administration, and Accounting JournalMBA Journal – Management, Business Administration, and Accounting JournalPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran digital, khususnya potongan harga (price discount) dan motivasi belanja hedonik (hedonic shopping motivations), terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen wanita di toko fisik produk fashion di Kabupaten Bekasi. Perubahan signifikan dalam perilaku konsumen, yang dipicu oleh faktor emosional dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan, mengindikasikan bahwa konsumen cenderung membeli produk secara impulsif ketika terpapar pada strategi pemasaran yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, yang melibatkan 130 responden wanita yang telah berbelanja produk fashion di toko fisik di Kabupaten Bekasi. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan dihitung menggunakan rumus Lemeshow. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25 untuk menguji hubungan antara potongan harga, motivasi hedonik, dan perilaku pembelian impulsif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa Price Discount dan Hedonic Shopping Motivations secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying pada konsumen wanita di toko fisik produk fashion di Kabupaten Bekasi.Potongan harga yang menarik mampu menciptakan daya tarik tersendiri yang mendorong pembelian spontan.Di sisi lain, motivasi belanja yang bersifat hedonik seperti mencari kesenangan, sensasi, dan kepuasan emosional juga terbukti menjadi pendorong kuat dalam keputusan pembelian yang tidak direncanakan.
Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk menyelidiki bagaimana berbagai jenis diskon, seperti flash sale dan penawaran spesial, dapat lebih mempengaruhi perilaku pembelian impulsif konsumen. Penelitian yang lebih mendalam mengenai pengaruh faktor-faktor emosional dalam proses pengambilan keputusan konsumen juga sangat perlu dilakukan. Selain itu, mempertimbangkan untuk melakukan studi di berbagai lokasi dengan segmentasi yang lebih beragam bisa memberikan hasil yang lebih komprehensif dan dapat digeneralisasi.
| File size | 331.55 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
SAINSSAINS Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indikatorData dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indikator
SAINSSAINS Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas produk dan promosi secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian konsumen pakaian merek Zara. KoefisienPenelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas produk dan promosi secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian konsumen pakaian merek Zara. Koefisien
UMAUMA Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu yang terbatas pada saat tahap perencanaan menyebabkan program pelaksanaan Raskin terkesan “dipaksakan. KeterbatasanHasil penelitian menunjukkan bahwa waktu yang terbatas pada saat tahap perencanaan menyebabkan program pelaksanaan Raskin terkesan “dipaksakan. Keterbatasan
UMAUMA Untuk itu dilakukan penelitian kualitatif diskriptif dan data dikumpulkan melalui wawancara, studi dokumentasi dan observasi yang diambil dari 11 orangUntuk itu dilakukan penelitian kualitatif diskriptif dan data dikumpulkan melalui wawancara, studi dokumentasi dan observasi yang diambil dari 11 orang
Useful /
SAINSSAINS Industri perumahan di Kota Sukabumi menghadapi tantangan serius berupa penurunan penjualan yang cukup signifikan akibat strategi pemasaran yang kurangIndustri perumahan di Kota Sukabumi menghadapi tantangan serius berupa penurunan penjualan yang cukup signifikan akibat strategi pemasaran yang kurang
SAINSSAINS Salah satu inovasi dalam pemasaran digital adalah fitur Live Streaming pada platform e-commerce seperti TikTok. TikTok kini menjadi salah satu platformSalah satu inovasi dalam pemasaran digital adalah fitur Live Streaming pada platform e-commerce seperti TikTok. TikTok kini menjadi salah satu platform
UMAUMA Pada kesempatan ini, penulis terus mengamati peran aparatur kecamatan dalam pelayanan dan operasionalisasi organisasi kecamatan. Peran aparatur kecamatanPada kesempatan ini, penulis terus mengamati peran aparatur kecamatan dalam pelayanan dan operasionalisasi organisasi kecamatan. Peran aparatur kecamatan
UMAUMA Penelitian tentang Implementasi Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai Tahun 2008 di Kabupaten Aceh Timur bertujuan untuk mendeskripsikan implementasiPenelitian tentang Implementasi Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai Tahun 2008 di Kabupaten Aceh Timur bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi