UMAUMA

Jurnal Administrasi PublikJurnal Administrasi Publik

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi guru pada kebijakan TIK terhadap peningkatan kualitas pendidikan, (2) Untuk mengetahui pengaruh implementasi Kebijakan TIK sebagai sarana pembelajaran terhadap peningkatan kualitas pendidikan, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi guru pada kebijakan TIK dan implementasi kebijakan TIK sebagai sarana pembelajaran terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Pematang Siantar pada tahun 2013, populasi berjumlah 236 guru. Sampel Stratified Proportional Random Sampling berjumlah 127 guru dari SMA Negeri Kota Pematang Siantar. Analisis data secara kuantitatif, menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan studi korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif persepsi guru pada kebijakan TIK terhadap peningkatan kualitas pendidikan dengan korelasi yang sangat kuat (nilai 0,63); (2) Terdapat pengaruh positif implementasi kebijakan TIK sebagai sarana pembelajaran terhadap peningkatan kualitas pendidikan dengan korelasi yang kuat (nilai 0,48); dan (3) Terdapat pengaruh positif persepsi guru pada kebijakan TIK dan implementasi kebijakan TIK sebagai sarana pembelajaran secara bersama-sama terhadap peningkatan kualitas pendidikan dengan korelasi yang sangat kuat (nilai 0,68).

Penelitian ini menemukan bahwa persepsi guru mengenai kebijakan TIK mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SMA Negeri Kota Pematang Siantar.Implementasi kebijakan TIK sebagai sarana pembelajaran juga secara kuat menyumbang pada peningkatan kualitas pendidikan.Ketiganya bersinergi, sehingga kombinasi persepsi dan implementasi kebijakan TIK memberikan kontribusi terbesar terhadap kualitas pendidikan.Koefisien determinan R² sebesar 0,467 menunjukkan bahwa 46,7 % variasi peningkatan kualitas pendidikan dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut.

Berdasarkan temuan penelitian, disarankan agar penelitian lanjutan meneliti variasi persepsi dan implementasi kebijakan TIK pada berbagai tipe sekolah di wilayah lain untuk memastikan keunggulan implementasi. Selanjutnya, disarankan agar dilakukan pelatihan profesional bagi guru mengenai integrasi teknologi secara sistematis untuk memperkuat persepsi positif dan mengurangi hambatan operasional. Terakhir, disarankan agar dimasukkan evaluasi dampak terhadap hasil belajar siswa dalam studi berikutnya guna menghubungkan persepsi guru secara langsung dengan pencapaian akademik siswa.

File size846.63 KB
Pages29
DMCAReportReport

ads-block-test