IBI DarmajayaIBI Darmajaya

Jurnal Bisnis DarmajayaJurnal Bisnis Darmajaya

Pedulisehat.id adalah forum yang menawarkan layanan berupa penggalangan dana secara online, real-time, dan transparan hingga pengumpulan berbagai donasi dari masyarakat untuk membantu pasien penyakit kronis dan membutuhkan dana untuk proses pengobatan. Ada beberapa permasalahan yang terjadi di Pedulisehat.id. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, peneliti menggambarkan beberapa permasalahan yang terjadi di Pedulisehat.id. Pertama, keberhasilan Advertising (promo dari suatu program) untuk meningkatkan minat masyarakat untuk berdonasi di salah satu program yang ada di Pedulisehat.id. Kedua, pengeluaran Biaya Pemasaran pada divisi Pedulisehat.id tidak dan belum sebanding dengan donasi yang masuk dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis sentimen untuk membantu setiap juru kampanye dalam meningkatkan responden terhadap kampanye yang dilakukan oleh setiap pengguna dalam hal mengumpulkan dan mengajak seluruh masyarakat untuk berdonasi. Proses pembuatan desain penelitian ini menggunakan 5 tahapan CRISP-DM dari 6 tahapan yang ada yaitu: Pemahaman Bisnis, Pemahaman Data, Persiapan Data, Pemodelan, dan Evaluasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran kampanye terbaik kepada pengguna yang menjalankan Pedulisehat.id dan teknik analisis prediktif, yang mana dari hasil analisis berdasarkan data yang ada akan menampilkan prediksi yang akan dicapai oleh Pedulisehat.id.

Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan framework CRISP-DM efektif untuk menganalisis data kampanye donasi di Pedulisehat.Korelasi antara konten cerita kampanye (story) dengan jumlah donasi menunjukkan bahwa semakin relevan dan menarik konten kampanye, semakin tinggi potensi donasi yang terkumpul.Rekomendasi diberikan untuk optimalisasi strategi pemasaran digital melalui perbaikan konten kampanye dan penggunaan iklan digital yang lebih efisien.

Saran penelitian lanjutan mencakup tiga arah studi: Pertama, perlu diteliti pengaruh platform media sosial yang berbeda (seperti Instagram vs. Facebook) terhadap efektivitas kampanye donasi untuk mengidentifikasi platform optimal. Kedua, penelitian tentang optimasi konten iklan digital (visual, narasi, durasi) diperlukan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan konversi donasi. Ketiga, analisis perilaku donor berdasarkan faktor demografi dan psikografi dapat memberikan wawasan untuk personalisasi kampanye yang lebih tepat sasaran. Studi ini harus dilakukan dengan pendekatan eksperimental untuk memvalidasi hasil dan memberikan rekomendasi praktis bagi platform crowdfunding.

  1. Komparasi Algoritma Klasifikasi Genre Musik pada Spotify Menggunakan CRISP-DM | Jurnal Sistem Cerdas.... doi.org/10.37396/jsc.v4i2.162Komparasi Algoritma Klasifikasi Genre Musik pada Spotify Menggunakan CRISP DM Jurnal Sistem Cerdas doi 10 37396 jsc v4i2 162
  1. #hasil analisis data#hasil analisis data
  2. #metode analisis data#metode analisis data
File size1.54 MB
Pages15
DMCAReportReport

ads-block-test