IBI DarmajayaIBI Darmajaya
Jurnal Bisnis DarmajayaJurnal Bisnis DarmajayaPedulisehat.id adalah forum yang menawarkan layanan berupa penggalangan dana secara online, real-time, dan transparan hingga pengumpulan berbagai donasi dari masyarakat untuk membantu pasien penyakit kronis dan membutuhkan dana untuk proses pengobatan. Ada beberapa permasalahan yang terjadi di Pedulisehat.id. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, peneliti menggambarkan beberapa permasalahan yang terjadi di Pedulisehat.id. Pertama, keberhasilan Advertising (promo dari suatu program) untuk meningkatkan minat masyarakat untuk berdonasi di salah satu program yang ada di Pedulisehat.id. Kedua, pengeluaran Biaya Pemasaran pada divisi Pedulisehat.id tidak dan belum sebanding dengan donasi yang masuk dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis sentimen untuk membantu setiap juru kampanye dalam meningkatkan responden terhadap kampanye yang dilakukan oleh setiap pengguna dalam hal mengumpulkan dan mengajak seluruh masyarakat untuk berdonasi. Proses pembuatan desain penelitian ini menggunakan 5 tahapan CRISP-DM dari 6 tahapan yang ada yaitu: Pemahaman Bisnis, Pemahaman Data, Persiapan Data, Pemodelan, dan Evaluasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran kampanye terbaik kepada pengguna yang menjalankan Pedulisehat.id dan teknik analisis prediktif, yang mana dari hasil analisis berdasarkan data yang ada akan menampilkan prediksi yang akan dicapai oleh Pedulisehat.id.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan framework CRISP-DM efektif untuk menganalisis data kampanye donasi di Pedulisehat.Korelasi antara konten cerita kampanye (story) dengan jumlah donasi menunjukkan bahwa semakin relevan dan menarik konten kampanye, semakin tinggi potensi donasi yang terkumpul.Rekomendasi diberikan untuk optimalisasi strategi pemasaran digital melalui perbaikan konten kampanye dan penggunaan iklan digital yang lebih efisien.
Saran penelitian lanjutan mencakup tiga arah studi: Pertama, perlu diteliti pengaruh platform media sosial yang berbeda (seperti Instagram vs. Facebook) terhadap efektivitas kampanye donasi untuk mengidentifikasi platform optimal. Kedua, penelitian tentang optimasi konten iklan digital (visual, narasi, durasi) diperlukan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan konversi donasi. Ketiga, analisis perilaku donor berdasarkan faktor demografi dan psikografi dapat memberikan wawasan untuk personalisasi kampanye yang lebih tepat sasaran. Studi ini harus dilakukan dengan pendekatan eksperimental untuk memvalidasi hasil dan memberikan rekomendasi praktis bagi platform crowdfunding.
| File size | 1.54 MB |
| Pages | 15 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Rerata hasil belajar siswa adalah 73,60. Ketuntasan klasikal sebesar 91,67% (2). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan.Rerata hasil belajar siswa adalah 73,60. Ketuntasan klasikal sebesar 91,67% (2). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan.
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli yang dikumpulkanMetode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli yang dikumpulkan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Proses pembelajaran pada materi ekosistem masih cenderung monoton, siswa tidak dilibatkan secara aktif selama proses pembelajaran. Hal ini menyebabkanProses pembelajaran pada materi ekosistem masih cenderung monoton, siswa tidak dilibatkan secara aktif selama proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan
NEWINERANEWINERA Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem PenilaianTeknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Penilaian
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei. Subjek penelitian yaitu siswa SMP dengan besar sampel 377 dari populasi sebesar 6. 658. Sampel dalamPenelitian ini menggunakan desain penelitian survei. Subjek penelitian yaitu siswa SMP dengan besar sampel 377 dari populasi sebesar 6. 658. Sampel dalam
UNDIKSHAUNDIKSHA Temuan utama menunjukkan adanya korelasi signifikan antara aktivitas media sosial dengan keputusan membeli produk. Penelitian ini menyimpulkan perlunyaTemuan utama menunjukkan adanya korelasi signifikan antara aktivitas media sosial dengan keputusan membeli produk. Penelitian ini menyimpulkan perlunya
LIFESCIFILIFESCIFI Kualitas produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Indikator pengaruh terendah adalah H2 atau harga sepedaKualitas produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Indikator pengaruh terendah adalah H2 atau harga sepeda
NEWINERANEWINERA Para pemimpin diharapkan mampu beradaptasi dengan era digitalisasi saat ini, memanfaatkan teknologi informasi yang ada, serta mempertahankan karakter muliaPara pemimpin diharapkan mampu beradaptasi dengan era digitalisasi saat ini, memanfaatkan teknologi informasi yang ada, serta mempertahankan karakter mulia