OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Studi awal diperoleh hasil pengamatan di Sekolah Dasar Inpres 16 Kabupaten Sorong Kelas I ditemukan pembelajaran menggunakan metode konvensional di dalam kelas. Sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan belum mampu menunjang kemampuan membaca permulaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan di kelas I SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian dengan desain eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas I dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik tes dan non tes dan teknik analisis data menggunakan SPSS V29. Untuk melihat ttabel maka didasarkan pada derajat kebebasan (dk), yang besarnya adalah N-1, yaitu 21 -1 = 20 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1.724. Berdasarkan hasil analisis uji t (paired sample t-test) maka dapat diperolah hasil bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu -6.363 > 1.724 dan Sig. (2 tailed) = 0.000 < 0.5, maka Ha diterima dan HO di tolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengharuh .

Terdapat perbedaan mean atau nilai rata-rata antara pre-test dan post-test.Media kartu huruf terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan siswa.Berdasarkan hasil analisis uji t (paired sample t-test), thitung (-6.05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (HO) ditolak.

Penelitian lanjutan perlu menguji efektivitas media kartu huruf di tingkat kelas yang lebih tinggi untuk menilai konsistensi dampak. Selain itu, dapat dikembangkan penelitian perbandingan dengan media pembelajaran visual lainnya untuk melihat mana yang lebih efektif meningkatkan keterampilan membaca. Studi lanjutan juga dapat fokus pada pengaruh penggunaan media ini terhadap motivasi belajar siswa secara jangka panjang.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #teknik analisis data#teknik analisis data
File size199.93 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test