RESCOLLACOMMRESCOLLACOMM
International Journal of Quantitative Research and ModelingInternational Journal of Quantitative Research and ModelingPengajaran kosakata sangat penting dalam mengajar suatu bahasa. Di Indonesia, Bahasa Inggris diajarkan dari taman kanak‑kanak hingga pendidikan tinggi. Sayangnya tidak semua guru di tingkat tersebut, terutama di TK dan SD, memiliki latar belakang bahasa Inggris atau minimal menguasai bahasa Inggris dengan baik. Oleh karena itu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan secara rutin melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan bagi guru di seluruh kota. Sebelum pelatihan dilakukan, dilakukan analisis kebutuhan. Pada tahun 2019, hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa pengajaran kosakata harus menyenangkan dan bermakna. Sebanyak 28 guru terlibat dalam penelitian ini dan dibagi menjadi dua kelompok untuk percobaan. Dari percobaan terbukti bahwa pelatihan yang diberikan meningkatkan pemahaman guru mengenai TPR dan pengajaran kosakata. Guru juga diberikan kuesioner untuk mengetahui persepsi mereka terhadap penggunaan TPR dan YouTube; hasilnya menunjukkan bahwa pengetahuan mereka tentang pengajaran dengan TPR meningkat, serta mereka menemukan manfaat penggunaan TPR dan YouTube di kelas, yaitu: TPR dapat menyesuaikan dengan berbagai gaya belajar siswa, mengajarkan kosakata dalam konteks sehingga lebih bermakna, dan situasi belajar menjadi lebih menyenangkan.
Pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan berhasil, terlihat dari peningkatan skor tes para guru.Para guru kini mengetahui salah satu metode terbaik dalam pengajaran kosakata.Dari kuesioner terlihat bahwa pengetahuan mereka meningkat dan mereka memperoleh banyak manfaat dari kombinasi TPR dan YouTube sebagai media pembelajaran.
Penelitian selanjutnya dapat menguji dampak penggunaan Total Physical Response (TPR) yang dipadukan dengan video YouTube terhadap hasil belajar kosakata siswa, bukan hanya persepsi guru, dengan mengukur peningkatan penguasaan kosakata pada anak usia dini. Selain itu, studi komparatif antara pendekatan TPR‑YouTube dengan metode multimedia lain, seperti aplikasi interaktif atau permainan digital, dapat memperlihatkan kelebihan dan keterbatasan masing‑masing dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris untuk berbagai tingkat usia. Selanjutnya, penelitian longitudinal yang mengikuti perkembangan retensi kosakata siswa selama enam hingga dua belas bulan setelah intervensi dapat memberikan wawasan tentang keberlanjutan efek TPR dan YouTube serta faktor‑faktor yang mempengaruhi transfer pengetahuan ke situasi nyata. Penelitian-penelitian tersebut diharapkan melibatkan sampel yang lebih besar dan beragam, termasuk guru dari sekolah dasar dan menengah, serta memperhatikan variabel seperti tingkat kemahiran digital guru dan aksesibilitas teknologi di rumah siswa. Dengan pendekatan metodologi kuantitatif dan kualitatif yang terintegrasi, hasilnya dapat memperkuat dasar ilmiah bagi penerapan TPR dan media video dalam pembelajaran bahasa.
| File size | 539.39 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat upaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai multikultural masih ada kekurangan dalam penyajian yang lebihHasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat upaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai multikultural masih ada kekurangan dalam penyajian yang lebih
UTMUTM Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi terhadap dua guru bahasa Inggris di madrasah untuk mengidentifikasi praktik pembelajaran yangPenelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi terhadap dua guru bahasa Inggris di madrasah untuk mengidentifikasi praktik pembelajaran yang
UTMUTM Setiap filosofi menawarkan perspektif yang berbeda tentang desain kurikulum, pedagogi, dan tujuan pembelajaran. Esensialisme menekankan pengetahuan danSetiap filosofi menawarkan perspektif yang berbeda tentang desain kurikulum, pedagogi, dan tujuan pembelajaran. Esensialisme menekankan pengetahuan dan
UIKAUIKA Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku usaha terhadap proses pembuatan parfum dan teknik pemasaran, serta peningkatan kemampuan dalamHasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku usaha terhadap proses pembuatan parfum dan teknik pemasaran, serta peningkatan kemampuan dalam
Useful /
UTMUTM Era digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik dalam menerapkan metode dan strategi yang inovatif serta relevan. Artikel ini bertujuanEra digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi para pendidik dalam menerapkan metode dan strategi yang inovatif serta relevan. Artikel ini bertujuan
UTMUTM Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bahasa dan sastra memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi multikultural di kalangan siswa. Dengan mengintegrasikanPemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bahasa dan sastra memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi multikultural di kalangan siswa. Dengan mengintegrasikan
UIKAUIKA The results of the activity showed a positive response from the participants, the majority of whom were over 35 years old, as many as 20 people, with theThe results of the activity showed a positive response from the participants, the majority of whom were over 35 years old, as many as 20 people, with the
RESCOLLACOMMRESCOLLACOMM Sektor pariwisata di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, bukan merupakan sektor utama dalam kegiatan masyarakat setempat. KeberadaanSektor pariwisata di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, bukan merupakan sektor utama dalam kegiatan masyarakat setempat. Keberadaan