UNP KEDIRIUNP KEDIRI

EfektorEfektor

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi berbagai teknik mendongeng dalam mendukung perkembangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka dengan mengkaji studi-studi yang dipublikasikan antara tahun 2019 hingga 2024 mengenai penggunaan mendongeng dalam pendidikan anak usia dini. Teknik analisis yang digunakan meliputi sintesis temuan dan analisis kritis terhadap berbagai penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa teknik mendongeng berbasis media visual, seperti gambar dan boneka tangan, secara efektif meningkatkan keterampilan berbahasa dan perbendaharaan kata anak. Selain itu, teknik digital seperti mendongeng interaktif dan media audiovisual menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif, sehingga secara signifikan meningkatkan keterampilan sosial-emosional dan kognitif anak. Oleh karena itu, pemilihan teknik mendongeng perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks pembelajaran agar hasil yang dicapai lebih optimal.

Berbagai teknik storytelling menunjukkan keunggulan masing-masing tergantung pada tujuan pembelajaran.teknik visual seperti gambar, boneka tangan, dan papan flanel efektif meningkatkan bahasa, kosakata, dan berpikir logis, sementara teknik digital seperti interactive digital storytelling dan media audiovisual meningkatkan keterampilan kognitif, sosial‑emosional, dan literasi awal.Pendekatan partisipatif seperti storycrafting dan guided interactive storytelling juga terbukti memperkuat rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi anak.Keberhasilan implementasi bergantung pada pemilihan metode yang sesuai dengan kebutuhan anak serta kemampuan pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan memotivasi.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana konteks budaya memengaruhi efektivitas berbagai teknik storytelling dalam pendidikan anak usia dini, sehingga dapat diketahui teknik mana yang paling cocok untuk budaya tertentu. Selanjutnya, perlu dikembangkan program pelatihan bagi guru yang fokus pada penggunaan storytelling digital; keberhasilan program ini dapat diukur melalui perubahan pencapaian belajar anak setelah pelatihan. Selain itu, sebuah studi dapat menyelidiki efektivitas integrasi storytelling multimodal yang menggabungkan elemen visual, taktil, dan digital, untuk menilai apakah kombinasi tersebut memberikan dampak sinergis terhadap perkembangan bahasa dan sosial‑emosional anak. Penelitian-penelitian ini diharapkan menghasilkan panduan praktis bagi pendidik serta memperkaya literatur tentang optimalisasi storytelling dalam konteks pendidikan anak usia dini.

  1. #teknik analisis data#teknik analisis data
  2. #motorik anak usia#motorik anak usia
File size329.28 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test