UBUB
Indonesian Journal for Social ResponsibilityIndonesian Journal for Social ResponsibilityPembentukan sumber daya manusia yang unggul dapat dicapai melalui penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam pembelajaran. Fokus penerapan IPTEK berada pada pendekatan pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Pendekatan STEM memberi siswa kemampuan berpikir kreatif, kritis, problem‑solving, kerja sama tim, beradaptasi pada kemajuan teknologi, dan berinovasi. Kurangnya contoh metode dan aplikasi teknologi terbaru di bidang STEM menjadi masalah bagi siswa di sekolah. Siswa sering kesulitan memahami teori karena tidak adanya contoh peraga yang menarik. Penggunaan Internet of Things (IoT) di berbagai bidang dan kehidupan sehari‑hari menjadi contoh penerapan STEM. Pemberian pelajaran IoT dalam beberapa mata pelajaran sains seperti Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik dan relevan. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengenalan dan contoh kegiatan pengabdian masyarakat pengaplikasian IoT pada model penunjang pembelajaran di bidang STEM di SMAN 1 Banjarbaru. Metode yang digunakan melibatkan sosialisasi teknologi IoT dan praktik pengaplikasian IoT pada bidang STEM, yaitu merakit komponen IoT kit dengan WeMos D1, ESP32 NodeMCU, dan sensor untuk mengukur temperatur serta pH. Dengan pelatihan ini, siswa diharapkan mampu memahami penerapan teknologi terbaru berupa IoT pada bidang STEM. Selain itu, sekolah dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik dan terkini pada bidang teknologi dan relevan sesuai kurikulum terbaru. Dalam kegiatan ini, tiga kelompok siswa masing‑masing lima siswa mampu membuat sistem IoT untuk pengukuran temperatur dan pH cairan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan IoT sebagai pendukung model pembelajaran STEM dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep pengukuran temperatur dan pH serta memperkuat integrasi teknologi terbaru dalam pendidikan.Hasil partisipan memberikan umpan balik positif, menyatakan bahwa praktikum berbasis STEM membuat teori menjadi lebih mudah dipahami dan aplikatif.Oleh karena itu, penggunaan IoT dalam kurikulum P5 disarankan untuk memperkuat karakter profil pelajar Pancasila dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul.
1) Rancang penelitian kuantitatif berbasis pre‑post test dengan kelompok kontrol untuk menilai dampak penerapan IoT terhadap kinerja dan keterampilan kritis siswa secara objektif. 2) Perluas skenario penggunaan IoT ke dalam pembuatan sistem sensor multi‑parameter, seperti pemantauan kelembapan dan kualitas air di lahan pertanian atau kolam ikan, lalu integrasikan analitik data pada platform cloud agar dapat dianalisis secara real‑time. 3) Lakukan studi longitudinal yang melibatkan beberapa sekolah dengan latar belakang sosial‑ekonomi berbeda untuk mengukur skalabilitas dan keberlanjutan penerapan model pembelajaran STEM berbasis IoT, serta memantau perkembangan kompetensi siswa dalam jangka panjang.
| File size | 612.86 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | Report |
Related /
ABULYATAMAABULYATAMA Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru tersebut merupakan aktifitas menyimpan informasi dalam pikiran siswa yang pasif dan dianggap kosong, siswaProses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru tersebut merupakan aktifitas menyimpan informasi dalam pikiran siswa yang pasif dan dianggap kosong, siswa
ASSALAMASSALAM Penerapan PBL direkomendasikan sebagai strategi inovatif untuk memperkuat kesadaran moral dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di madrasah. PenelitianPenerapan PBL direkomendasikan sebagai strategi inovatif untuk memperkuat kesadaran moral dan keterampilan berpikir kritis peserta didik di madrasah. Penelitian
UBUB Penerapan pola asuh yang salah dapat memengaruhi aspek kognitif, afektif, dan konatif diri seseorang. Saat orang tua mendidik dipengaruhi oleh pandanganPenerapan pola asuh yang salah dapat memengaruhi aspek kognitif, afektif, dan konatif diri seseorang. Saat orang tua mendidik dipengaruhi oleh pandangan
UBUB Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif menggunakan evaluasi model Kirkpatricks Level 1 dan Level 2. Hasil dari pelatihanAnalisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif menggunakan evaluasi model Kirkpatricks Level 1 dan Level 2. Hasil dari pelatihan
UBUB Proses produksi ILM sama dengan produksi iklan pada umumnya, namun output yang dihasilkan pada ILM tidak dalam bentuk profit. ILM dalam pemasaran sosialProses produksi ILM sama dengan produksi iklan pada umumnya, namun output yang dihasilkan pada ILM tidak dalam bentuk profit. ILM dalam pemasaran sosial
UDBUDB Sistem Informasi Keanggotaan PORMIKI Solo (SIKPOSO) dirancang sebagai aplikasi mobile Android untuk memfasilitasi layanan keanggotaan yang lebih cepatSistem Informasi Keanggotaan PORMIKI Solo (SIKPOSO) dirancang sebagai aplikasi mobile Android untuk memfasilitasi layanan keanggotaan yang lebih cepat
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini bertujuan menentukan dampak model pembelajaran Predict‑Observe‑Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains dalam pembelajaran biologi.Penelitian ini bertujuan menentukan dampak model pembelajaran Predict‑Observe‑Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains dalam pembelajaran biologi.
STIE AASSTIE AAS Hasil uji t menunjukkan bahwa perubahan Total Assets Turn Over dan perubahan Return On Assets berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba (∆ EAT).Hasil uji t menunjukkan bahwa perubahan Total Assets Turn Over dan perubahan Return On Assets berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba (∆ EAT).
Useful /
ABULYATAMAABULYATAMA Dengan demikian, dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Hasil belajar siswa kelasDengan demikian, dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Hasil belajar siswa kelas
ABULYATAMAABULYATAMA Reaksi redoks dapat dipelajari dengan tiga metode, yaitu Metode Pengikatan dan Pelepasan Oksigen, Metode Ion Elektron, dan Metode Perubahan Bilangan Oksidasi.Reaksi redoks dapat dipelajari dengan tiga metode, yaitu Metode Pengikatan dan Pelepasan Oksigen, Metode Ion Elektron, dan Metode Perubahan Bilangan Oksidasi.
ABULYATAMAABULYATAMA 2) Program dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sekolah tidak ada, namun para guru untuk menghadapi proses pembelajaran dengan kompetensi yang dimiliki,2) Program dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sekolah tidak ada, namun para guru untuk menghadapi proses pembelajaran dengan kompetensi yang dimiliki,
UNISRIUNISRI Hasil penelitian ini menunjukkan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruhHasil penelitian ini menunjukkan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh