UINSALATIGAUINSALATIGA

ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and EducationATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education

Metode pembelajaran yang saat ini digunakan oleh para pendidik belum optimal dalam membentuk pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran. Hal ini berkontribusi terhadap permasalahan terkait pembentukan karakter dan keterampilan peserta didik. Penelitian ini mengkaji metode pembelajaran berbasis hadis Nabi Muhammad dengan menonjolkan perspektif pendidikan interaktif. Hadis Nabi tidak hanya memberikan panduan spiritual dan moral, tetapi juga mengandung prinsip pedagogis yang relevan dengan konteks pembelajaran modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui tinjauan literatur, mengumpulkan referensi dari buku, artikel ilmiah, dan dokumen teoretis terkait strategi inovasi kurikulum. Temuan penelitian menunjukkan bahwa metode interaktif yang dicontohkan Nabi, seperti tanya jawab, pembiasaan, dan diskusi, dapat meningkatkan prestasi akademik, membentuk karakter moral, serta mengembangkan keterampilan praktik peserta didik. Penelitian ini menekankan relevansi metode pembelajaran interaktif dalam pendidikan modern, dengan fokus pada partisipasi aktif peserta didik dan menjawab tantangan kebutuhan pendidikan kontemporer, khususnya keterampilan abad ke-21.

Nabi Muhammad SAW mencontohkan beberapa metode interaktif yang efektif dalam memberikan pemahaman, membentuk karakter, dan meningkatkan keterampilan peserta didik, seperti metode tanya jawab, pembiasaan, dan diskusi.Pendekatan-pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan akademik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai moral penting seperti rasa ingin tahu, kesabaran, saling menghormati, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan empati.Penelitian ini menyarankan perlunya eksplorasi lebih lanjut terhadap metode-metode tersebut dalam konteks pendidikan modern untuk mengevaluasi efektivitasnya dalam pembentukan karakter dan pengembangan keterampilan.

Pertama, perlu diteliti bagaimana integrasi metode tanya jawab berbasis hadis dapat diterapkan dalam pembelajaran daring di sekolah-sekolah umum, khususnya untuk melihat pengaruhnya terhadap peningkatan partisipasi aktif dan rasa percaya diri siswa dalam konteks digital. Kedua, layak dikaji efektivitas pembiasaan harian berbasis nilai-nilai Nabi Muhammad dalam lingkungan sekolah non-Islam, untuk menguji apakah metode ini dapat memperkuat karakter siswa tanpa mengganggu keragaman latar belakang agama. Ketiga, perlu dikembangkan model pembelajaran diskusi kolaboratif yang menggabungkan metode musyawarah Nabi dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah modern, guna mengevaluasi kemampuannya dalam membentuk keterampilan berpikir kritis dan kepemimpinan demokratis pada siswa usia remaja. Studi-studi ini dapat membantu mewujudkan pendidikan yang lebih holistik dengan memadukan nilai-nilai luhur dari teladan Nabi dan kebutuhan pembelajaran kontemporer. Fokus pada konteks berbeda seperti sekolah umum, lingkungan multikultural, dan pembelajaran digital akan memperluas relevansi metode pendidikan nabi. Selain itu, pendekatan kuantitatif bisa digunakan untuk mengukur dampak jangka panjang terhadap perkembangan karakter. Dengan pendekatan interdisipliner, hasil penelitian dapat memberikan kontribusi nyata bagi inovasi sistem pendidikan nasional. Pengembangan instrumen penilaian berbasis observasi perilaku sehari-hari juga penting untuk menilai keberhasilan internalisasi nilai. Studi lanjutan dapat melibatkan guru sebagai agen perubahan dalam mengimplementasikan metode ini. Pada akhirnya, tujuan utamanya adalah menciptakan model pendidikan yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga kuat secara moral dan sosial.

  1. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSEP AL-QUR’AN DAN HADITS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM:... dinastirev.org/JIMT/article/view/667FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSEP AL QURAoAN DAN HADITS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM dinastirev JIMT article view 667
  2. DOI Name 10.28918 Values. name values index type timestamp data serv crossref email support desc prefix... doi.org/10.28918DOI Name 10 28918 Values name values index type timestamp data serv crossref email support desc prefix doi 10 28918
File size2.06 MB
Pages17
DMCAReportReport

ads-block-test