UNIBUNIB

Journal of Applied Linguistics and LiteratureJournal of Applied Linguistics and Literature

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian dalam penggunaan kosa kata bahasa Inggris pada siswa tingkat petama SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa tingkat pertama SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jumlah sampel yaitu 25 % dari populasi. Sampel tersebut dipilih secara acak dengan menggunakan teknik random sampling. Alat ukur yang dipakai yaitu tes kosa kata dengan bentuk pilihan ganda dengan empat pilihan. Dari hasil yang di dapat, dapat dilihat bahwa siswa yang tergolong kemampuannya kurang 6 %, cukup 58 %, baik 28 %, sangat baik 8 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesesuaian dalam penggunaan kosa kata bahasa Inggris pada sebagian besar siswa tingkat pertama SMA Negeri 6 Kota Bengkulu adalah pada kategori cukup. Sangat dianjurkan untuk menemukan factor yang mempengaruhi kesesuaian dalam penggunaan kosa kata bahasa Inggris pada siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan kosa kata yang sesuai oleh siswa kelas pertama SMA Negeri 6 Kota Bengkulu tahun ajaran 2009/2010 sebagian besar berada pada kategori sedang (58%), diikuti kategori baik (28%), sangat baik (8%), dan kurang (6%).Terdapat kesulitan paling dominan pada kelas kata sifat, serta motivasi belajar dianggap berpengaruh terhadap kemampuan penggunaan kosa kata.Oleh karena itu, siswa dengan motivasi belajar yang tinggi cenderung memiliki penguasaan kosa kata yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang kurang termotivasi.

Penelitian lanjutan dapat dirancang untuk mengidentifikasi secara mendalam dan sistematis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi ketepatan penggunaan kosa kata siswa sehingga meliputi aspek motivasi belajar, kecemasan berbahasa, pengalaman berinteraksi dengan bahan berbahasa Inggris, serta dukungan lingkungan belajar di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Selain itu, studi komparatif di antara beberapa strategi pengajaran kosa kata—seperti pembelajaran kontekstual melalui teks autentik, penggunaan media digital interaktif, dan teknik mnemonic tradisional—dapat dilaksanakan untuk mengevaluasi mana metode yang paling efektif meningkatkan akurasi pilihan kata siswa kelas pertama. Kemudian, penelitian dapat diarahkan pada pengaruh frekuensi dan durasi latihan mandiri, baik dalam forum tatap muka maupun lewat aplikasi pembelajaran daring, terhadap perbaikan pencapaian kesesuaian kosa kata siswa berdasarkan catatan log belajar harian atau data platform online. Terakhir, penelitian berikutnya juga dapat mengeksplorasi hubungan antara keterampilan berbahasa lain—misalnya kemampuan membaca kritis atau menulis deskriptif—dengan tingkat kecocokan penggunaan kosa kata, sehingga memperkaya perspektif holistik tentang kompetensi leksikal siswa.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size775.63 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test