UINSALATIGAUINSALATIGA
ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and EducationATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and EducationPenelitian ini mengkaji relevansi pemikiran Ibn Khaldun dalam pendidikan multikultural kontemporer, khususnya dalam membangun sistem pendidikan multikultural yang inklusif dan harmonis. Penelitian ini berargumen bahwa konsep sosial yang diusulkan oleh Ibn Khaldun, seperti ashabiyyah (solidaritas sosial), merupakan dasar dalam mengelola keragaman dalam pendidikan. Dengan memahami keragaman sebagai sumber kekuatan, pendidikan harus mampu membentuk kebiasaan sosial yang memperkuat hubungan antara kelompok berbeda dan membangun solidaritas sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe studi literatur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun pendidikan multikultural menawarkan peluang untuk membentuk individu yang lebih inklusif dan toleran, kenyataan di lapangan seringkali menghadirkan tantangan yang signifikan. Keragaman dalam pendidikan masih menyebabkan ketegangan antara kelompok berbeda, baik agama, etnis, maupun sosial. Studi ini menemukan bahwa penerapan prinsip ashabiyyah, yang menekankan solidaritas sosial, dan penggunaan pendekatan pendidikan berbasis kasih sayang serta pengulangan gradual konsep dapat membantu mengatasi tantangan ini. Selain itu, metode mengajar yang menekankan pengembangan keterampilan sosial dan emosional, seperti komunikasi efektif dan empati, sangat relevan untuk menciptakan individu yang siap hidup harmonis dalam masyarakat yang beragam.
Visi ideal pendidikan multikultural adalah menciptakan lingkungan inklusif dan harmonis yang menghargai keragaman sosial, budaya, dan agama sebagai sumber kekuatan.Namun, realitas seringkali menunjukkan tantangan seperti ketegangan antarkelompok dan kurangnya pemahaman pendidik dalam mengelola keragaman.Studi ini menyoroti pentingnya pemikiran Ibn Khaldun, terutama ashabiyyah (solidaritas sosial), sebagai dasar untuk menumbuhkan kebiasaan sosial positif dan memperkuat hubungan antara kelompok yang beragam.Pendekatan pendidikan yang berbasis kasih sayang, penguatan gradual konsep, dan pengembangan keterampilan sosial seperti empati dan komunikasi efektif dianggap penting untuk menanamkan nilai-nilai inklusif serta membentuk generasi yang mampu menghadapi kompleksitas masyarakat majemuk.
Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan menggali lebih dalam penerapan konsep ashabiyyah Ibn Khaldun dalam konteks pendidikan multikultural di berbagai wilayah geografis untuk memahami variasi dan tantangan yang spesifik. Selain itu, studi eksperimental dapat dirancang untuk menguji efektivitas metode pengajaran berbasis kasih sayang dan pengulangan gradual dalam meningkatkan solidaritas sosial di kalangan siswa. Penelitian lanjutan juga dapat mengeksplorasi bagaimana integrasi teknologi dalam pendidikan multikultural dapat memperkuat nilai-nilai inklusif dan toleransi, serta bagaimana pendekatan ini dapat diadopsi dalam kurikulum pendidikan formal.
| File size | 637.13 KB |
| Pages | 17 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Dalam konteks pendidikan yang semakin beragam penting bagi kurikulum dan materi pembelajaran untuk mengintegrasikan nilai-nilai multikultural guna membentukDalam konteks pendidikan yang semakin beragam penting bagi kurikulum dan materi pembelajaran untuk mengintegrasikan nilai-nilai multikultural guna membentuk
UNSOEDUNSOED Sorbitol, yang berfungsi sebagai plasticizer, dievaluasi untuk konsentrasi optimalnya, sementara berbagai rasio SA:ARS diuji untuk pembentukan film. SifatSorbitol, yang berfungsi sebagai plasticizer, dievaluasi untuk konsentrasi optimalnya, sementara berbagai rasio SA:ARS diuji untuk pembentukan film. Sifat
UNSOEDUNSOED Senyawa 1 diidentifikasi sebagai triterpenoid tipe tirucallane yang ditandai dengan kerangka dasar, sangat dikenal oleh pasangan sistem ikatan ganda yangSenyawa 1 diidentifikasi sebagai triterpenoid tipe tirucallane yang ditandai dengan kerangka dasar, sangat dikenal oleh pasangan sistem ikatan ganda yang
UINSALATIGAUINSALATIGA Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pemahaman yang lebih dalam tentang strategi praktis yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk membentukPenelitian ini memberikan kontribusi bagi pemahaman yang lebih dalam tentang strategi praktis yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk membentuk
Useful /
UTMUTM Pendidikan multikultural memiliki peran penting dalam mengatasi tantangan keberagaman di Indonesia dan mencegah konflik. Penerapan pendidikan multikulturalPendidikan multikultural memiliki peran penting dalam mengatasi tantangan keberagaman di Indonesia dan mencegah konflik. Penerapan pendidikan multikultural
UTMUTM Melalui pendekatan linguistik, penelitian ini mengidentifikasi jenis-jenis preposisi yang dominan, pola-pola penggunaan preposisi dalam membentuk relasiMelalui pendekatan linguistik, penelitian ini mengidentifikasi jenis-jenis preposisi yang dominan, pola-pola penggunaan preposisi dalam membentuk relasi
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Implementasi nilai pendidikan karakter kejujuran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Ponorogo menggunakan strategi keteladanan danImplementasi nilai pendidikan karakter kejujuran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Ponorogo menggunakan strategi keteladanan dan
NEWINERANEWINERA Model SIRANSIJA di Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo didasarkan pada PERGUB No. 50 Tahun 2016, yang dalam implementasinya harus mematuhiModel SIRANSIJA di Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo didasarkan pada PERGUB No. 50 Tahun 2016, yang dalam implementasinya harus mematuhi