STKIPPACITANSTKIPPACITAN

Jurnal Penelitian PendidikanJurnal Penelitian Pendidikan

Mata pelajaran Matematika di SD/MI sangat membutuhkan media dan model pembelajaran yang nyata dalam penyampaiannya. Hal ini dikarenakan anak tingkat sekolah dasar masih membutuhkan hal‑hal konkrit dalam menyusun pemahamannya. Sehingga dalam penelitian ini yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran RME dengan media realia terhadap hasil belajar matematika pada siswa Kelas V MI Al Hikam kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan membagi kelompok perlakuan menjadi dua bagian, teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan uji t (Student test).

Penggunaan model Realistic Mathematics Education (RME) dengan media realia terbukti lebih baik daripada pengajaran langsung pada materi pecahan kelas V.Hal ini terlihat dari rata‑rata nilai kelas eksperimen (78,9) yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (76,81) serta nilai t hitung 1,282 dengan signifikansi p<0,05.Dengan demikian, model RME yang didukung media realia efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Untuk memperluas pemahaman tentang efektivitas RME, peneliti selanjutnya dapat menguji penerapan model RME dengan media realia pada topik matematika lain, seperti geometri, dan pada tingkatan kelas yang berbeda, guna mengetahui sejauh mana efektivitasnya secara lintas kurikulum. Selain itu, studi longitudinal dapat dilakukan untuk menilai dampak jangka panjang penggunaan RME dengan realia terhadap sikap belajar dan karakter matematika siswa selama satu tahun ajaran penuh. Selanjutnya, penelitian dapat mengeksplorasi integrasi realia digital berbasis augmented reality dengan model RME, membandingkan efektivitasnya terhadap realia fisik tradisional serta mengidentifikasi tantangan dan peluang teknologi dalam pembelajaran matematika di lingkungan sekolah.

  1. #model pembelajaran kooperatif#model pembelajaran kooperatif
  2. #model pembelajaran group investigation#model pembelajaran group investigation
File size381.86 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test