STKIPPACITANSTKIPPACITAN
Jurnal Penelitian PendidikanJurnal Penelitian PendidikanMata pelajaran Matematika di SD/MI sangat membutuhkan media dan model pembelajaran yang nyata dalam penyampaiannya. Hal ini dikarenakan anak tingkat sekolah dasar masih membutuhkan hal‑hal konkrit dalam menyusun pemahamannya. Sehingga dalam penelitian ini yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran RME dengan media realia terhadap hasil belajar matematika pada siswa Kelas V MI Al Hikam kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan membagi kelompok perlakuan menjadi dua bagian, teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan uji t (Student test).
Penggunaan model Realistic Mathematics Education (RME) dengan media realia terbukti lebih baik daripada pengajaran langsung pada materi pecahan kelas V.Hal ini terlihat dari rata‑rata nilai kelas eksperimen (78,9) yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (76,81) serta nilai t hitung 1,282 dengan signifikansi p<0,05.Dengan demikian, model RME yang didukung media realia efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Untuk memperluas pemahaman tentang efektivitas RME, peneliti selanjutnya dapat menguji penerapan model RME dengan media realia pada topik matematika lain, seperti geometri, dan pada tingkatan kelas yang berbeda, guna mengetahui sejauh mana efektivitasnya secara lintas kurikulum. Selain itu, studi longitudinal dapat dilakukan untuk menilai dampak jangka panjang penggunaan RME dengan realia terhadap sikap belajar dan karakter matematika siswa selama satu tahun ajaran penuh. Selanjutnya, penelitian dapat mengeksplorasi integrasi realia digital berbasis augmented reality dengan model RME, membandingkan efektivitasnya terhadap realia fisik tradisional serta mengidentifikasi tantangan dan peluang teknologi dalam pembelajaran matematika di lingkungan sekolah.
| File size | 381.86 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Ketuntasan klasikal sebesar 91,67% (2). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil data di atas, penerapanKetuntasan klasikal sebesar 91,67% (2). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil data di atas, penerapan
UINSALATIGAUINSALATIGA Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai Ukhuwah Islamiyah melalui pembelajaran tafsirPenelitian ini bertujuan untuk menentukan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai Ukhuwah Islamiyah melalui pembelajaran tafsir
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS denganPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dengan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Instrumen berupa tes essay sebanyak 8 soal menunjukkan rata‑rata nilai post‑test kelas eksperimen 74,2 dibanding kontrol 66,17; analisis t‑test menghasilkanInstrumen berupa tes essay sebanyak 8 soal menunjukkan rata‑rata nilai post‑test kelas eksperimen 74,2 dibanding kontrol 66,17; analisis t‑test menghasilkan
Useful /
UDBUDB Abstrak— Angka Kematian Ibu (AKI) yang persisten tinggi di Indonesia, khususnya yang disebabkan oleh komplikasi selama masa kehamilan, menuntut adanyaAbstrak— Angka Kematian Ibu (AKI) yang persisten tinggi di Indonesia, khususnya yang disebabkan oleh komplikasi selama masa kehamilan, menuntut adanya
IBNTEGALIBNTEGAL Iqra terambil dari akar kata yang berarti “menghimpun, dari menghimpun lahir aneka ragam makna, seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti,Iqra terambil dari akar kata yang berarti “menghimpun, dari menghimpun lahir aneka ragam makna, seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti,
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris di sektor hospitality bagi siswa SMA Al Maaruf Nu Sinah, Desa Pengembur, LombokPenelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris di sektor hospitality bagi siswa SMA Al Maaruf Nu Sinah, Desa Pengembur, Lombok
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Rata-rata hasil belajar siswa 70,77 ketuntasan klasikal 83,33 % (2). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan. BerdasarkanRata-rata hasil belajar siswa 70,77 ketuntasan klasikal 83,33 % (2). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan. Berdasarkan