OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada soal essay penilaian akhir semester mengenai materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan siswa kelas X MPLB - 4 SMK Al Basyariah. Pengumpulan data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dari 7 sampel siswa, ditemukan bahwa pada soal nomor 32 terdapat 6 siswa dengan persentase 18,75% masuk kepada kategori tinggi, 14 siswa dengan persentase 43,75% dalam kategori sedang, serta 12 siswa dengan persentase 37,5% dalam kategori rendah. Selain itu, pada soal nomor 33 terdapat 11 siswa dengan persentase 34,375% masuk kepada kategori tinggi, 20 siswa dengan persentase 62,5% dalam kategori sedang, serta 1 siswa dengan persentase 3,125% dalam kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa kelas X MPLB – 4 di SMK Al Basyariah dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat tergolong sedang atau cukup.
Pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa kelas X MPLB – 4 SMK Al Basyariah Bojonggede dalam menyelesaikan soal pokok bahasan persamaan kuadrat tergolong sedang atau cukup.Ada batasan dalam metode pengajaran yang fokus pada hafalan rumus dan prosedur, sehingga siswa memiliki pemahaman aljabar dan operasi matematika dasar yang lemah dan kurangnya latihan soal yang bervariasi.
Penelitian dapat dikembangkan dengan membiasakan siswa untuk memahami dasar konsep aljabar melalui pendekatan kontekstual sebelum mempelajari persamaan kuadrat. Selain itu, penilaian formatif dapat diberikan secara teratur untuk memantau kemajuan pemahaman siswa. Studi lanjutan dapat dilakukan untuk mengevaluasi dampak penggunaan teknologi dalam memvisualisasikan persamaan kuadrat.
| File size | 254.08 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Dalam suatu perkembangan, manusia hidup di era globalisasi ini, sudah tidak melihat pentingnya hidup dalam peribadahan. Terlebih kepada para pemuda/pemudiDalam suatu perkembangan, manusia hidup di era globalisasi ini, sudah tidak melihat pentingnya hidup dalam peribadahan. Terlebih kepada para pemuda/pemudi
OJSOJS Berdasarkan hasil tersebut dapat direkomendasikan: (1) penambahan koleksi buku bacaan sebagai sarana prasarana penunjang literasi di kelas, (2) pembimbinganBerdasarkan hasil tersebut dapat direkomendasikan: (1) penambahan koleksi buku bacaan sebagai sarana prasarana penunjang literasi di kelas, (2) pembimbingan
EDUPEDEDUPED Penelitian ini diharapkan dapat memecahkan masalah yang dihadapi guru, yaitu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI. 2 MAN KotaPenelitian ini diharapkan dapat memecahkan masalah yang dihadapi guru, yaitu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI. 2 MAN Kota
EDUPEDEDUPED Hasil belajar dikatakan tuntas jika > 75% peserta didik memiliki hasil belajar > KKM. Sedangkan untuk sikap, dinyatakan tuntas jika memenuhi standar “baik,Hasil belajar dikatakan tuntas jika > 75% peserta didik memiliki hasil belajar > KKM. Sedangkan untuk sikap, dinyatakan tuntas jika memenuhi standar “baik,
Useful /
OJSOJS ( 3) Dalam pemberdayaan practitioner, evaluasi dan supervisi senantiasa dilaksanakan oleh Kepala Sekolah minimum dua kali dalam setahun. Perencanaan dan( 3) Dalam pemberdayaan practitioner, evaluasi dan supervisi senantiasa dilaksanakan oleh Kepala Sekolah minimum dua kali dalam setahun. Perencanaan dan
OJSOJS Konten tersebut mempengaruhi para pengikut untuk ikut membeli dan mencoba produk yang dipromosikan. Selain meningkatkan penjualan produk, strategi promosiKonten tersebut mempengaruhi para pengikut untuk ikut membeli dan mencoba produk yang dipromosikan. Selain meningkatkan penjualan produk, strategi promosi
EDUPEDEDUPED Subjek dari penelitian ini siswa kelas X IPS 1 MAN 3 Cianjur pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 pada mata pelajaran Ekonomi. Instrumen yangSubjek dari penelitian ini siswa kelas X IPS 1 MAN 3 Cianjur pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 pada mata pelajaran Ekonomi. Instrumen yang
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Disrupsi adalah sesuatu yang hakiki di dalam musik. Ia tidak mengancam musik, tetapi merupakan sebuah situasi yang memperkaya musik dalam hubungannya denganDisrupsi adalah sesuatu yang hakiki di dalam musik. Ia tidak mengancam musik, tetapi merupakan sebuah situasi yang memperkaya musik dalam hubungannya dengan