OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada soal essay penilaian akhir semester mengenai materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan siswa kelas X MPLB - 4 SMK Al Basyariah. Pengumpulan data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dari 7 sampel siswa, ditemukan bahwa pada soal nomor 32 terdapat 6 siswa dengan persentase 18,75% masuk kepada kategori tinggi, 14 siswa dengan persentase 43,75% dalam kategori sedang, serta 12 siswa dengan persentase 37,5% dalam kategori rendah. Selain itu, pada soal nomor 33 terdapat 11 siswa dengan persentase 34,375% masuk kepada kategori tinggi, 20 siswa dengan persentase 62,5% dalam kategori sedang, serta 1 siswa dengan persentase 3,125% dalam kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa kelas X MPLB – 4 di SMK Al Basyariah dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat tergolong sedang atau cukup.

Pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa kelas X MPLB – 4 SMK Al Basyariah Bojonggede dalam menyelesaikan soal pokok bahasan persamaan kuadrat tergolong sedang atau cukup.Ada batasan dalam metode pengajaran yang fokus pada hafalan rumus dan prosedur, sehingga siswa memiliki pemahaman aljabar dan operasi matematika dasar yang lemah dan kurangnya latihan soal yang bervariasi.

Penelitian dapat dikembangkan dengan membiasakan siswa untuk memahami dasar konsep aljabar melalui pendekatan kontekstual sebelum mempelajari persamaan kuadrat. Selain itu, penilaian formatif dapat diberikan secara teratur untuk memantau kemajuan pemahaman siswa. Studi lanjutan dapat dilakukan untuk mengevaluasi dampak penggunaan teknologi dalam memvisualisasikan persamaan kuadrat.

  1. Analysis of Class VII Students' Mathematical Problem-Solving Abilities on Triangles and Quadrilaterals... doi.org/10.22437/edumatica.v13i03.21090Analysis of Class VII Students Mathematical Problem Solving Abilities on Triangles and Quadrilaterals doi 10 22437 edumatica v13i03 21090
  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
File size254.08 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test