OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini bertujuan menganalisis problematika minat literasi membaca siswa serta cara meningkatkan minat ini menggunakan metode analisis deskriptif berdasarkan data kualitatif melalui hasil angket, wawancara, dan observasi, dilaksanakan di MI Muhammadiyah Karanganyar. Sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V dan orang tua. Hasil penelitian menemukan bahwa problematika minat literasi membaca siswa adalah: (1) rendahnya kemauan atau antusias membaca siswa, (2) kerjasama antara keluarga dan sekolah dalam menerapkan literasi membaca pada anak, (3) bimbingan kegiatan literasi membaca di sekolah, (4) penggunaan strategi dalam pembelajaran membaca. Berdasarkan hasil tersebut dapat direkomendasikan: (1) penambahan koleksi buku bacaan sebagai sarana prasarana penunjang literasi di kelas, (2) pembimbingan intensif terutama dalam kegiatan membaca di rumah oleh orang tua, (3) peningkatan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), dan (4) penggunaan strategi pembelajaran membaca dalam proses pembelajaran di sekolah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan kurang maksimalnya kegiatan literasi pada siswa yaitu, membaca siswa kurang baik, siswa salah mengucapkan kata dalam satu kalimat, siswa sulit memahami arti dari apa yang dibacanya, kurangnya kebiasaan membaca siswa dalam memanfaatkan waktu istirahat dan waktu luang untuk membaca, siswa hanya membaca sesuai perintah guru, media literasi mading kelas yang jarang diperbaharui sehingga anak-anak kurang berekpresi dengan karya yang bisa ditempelkan, rendahnya minat siswa dalam mengunjungi perpustakaan atau membaca di pojok baca kelas yang menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya literasi siswa.Tidak lepas dari peranan guru dalam kegiatan literasi, ada beberapa strategi yang ditemukan peneliti dalam penelitian ini yaitu, Membaca 15 menit, sekolah menyedikan berbagai macam buku dan bahan bacaan yang dapat menarik minat siswa dan melaksanakan kegiatan yang meningkatkan minat baca siswa.

Penelitian selanjutnya dapat diarahkan untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang pengaruh lingkungan rumah terhadap minat baca siswa di sekolah, mengingat peran orang tua sangat penting dalam membiasakan literasi sejak dini. Selain itu, penelitian juga bisa menyelidiki efektivitas berbagai metode pembelajaran yang berbeda dalam meningkatkan literasi membaca, terutama di kelas V MI Muhammadiyah Karanganyar. Terakhir, upaya kolaborasi antara sekolah dan masyarakat perlu diteliti lebih lanjut untuk menciptakan lingkungan yang lebih mendukung literasi, dengan melibatkan pengusaha lokal atau tokoh masyarakat dalam pengadaan dan penyediaan bahan bacaan untuk siswa.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size137.44 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test