OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui( 1) Bagaimana perencanaan dan pelaksanaan kurikulum di SDIT Alkarima Kubu Raya;( 2). Bagaimana memperbaiki mutu pendidikan di SDIT Alkarima Kubu Raya, baik melalui sistem pendataan maupun sistem belajar mengajar;( 3) bagaimana pemberdayaan practitioner SDIT Al karima Kubu Raya dalam mengimplementasikan Total Quality Management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan dasar pendekatan fenomenologis dan interaksi simbolik. Model Miles dan Huberman menggunakan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai implementasi Total Quality Management di SDIT Alkarima Kubu Raya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut( 1) Perencanaan dan pelaksanaan kurikulum SDIT Al karima Kubu Raya merupakan hasil perpaduan antara kurikulum Nasional dengan kurikulum standar mutu JSIT Indonesia.( 2) Perbaikan sistem dilakukan secara bertahap, baik dalam sistem pendataan maupun sistem belajar mengajar. Dalam sistem pendataan aplikasi yang digunakan adalah dapodik, sedangkan dalam sistem belajar mengajar menggunakan media serta teknik yang bervariasi.( 3) Dalam pemberdayaan practitioner, evaluasi dan supervisi senantiasa dilaksanakan oleh Kepala Sekolah minimum dua kali dalam setahun.

Perencanaan dan pelaksanaan kurikulum SDIT Al Karima Kubu Raya merupakan hasil perpaduan antara kurikulum Nasional dengan kurikulum standar mutu JSIT Indonesia.Perbaikan sistem pendataan dan belajar mengajar dilakukan secara bertahap dengan menggunakan berbagai metode dan teknologi.Evaluasi dan supervisi merupakan komponen penting dalam pemberdayaan guru, yang dilakukan minimal dua kali dalam setahun oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru.

Berdasarkan hasil penelitian, perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang penerapan TQM terhadap kinerja siswa dan guru. Selain itu, studi lebih mendalam tentang pengaruh penggunaan teknologi digital dalam sistem pendataan dan pembelajaran di sekolah berbasis TQM. Terakhir, penelitian tentang peran program pelatihan berkelanjutan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan prinsip TQM secara efektif.

File size276.71 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test