OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Kemajuan suatu bangsa dan negara sangat tergantung pada pendidikan, karena setiap individu memiliki hak untuk menerima pendidikan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Pasal 31 UUD 1945. Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas diharapkan dapat meningkatkan perkembangan individu yang memiliki kualitas seperti loyalitas, kompetensi, kreativitas, dan akuntabilitas. Tingkat minat belajar merupakan aspek psikologis penting yang mempunyai dampak langsung terhadap proses dan hasil belajar khususnya pada bidang matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa terhadap pembelajaran matematika di SMK Islam Wijaya Kusuma. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan belajar siswa dipengaruhi oleh karakteristik internal seperti sikap, motivasi, dan kecerdasan, serta unsur eksternal seperti lingkungan sosial, lingkungan rumah, dan metode pengajaran yang digunakan guru. Menurunnya semangat siswa dalam mempelajari matematika disebabkan oleh kurangnya fokus dan dorongan, serta ketidakmampuan memahami isi pembelajaran. Kurangnya minat belajar siswa juga dapat disebabkan oleh faktor eksternal seperti lingkungan yang kurang mendukung dan metode pengajaran yang kurang menarik.

Penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa antusiasme belajar matematika siswa kelas X-Kuliner SMK Islam Wijaya Kusuma di Kota Jakarta Selatan dipengaruhi oleh pengaruh internal dan eksternal.Mengembangkan strategi pembelajaran yang meningkatkan motivasi intrinsik siswa terhadap matematika sangatlah penting.Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan cara-cara yang menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Dalam penelitian selanjutnya, perlu diteliti lebih dalam mengenai pengaruh berbagai metode pengajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika. Selain itu, penting untuk mengeksplorasi peran orang tua dalam mendukung minat belajar anak-anak di lingkungan rumah yang lebih baik. Lebih jauh lagi, penelitian dapat dilakukan untuk menganalisis bagaimana penerapan teknologi dalam pembelajaran matematika dapat memengaruhi minat siswa dan hasil belajar mereka di kelas.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size175.84 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test