OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerKemajuan suatu bangsa dan negara sangat tergantung pada pendidikan, karena setiap individu memiliki hak untuk menerima pendidikan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Pasal 31 UUD 1945. Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas diharapkan dapat meningkatkan perkembangan individu yang memiliki kualitas seperti loyalitas, kompetensi, kreativitas, dan akuntabilitas. Tingkat minat belajar merupakan aspek psikologis penting yang mempunyai dampak langsung terhadap proses dan hasil belajar khususnya pada bidang matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa terhadap pembelajaran matematika di SMK Islam Wijaya Kusuma. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan belajar siswa dipengaruhi oleh karakteristik internal seperti sikap, motivasi, dan kecerdasan, serta unsur eksternal seperti lingkungan sosial, lingkungan rumah, dan metode pengajaran yang digunakan guru. Menurunnya semangat siswa dalam mempelajari matematika disebabkan oleh kurangnya fokus dan dorongan, serta ketidakmampuan memahami isi pembelajaran. Kurangnya minat belajar siswa juga dapat disebabkan oleh faktor eksternal seperti lingkungan yang kurang mendukung dan metode pengajaran yang kurang menarik.
Penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa antusiasme belajar matematika siswa kelas X-Kuliner SMK Islam Wijaya Kusuma di Kota Jakarta Selatan dipengaruhi oleh pengaruh internal dan eksternal.Mengembangkan strategi pembelajaran yang meningkatkan motivasi intrinsik siswa terhadap matematika sangatlah penting.Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan cara-cara yang menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Dalam penelitian selanjutnya, perlu diteliti lebih dalam mengenai pengaruh berbagai metode pengajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika. Selain itu, penting untuk mengeksplorasi peran orang tua dalam mendukung minat belajar anak-anak di lingkungan rumah yang lebih baik. Lebih jauh lagi, penelitian dapat dilakukan untuk menganalisis bagaimana penerapan teknologi dalam pembelajaran matematika dapat memengaruhi minat siswa dan hasil belajar mereka di kelas.
| File size | 175.84 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Hasil studi literatur menyebutkan bahwa untuk meningkatkan minat belajar siswa pada fisika dapat menggunakan media yaitu permainan tradisional. Salah satuHasil studi literatur menyebutkan bahwa untuk meningkatkan minat belajar siswa pada fisika dapat menggunakan media yaitu permainan tradisional. Salah satu
OJSOJS Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan produk kecantikan (X) melalui kerja sama dengan beauty influencer (pemberi pengaruh) dinyatakanHasil penelitian menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan produk kecantikan (X) melalui kerja sama dengan beauty influencer (pemberi pengaruh) dinyatakan
EDUPEDEDUPED Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 3 sebanyak 34 siswa yang terdiri atas 14 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputiSubjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 3 sebanyak 34 siswa yang terdiri atas 14 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi
UNMUNM Model POEW memungkinkan siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan partisipasi siswaModel POEW memungkinkan siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan partisipasi siswa
Useful /
OJSOJS Perbaikan sistem pendataan dan belajar mengajar dilakukan secara bertahap dengan menggunakan berbagai metode dan teknologi. Evaluasi dan supervisi merupakanPerbaikan sistem pendataan dan belajar mengajar dilakukan secara bertahap dengan menggunakan berbagai metode dan teknologi. Evaluasi dan supervisi merupakan
OJSOJS Melalui data empiris dan studi korpus, penelitian ini memvalidasi dan menyempurnakan model teoritis, mengamati contoh nyata penggunaan komplemen objekMelalui data empiris dan studi korpus, penelitian ini memvalidasi dan menyempurnakan model teoritis, mengamati contoh nyata penggunaan komplemen objek
UNPARUNPAR ASEAN memiliki potensi untuk membantu negara-negara anggotanya bekerja sama dalam mengatasi wabah COVID-19 melalui upaya regional. Potensi ini mencakupASEAN memiliki potensi untuk membantu negara-negara anggotanya bekerja sama dalam mengatasi wabah COVID-19 melalui upaya regional. Potensi ini mencakup
UNPARUNPAR Hal ini menandai berakhirnya proses globalisasi, dan terjadinya proses deglobalisasi. Deglobalisasi merupakan sebuah proses dinamis yang masih berjalanHal ini menandai berakhirnya proses globalisasi, dan terjadinya proses deglobalisasi. Deglobalisasi merupakan sebuah proses dinamis yang masih berjalan