OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan permainan gasing dalam pembelajaran fisika. Dengan penerapan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa, khususnya materi momen inersia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan metode studi literatur. Selain itu peneliti juga melakukan eksperimen sederhana terkait permainan gasing. Hasil studi literatur menyebutkan bahwa untuk meningkatkan minat belajar siswa pada fisika dapat menggunakan media yaitu permainan tradisional. Salah satu contoh permainan tradisional adalah permainan gasing. Setelah melakukan eksperimen sederhana ternyata banyak ditemukan konsep fisika yang terdapat dalam permainan gasing. Konsep fisika tersebut selanjutnya akan diintegrasikan dalam pembelajaran fisika. Dengan konsep tersebut pada pembelajaran fisika akan mempermudah guru menyampaikan materi fisika kepada siswa. Selain itu, siswa juga akan dengan mudah memahami materi fisika karena siswa berinteraksi dengan permainan tersebut.

Gasing dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi dinamika rotasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Melalui pembelajaran menggunakan media permainan gasing, siswa dapat menemukan konsep dinamika rotasi pada gasing.Siswa diharapkan mampu menemukan konsep bahwa semakin besar ukuran jari-jari suatu gasing maka semakin sulit juga gasing untuk dihentikan berputar (lebih stabil berputar), sedangkan semakin kecil ukuran jari-jari gasing maka semakin mudah gasing untuk dihentikan berputar (lebih tidak stabil berputar).Begitu juga dengan semakin rata suatu medan permainan gasing maka semakin lama juga perputaran gasing, sedangkan semakin kasar suatu medan gasing maka semakin sebentar perputaran gasing.Serta, gaya torsi pada gasing berbanding lurus dengan nilai dari jari-jari gasing yang dipakai.

Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi pengaruh permainan gasing terhadap pemahaman konsep fisika secara lebih mendalam, dengan fokus pada kemampuan siswa dalam menerapkan konsep tersebut dalam pemecahan masalah. Kedua, perlu dilakukan penelitian komparatif untuk membandingkan efektivitas pembelajaran fisika menggunakan permainan gasing dengan metode pembelajaran konvensional, guna mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan masing-masing pendekatan. Ketiga, penelitian dapat diarahkan untuk mengembangkan model pembelajaran fisika berbasis permainan gasing yang terintegrasi dengan teknologi, seperti simulasi digital, untuk meningkatkan interaktivitas dan daya tarik pembelajaran.

  1. #pemahaman konsep matematika#pemahaman konsep matematika
File size336.6 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test