OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini dilatarbelakangi suatu permasalahan yang terjadi dalam keluarga, salah satu bentuk pemasalahan dalam penelitian ini yaitu perceraian dan salah satu orangtua meninggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika pendidikan moral yang dibentuk oleh orangtua kepada anak didalam keluarga didasarkan pendidikan yang dibentuk sejak dini, meskipun salah satu orangtua tidak memberikan perhatian atau kasih sayang yang lebih kepada keluarganya. Namun disisi lain, peran dari seorang ibu sangat mendukung pendidikan dan moral anaknya supaya terjamin pendidikan dan ilmu keagamaan yang dapat dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman pendidikan yang diajarkan oleh orangtua. Sehingga ibu memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pendidikan moral diantaranya pendidikan agama dan pendidikan formal untuk keberlangsungan hidup anak agar lebih terarah.

Pentingnya pendidikan moral dalam membentuk karakter anak, terutama dalam ilmu agama dan pendidikan formal, menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan kehidupan.

Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor spesifik yang mempengaruhi efektivitas strategi pendidikan moral yang diterapkan oleh ibu tunggal dalam keluarga broken home. Hal ini penting untuk memahami bagaimana dukungan sosial dan sumber daya ekonomi dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak. Kedua, penelitian kuantitatif dapat dilakukan untuk mengukur dampak jangka panjang dari pendidikan moral terhadap perkembangan psikologis dan sosial anak-anak dari keluarga broken home. Dengan menggunakan skala pengukuran yang terstandarisasi, penelitian ini dapat memberikan bukti empiris tentang efektivitas intervensi dini untuk mencegah masalah perilaku dan meningkatkan kesejahteraan anak. Ketiga, penelitian kualitatif mendalam dapat dilakukan untuk mengeksplorasi pengalaman dan perspektif anak-anak dari keluarga broken home tentang pendidikan moral yang mereka terima. Penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana anak-anak memaknai nilai-nilai moral dan bagaimana mereka menginternalisasikan norma-norma sosial dalam konteks keluarga yang tidak utuh. Dengan menggabungkan temuan dari penelitian-penelitian ini, kita dapat mengembangkan program intervensi yang lebih komprehensif dan efektif untuk mendukung perkembangan positif anak-anak dari keluarga broken home.

  1. #dinamika keluarga#dinamika keluarga
  2. #nilai moral siswa#nilai moral siswa
File size395.85 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test