OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini dilatarbelakangi suatu permasalahan yang terjadi dalam keluarga, salah satu bentuk pemasalahan dalam penelitian ini yaitu perceraian dan salah satu orangtua meninggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika pendidikan moral yang dibentuk oleh orangtua kepada anak didalam keluarga didasarkan pendidikan yang dibentuk sejak dini, meskipun salah satu orangtua tidak memberikan perhatian atau kasih sayang yang lebih kepada keluarganya. Namun disisi lain, peran dari seorang ibu sangat mendukung pendidikan dan moral anaknya supaya terjamin pendidikan dan ilmu keagamaan yang dapat dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman pendidikan yang diajarkan oleh orangtua. Sehingga ibu memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pendidikan moral diantaranya pendidikan agama dan pendidikan formal untuk keberlangsungan hidup anak agar lebih terarah.
Pentingnya pendidikan moral dalam membentuk karakter anak, terutama dalam ilmu agama dan pendidikan formal, menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan kehidupan.
Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor spesifik yang mempengaruhi efektivitas strategi pendidikan moral yang diterapkan oleh ibu tunggal dalam keluarga broken home. Hal ini penting untuk memahami bagaimana dukungan sosial dan sumber daya ekonomi dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak. Kedua, penelitian kuantitatif dapat dilakukan untuk mengukur dampak jangka panjang dari pendidikan moral terhadap perkembangan psikologis dan sosial anak-anak dari keluarga broken home. Dengan menggunakan skala pengukuran yang terstandarisasi, penelitian ini dapat memberikan bukti empiris tentang efektivitas intervensi dini untuk mencegah masalah perilaku dan meningkatkan kesejahteraan anak. Ketiga, penelitian kualitatif mendalam dapat dilakukan untuk mengeksplorasi pengalaman dan perspektif anak-anak dari keluarga broken home tentang pendidikan moral yang mereka terima. Penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana anak-anak memaknai nilai-nilai moral dan bagaimana mereka menginternalisasikan norma-norma sosial dalam konteks keluarga yang tidak utuh. Dengan menggabungkan temuan dari penelitian-penelitian ini, kita dapat mengembangkan program intervensi yang lebih komprehensif dan efektif untuk mendukung perkembangan positif anak-anak dari keluarga broken home.
| File size | 395.85 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Evaluasi dan supervisi merupakan komponen penting dalam pemberdayaan guru, yang dilakukan minimal dua kali dalam setahun oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkanEvaluasi dan supervisi merupakan komponen penting dalam pemberdayaan guru, yang dilakukan minimal dua kali dalam setahun oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan
NEWINERANEWINERA Oleh karena itu, pertimbangan terhadap dampak sosio-anthropologis dan politik-ekonomi perlu dilakukan untuk melindungi warga, terutama kelompok rentan.Oleh karena itu, pertimbangan terhadap dampak sosio-anthropologis dan politik-ekonomi perlu dilakukan untuk melindungi warga, terutama kelompok rentan.
UNPARUNPAR Tulisan ini membahas tentang potensi konflik akibat COVID-19 dengan pendekatan studi konflik dan perdamaian yang dipadukan dengan pendekatan struktural.Tulisan ini membahas tentang potensi konflik akibat COVID-19 dengan pendekatan studi konflik dan perdamaian yang dipadukan dengan pendekatan struktural.
UIRUIR Tulisan ini bermanfaat bagi para orang tua dan pendidik untuk mengembangkan dan menanamkan moralitas pada anak. Hasil tulisan ini adalah: Pertama, moralitasTulisan ini bermanfaat bagi para orang tua dan pendidik untuk mengembangkan dan menanamkan moralitas pada anak. Hasil tulisan ini adalah: Pertama, moralitas
Useful /
OJSOJS Terlebih kepada para pemuda/pemudi zaman sekarang ini dalam pergaulan mereka atau kehidupan hari lepas hari. Ibadah berkaitan dengan apa yang seharusnyaTerlebih kepada para pemuda/pemudi zaman sekarang ini dalam pergaulan mereka atau kehidupan hari lepas hari. Ibadah berkaitan dengan apa yang seharusnya
OJSOJS Berdasarkan hasil tersebut dapat direkomendasikan: (1) penambahan koleksi buku bacaan sebagai sarana prasarana penunjang literasi di kelas, (2) pembimbinganBerdasarkan hasil tersebut dapat direkomendasikan: (1) penambahan koleksi buku bacaan sebagai sarana prasarana penunjang literasi di kelas, (2) pembimbingan
OJSOJS Model pembelajaran Group Investigation (GI) tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Hal iniModel pembelajaran Group Investigation (GI) tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Hal ini
UNPARUNPAR Hal ini menandai berakhirnya proses globalisasi, dan terjadinya proses deglobalisasi. Deglobalisasi merupakan sebuah proses dinamis yang masih berjalanHal ini menandai berakhirnya proses globalisasi, dan terjadinya proses deglobalisasi. Deglobalisasi merupakan sebuah proses dinamis yang masih berjalan