OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerFilosofi model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah konstruktivisme, yaitu metode pembelajaran di mana siswa secara aktif mencari dan membangun pengetahuan sendiri melalui investigasi, bukan sekadar menerima pengetahuan dari guru secara mekanis. Siswa menjadi tanggung jawab penuh atas hasil belajarnya, membandingkan informasi yang telah diketahui dengan pengalaman baru, serta menyelesaikan konflik pengetahuan yang terjadi. Model ini menekankan pentingnya kolaborasi, analisis, dan sintesis informasi untuk mendukung pembelajaran yang bermakna.
Model pembelajaran Group Investigation (GI) tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa.Hal ini disebabkan perbedaan kemampuan siswa dan keterbatasan waktu penelitian yang memengaruhi hasil.Meskipun model GI berlandaskan konstruktivisme, penerapannya belum mampu meningkatkan mutu hasil belajar secara optimal.
Penelitian lanjutan dapat fokus pada efektivitas model Group Investigation dalam jangka waktu lebih panjang untuk mengukur peningkatan hasil belajar secara bertahap. Selain itu, perlu dikembangkan pendekatan kombinasi GI dengan metode lain, seperti pembelajaran berbasis proyek, untuk memperkuat keterampilan analisis dan kolaborasi siswa. Penelitian juga dapat mengeksplorasi modifikasi strategi GI yang teradaptasi dengan karakteristik siswa berkemampuan rendah agar lebih inklusif.
| File size | 300.02 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan kurang maksimalnya kegiatan literasi pada siswaBerdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan kurang maksimalnya kegiatan literasi pada siswa
OJSOJS Salah satunya adalah pemanfaatan kelas virtual dalam TV Sekolah. Pemanfaatan kelas virtual dalam TV sekolah adalah salah satu media pembelajaran yang dapatSalah satunya adalah pemanfaatan kelas virtual dalam TV Sekolah. Pemanfaatan kelas virtual dalam TV sekolah adalah salah satu media pembelajaran yang dapat
EDUPEDEDUPED 2 MAN Kota Pariaman dari 21% pada tahap awal menjadi 36% pada Siklus I dan 73% pada Siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran2 MAN Kota Pariaman dari 21% pada tahap awal menjadi 36% pada Siklus I dan 73% pada Siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
UNMUNM Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki seberapa signifikan implementasi model POEW dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini menggunakanPenelitian ini bertujuan untuk menyelidiki seberapa signifikan implementasi model POEW dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan
Useful /
OJSOJS Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan, menyusun dan meyajikan data. Teknik yang digunakan olehPenelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan, menyusun dan meyajikan data. Teknik yang digunakan oleh
UNPARUNPAR Ancaman pandemi ini bersifat transnasional, sehingga kerja sama regional dan multilateral diperlukan. Dalam hal ini, anggota ASEAN telah mendiskusikanAncaman pandemi ini bersifat transnasional, sehingga kerja sama regional dan multilateral diperlukan. Dalam hal ini, anggota ASEAN telah mendiskusikan
UNPARUNPAR Pentingnya penguatan kerja sama Selatan-Selatan dan Kerja sama Triangular antara emerging donor, donor tradisional dan negara penerima bantuan menjadiPentingnya penguatan kerja sama Selatan-Selatan dan Kerja sama Triangular antara emerging donor, donor tradisional dan negara penerima bantuan menjadi
UNPARUNPAR Hal ini menandai berakhirnya proses globalisasi, dan terjadinya proses deglobalisasi. Deglobalisasi merupakan sebuah proses dinamis yang masih berjalanHal ini menandai berakhirnya proses globalisasi, dan terjadinya proses deglobalisasi. Deglobalisasi merupakan sebuah proses dinamis yang masih berjalan