OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Filosofi model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah konstruktivisme, yaitu metode pembelajaran di mana siswa secara aktif mencari dan membangun pengetahuan sendiri melalui investigasi, bukan sekadar menerima pengetahuan dari guru secara mekanis. Siswa menjadi tanggung jawab penuh atas hasil belajarnya, membandingkan informasi yang telah diketahui dengan pengalaman baru, serta menyelesaikan konflik pengetahuan yang terjadi. Model ini menekankan pentingnya kolaborasi, analisis, dan sintesis informasi untuk mendukung pembelajaran yang bermakna.

Model pembelajaran Group Investigation (GI) tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa.Hal ini disebabkan perbedaan kemampuan siswa dan keterbatasan waktu penelitian yang memengaruhi hasil.Meskipun model GI berlandaskan konstruktivisme, penerapannya belum mampu meningkatkan mutu hasil belajar secara optimal.

Penelitian lanjutan dapat fokus pada efektivitas model Group Investigation dalam jangka waktu lebih panjang untuk mengukur peningkatan hasil belajar secara bertahap. Selain itu, perlu dikembangkan pendekatan kombinasi GI dengan metode lain, seperti pembelajaran berbasis proyek, untuk memperkuat keterampilan analisis dan kolaborasi siswa. Penelitian juga dapat mengeksplorasi modifikasi strategi GI yang teradaptasi dengan karakteristik siswa berkemampuan rendah agar lebih inklusif.

  1. #model pembelajaran digital#model pembelajaran digital
  2. #model pembelajaran kooperatif#model pembelajaran kooperatif
File size300.02 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test