OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan Bahasa Indonesia pada surat resmi. yan masuk ke Kantor Kelurahan Nglegok Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode. deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan, menyusun dan meyajikan data.. Teknik yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, teknik. menyimak dan mencatat apa yang ditemukan. Penulis menganalisis dan mencari tahu kesalahan ejaan. yanga da pada surat-surat yang diteliti dengan cara menyimak setiap kata dalam kalimat-kalimatnya,. lalu mencatat dan menghitung kesalahan ejaan secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian ini. penulis masih menemukan kesalahan dalam penulisan surat, maka dari itu penulis memfokuskan. kesalahan ejaan penelitian pada kesalahan: 1) Penulisan penggunaan huruf, 2) Penulisan kata, 3). Penulisan kata. Penulis menemukan kesalahan ejaan pada surat masuk di Kator Kelurahan Nglegok. yaitu berjumlah 101 kesalahan yang mana dibagi menjadi 11 bagian dengan rata-rata kesalahan. berjumlah 10. Dari penjabaran tersebut penulis menyimpulkan bahwa dalan penulisan surat masuk. Kantor Kelurahan Nglegok Kabupaten Blitar masih banyak kesalahan dalam penulisannya.

Berdasarkan analisis terhadap 37 surat masuk Kantor Kelurahan Nglegok tahun 2023 yang terdiri atas enam jenis surat, penelitian ini mengungkap 101 kesalahan ejaan dan diksi yang tersebar dalam sepuluh kategori.Kesalahan tersebut meliputi penggunaan huruf, format angka, singkatan, hingga tanda baca dengan rata-rata sepuluh kesalahan per kategori.Faktor penyebab utamanya mencakup kurangnya pemahaman penulis terhadap kaidah PUEBI, kecenderungan meniru format surat terdahulu, serta latar belakang penulis yang bukan dari bidang kebahasaan.

Penelitian lanjutan dapat diarahkan pada studi kuantitatif korelasi antara latar belakang pendidikan penulis surat dan frekuensi kesalahan ejaan pada surat masuk di Kantor Kelurahan Nglegok, dengan melibatkan kuesioner dan analisis statistik untuk membandingkan kelompok yang berlatar kebahasaan dan nonkebahasaan. Selain itu, studi eksperimental dapat merancang modul pelatihan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang ringkas dan mudah dipahami para petugas kelurahan, dilengkapi contoh kesalahan umum serta latihan, dan mengukur efektivitasnya melalui pretest–posttest dan evaluasi dokumen nyata. Penelitian komparatif lintas unit dapat pula dilakukan dengan menganalisis pola kesalahan pada surat masuk dan surat keluar di Kantor Kelurahan Nglegok, atau membandingkannya dengan surat masuk pada kelurahan sejenis di kabupaten Blitar, untuk menemukan standar ejaan kontekstual yang lebih tepat. Hasilnya diharapkan dapat membantu merumuskan rekomendasi kebijakan penulisan surat dinas yang lebih efektif dan berkelanjutan.

  1. #analisis bahasa#analisis bahasa
File size185.21 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test