USDUSD

0

Kebanyakan staf Bank Mandiri di Yogyakarta mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan nasabah asing, yang menghambat proses pelayanan. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya mengembangkan materi pembelajaran berbahasa Inggris berbasis berbicara bagi staf Bank Mandiri Yogyakarta dengan menggunakan prinsip pembelajaran berbasis tugas. Peneliti mengadaptasi model desain instruksional Kemp (1977) yang terdiri dari delapan langkah fleksibel dan saling bergantung. Langkah-langkah tersebut selanjutnya ditempatkan dalam kerangka metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) Borg & Gall (1986). Karena keterbatasan waktu dan sumber daya, hanya tiga dari sepuluh langkah model R&D yang diterapkan, yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, dan (3) Pengembangan bentuk awal produk. Untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam pengembangan materi, peneliti mendistribusikan kuesioner analisis kebutuhan kepada dua puluh staf Bank Mandiri Yogyakarta. Materi yang dirancang mencakup delapan unit, dengan masing-masing unit terdiri atas lima bagian, yaitu “Do You Remember?, “Prepare Yourself!, “Can You Do These?, “Lets Learn!, dan “Its Time to Write. Diharapkan materi tersebut dapat meningkatkan keterampilan berbicara staf Bank Mandiri Yogyakarta.

Penelitian ini mengembangkan materi pembelajaran berbicara berbahasa Inggris bagi staf Bank Mandiri Yogyakarta dengan mengadopsi tiga langkah awal model R&D Borg & Gall dan prinsip pembelajaran berbasis tugas.Setiap pertemuan materi dibagi menjadi lima bagian—Do You Remember., dan Its Time to Write—untuk memfasilitasi pengaktifan konteks, penyediaan kosakata serta ekspresi, pelaksanaan tugas, analisis bahasa, dan refleksi.Diharapkan struktur materi ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan mendukung pengalaman pembelajaran yang kontekstual serta terpadu.

Dalam penelitian lanjutan, pertama bisa dilakukan penelitian eksperimen untuk menguji efektivitas penerapan materi berbasis tugas ini dalam meningkatkan keterampilan berbicara staf Bank Mandiri Yogyakarta. Penelitian tersebut dapat melibatkan pre-test dan post-test serta observasi interaksi langsung dengan nasabah asing untuk melihat perubahan kemampuan berbicara secara kuantitatif maupun kualitatif. Selain itu, analisis kesalahan umum dan strategi komunikasi yang digunakan peserta juga penting untuk dikaji guna memperbaiki desain materi. Kedua, studi pengembangan materi dapat mengeksplorasi integrasi elemen digital dan multimedia, seperti video simulasi layanan perbankan atau aplikasi interaktif, untuk menilai dampak media tersebut terhadap motivasi belajar, user acceptance, dan hasil pembelajaran berbicara karyawan. Ketiga, penelitian longitudinal sangat diperlukan untuk mengkaji sejauh mana keterampilan berbicara yang diperoleh melalui penggunaan materi ini dapat dipertahankan dan ditransfer ke situasi nyata pelayanan nasabah asing dalam jangka waktu lebih panjang. Pengukuran retention dapat dilakukan pada interval tiga, enam, dan sembilan bulan untuk melihat perkembangan kemampuan dan dampaknya pada kepuasan nasabah asing.

  1. Designing Task-Based English Speaking Materials for the Staff of Bank Mandiri Yogyakarta | Angelina |... e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT/article/view/523Designing Task Based English Speaking Materials for the Staff of Bank Mandiri Yogyakarta Angelina e journal usd ac index php LLT article view 523
File size1.17 MB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test