USDUSD
0Kebanyakan staf Bank Mandiri di Yogyakarta mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan nasabah asing, yang menghambat proses pelayanan. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya mengembangkan materi pembelajaran berbahasa Inggris berbasis berbicara bagi staf Bank Mandiri Yogyakarta dengan menggunakan prinsip pembelajaran berbasis tugas. Peneliti mengadaptasi model desain instruksional Kemp (1977) yang terdiri dari delapan langkah fleksibel dan saling bergantung. Langkah-langkah tersebut selanjutnya ditempatkan dalam kerangka metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) Borg & Gall (1986). Karena keterbatasan waktu dan sumber daya, hanya tiga dari sepuluh langkah model R&D yang diterapkan, yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, dan (3) Pengembangan bentuk awal produk. Untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam pengembangan materi, peneliti mendistribusikan kuesioner analisis kebutuhan kepada dua puluh staf Bank Mandiri Yogyakarta. Materi yang dirancang mencakup delapan unit, dengan masing-masing unit terdiri atas lima bagian, yaitu “Do You Remember?, “Prepare Yourself!, “Can You Do These?, “Lets Learn!, dan “Its Time to Write. Diharapkan materi tersebut dapat meningkatkan keterampilan berbicara staf Bank Mandiri Yogyakarta.
Penelitian ini mengembangkan materi pembelajaran berbicara berbahasa Inggris bagi staf Bank Mandiri Yogyakarta dengan mengadopsi tiga langkah awal model R&D Borg & Gall dan prinsip pembelajaran berbasis tugas.Setiap pertemuan materi dibagi menjadi lima bagian—Do You Remember., dan Its Time to Write—untuk memfasilitasi pengaktifan konteks, penyediaan kosakata serta ekspresi, pelaksanaan tugas, analisis bahasa, dan refleksi.Diharapkan struktur materi ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan mendukung pengalaman pembelajaran yang kontekstual serta terpadu.
Dalam penelitian lanjutan, pertama bisa dilakukan penelitian eksperimen untuk menguji efektivitas penerapan materi berbasis tugas ini dalam meningkatkan keterampilan berbicara staf Bank Mandiri Yogyakarta. Penelitian tersebut dapat melibatkan pre-test dan post-test serta observasi interaksi langsung dengan nasabah asing untuk melihat perubahan kemampuan berbicara secara kuantitatif maupun kualitatif. Selain itu, analisis kesalahan umum dan strategi komunikasi yang digunakan peserta juga penting untuk dikaji guna memperbaiki desain materi. Kedua, studi pengembangan materi dapat mengeksplorasi integrasi elemen digital dan multimedia, seperti video simulasi layanan perbankan atau aplikasi interaktif, untuk menilai dampak media tersebut terhadap motivasi belajar, user acceptance, dan hasil pembelajaran berbicara karyawan. Ketiga, penelitian longitudinal sangat diperlukan untuk mengkaji sejauh mana keterampilan berbicara yang diperoleh melalui penggunaan materi ini dapat dipertahankan dan ditransfer ke situasi nyata pelayanan nasabah asing dalam jangka waktu lebih panjang. Pengukuran retention dapat dilakukan pada interval tiga, enam, dan sembilan bulan untuk melihat perkembangan kemampuan dan dampaknya pada kepuasan nasabah asing.
| File size | 1.17 MB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Setelah menganalisis data, diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test adalah 52,96 dan rata-rata skor post-test adalah 76,67. Nilai signifikansi yang dihitungSetelah menganalisis data, diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test adalah 52,96 dan rata-rata skor post-test adalah 76,67. Nilai signifikansi yang dihitung
USDUSD Penelitian ini menunjukkan bahwa calon guru bahasa asing dapat membentuk identitas profesional mereka sendiri meskipun dalam tahap awal praktik mengajar.identitasPenelitian ini menunjukkan bahwa calon guru bahasa asing dapat membentuk identitas profesional mereka sendiri meskipun dalam tahap awal praktik mengajar.identitas
USDUSD Namun, warisan ini tidak lagi dikenali oleh generasi muda. Modernisasi, teknologi, dan kedatangan penduduk baru diduga menjadi latar belakangnya. SebagaiNamun, warisan ini tidak lagi dikenali oleh generasi muda. Modernisasi, teknologi, dan kedatangan penduduk baru diduga menjadi latar belakangnya. Sebagai
USDUSD Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis tindak tutur dalam teks dan menganalisis perspektif yang berbeda mengenai makna “sangat menyesalPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis tindak tutur dalam teks dan menganalisis perspektif yang berbeda mengenai makna “sangat menyesal
Useful /
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Menurut hasil penelitian ini penggunaan strategi GIST dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil Paired SampleMenurut hasil penelitian ini penggunaan strategi GIST dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil Paired Sample
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Jumlah sampel adalah 20 siswa dari kelas Sebelas IPS 4. Penulis menggunakan aplikasi SPPS v. 25 dalam melakukan analisis data. Hasil penelitian ini adalahJumlah sampel adalah 20 siswa dari kelas Sebelas IPS 4. Penulis menggunakan aplikasi SPPS v. 25 dalam melakukan analisis data. Hasil penelitian ini adalah
USDUSD Keempat, peserta memiliki keyakinan bahwa sebagai seorang guru, mereka memiliki peran yang fleksibel. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalamKeempat, peserta memiliki keyakinan bahwa sebagai seorang guru, mereka memiliki peran yang fleksibel. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam
USDUSD Karena simulasi merepresentasikan kejadian nyata, simulasi mendorong mahasiswa untuk menerapkan pendekatan, metode, dan teknik yang dipelajari berdasarkanKarena simulasi merepresentasikan kejadian nyata, simulasi mendorong mahasiswa untuk menerapkan pendekatan, metode, dan teknik yang dipelajari berdasarkan