IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI

Infinity JournalInfinity Journal

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif gaya kognitif terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah geometri. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma Tahun Akademik 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma semester IV B dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes psikiatrik GEFT dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif gaya kognitif terhadap hasil belajar mata kuliah geometri mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma Klaten dengan koefisien determinasi diperoleh r² = 0,6209. Ini berarti bahwa, meningkat atau menurunnya hasil belajar 62,09% dapat dijelaskan oleh gaya kognitif mahasiswa melalui hubungan linear. Sedangkan 37,91% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari 17 sampel yang diambil, mahasiswa yang termasuk kategori FD sebanyak 4 orang dan termasuk kategori FI sebanyak 13 orang. Nilai rata-rata THB kategori FD 16 dan kategori FI 59,5385; yang berarti bahwa mahasiswa FI mempunyai hasil belajar yang lebih baik daripada mahasiswa FD.

Terdapat korelasi positif antara gaya kognitif dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma pada mata kuliah geometri.Koefisien determinasi sebesar 62,09% menunjukkan bahwa gaya kognitif memengaruhi hasil belajar melalui persamaan regresi linear.Faktor lain yang tidak terukur dalam penelitian ini berkontribusi sebesar 37,91% terhadap hasil belajar.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji efektivitas strategi pengajaran yang disesuaikan dengan gaya kognitif mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri di perguruan tinggi. Selain itu, perlu diteliti pengaruh gaya kognitif pada hasil belajar geometri di tingkat pendidikan dasar dan menengah untuk membandingkan pola korelasi dengan pendidikan tinggi. Penelitian juga dapat dikembangkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang memengaruhi 37,91% variasi hasil belajar, seperti motivasi belajar, metode pembelajaran, atau lingkungan akademik, sehingga dapat dirancang intervensi holistik untuk meningkatkan prestasi akademik.

  1. Infinity Journal. correlation cognitive style students learning achievement geometry subject infinity... doi.org/10.22460/infinity.v7i1.p35-44Infinity Journal correlation cognitive style students learning achievement geometry subject infinity doi 10 22460 infinity v7i1 p35 44
  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
  2. #hasil analisis regresi#hasil analisis regresi
File size1.17 MB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test