IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI
Infinity JournalInfinity JournalPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif gaya kognitif terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah geometri. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma Tahun Akademik 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma semester IV B dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes psikiatrik GEFT dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif gaya kognitif terhadap hasil belajar mata kuliah geometri mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma Klaten dengan koefisien determinasi diperoleh r² = 0,6209. Ini berarti bahwa, meningkat atau menurunnya hasil belajar 62,09% dapat dijelaskan oleh gaya kognitif mahasiswa melalui hubungan linear. Sedangkan 37,91% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari 17 sampel yang diambil, mahasiswa yang termasuk kategori FD sebanyak 4 orang dan termasuk kategori FI sebanyak 13 orang. Nilai rata-rata THB kategori FD 16 dan kategori FI 59,5385; yang berarti bahwa mahasiswa FI mempunyai hasil belajar yang lebih baik daripada mahasiswa FD.
Terdapat korelasi positif antara gaya kognitif dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma pada mata kuliah geometri.Koefisien determinasi sebesar 62,09% menunjukkan bahwa gaya kognitif memengaruhi hasil belajar melalui persamaan regresi linear.Faktor lain yang tidak terukur dalam penelitian ini berkontribusi sebesar 37,91% terhadap hasil belajar.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji efektivitas strategi pengajaran yang disesuaikan dengan gaya kognitif mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri di perguruan tinggi. Selain itu, perlu diteliti pengaruh gaya kognitif pada hasil belajar geometri di tingkat pendidikan dasar dan menengah untuk membandingkan pola korelasi dengan pendidikan tinggi. Penelitian juga dapat dikembangkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang memengaruhi 37,91% variasi hasil belajar, seperti motivasi belajar, metode pembelajaran, atau lingkungan akademik, sehingga dapat dirancang intervensi holistik untuk meningkatkan prestasi akademik.
| File size | 1.17 MB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Program ini berhasil meningkatkan kefasihan, pengucapan, kosakata, dan kepercayaan diri peserta didik, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan signifikanProgram ini berhasil meningkatkan kefasihan, pengucapan, kosakata, dan kepercayaan diri peserta didik, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan signifikan
INTELEKTUALINTELEKTUAL Peneliti juga melakukan wawancara untuk mengidentifikasi kesesuaian antara silabus matakuliah dan pembelajaran di kelas. Wawancara ini melibatkan dosenPeneliti juga melakukan wawancara untuk mengidentifikasi kesesuaian antara silabus matakuliah dan pembelajaran di kelas. Wawancara ini melibatkan dosen
INTELEKTUALINTELEKTUAL Dengan demikian, pembelajaran PLH diharapkan dapat menghasilkan inovasi yang menyenangkan dan menarik bagi siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan kreativitasDengan demikian, pembelajaran PLH diharapkan dapat menghasilkan inovasi yang menyenangkan dan menarik bagi siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan kreativitas
INTELEKTUALINTELEKTUAL Gagal memahami kebutuhan sesi dapat mengurangi minat belajar siswa. Disarankan bahwa prinsip penetapan tujuan pembelajaran dapat menjadi alat bantu kuatGagal memahami kebutuhan sesi dapat mengurangi minat belajar siswa. Disarankan bahwa prinsip penetapan tujuan pembelajaran dapat menjadi alat bantu kuat
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kegiatan ini juga mengungkap peran kuat orang tua dan keluarga dalam membentuk aspirasi peserta didik, yang seringkali menimbulkan kesenjangan antara bakatKegiatan ini juga mengungkap peran kuat orang tua dan keluarga dalam membentuk aspirasi peserta didik, yang seringkali menimbulkan kesenjangan antara bakat
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Edukasi gizi yang diberikan meningkatkan pengetahuan ibu hamil dan orang tua balita mengenai pola makan seimbang serta pemanfaatan pangan lokal. KegiatanEdukasi gizi yang diberikan meningkatkan pengetahuan ibu hamil dan orang tua balita mengenai pola makan seimbang serta pemanfaatan pangan lokal. Kegiatan
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI 05 and df = 1. 995, leading to the rejection of the null hypothesis. The research concluded that there is a significant difference in mathematics achievement05 and df = 1. 995, leading to the rejection of the null hypothesis. The research concluded that there is a significant difference in mathematics achievement
INTELEKTUALINTELEKTUAL Dalam penelitian ini, sebuah alat berbasis komputer untuk penilaian PBL (CAPBLAT) dikembangkan. Alat ini dirancang untuk membantu dosen dalam proses pengajaranDalam penelitian ini, sebuah alat berbasis komputer untuk penilaian PBL (CAPBLAT) dikembangkan. Alat ini dirancang untuk membantu dosen dalam proses pengajaran