INTELEKTUALINTELEKTUAL

0

Studi deskriptif telah dilakukan pada profil SMP yang ada di Jawa Barat tentang Lingkungan Belajar Pendidikan. Penelitian dilakukan dengan purposive sampling dan deskriptif untuk mendapatkan gambaran tentang profil SMP dalam implementasi lingkungan belajar di Jawa Barat. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, dan observasi berdasarkan indikator yang dikembangkan. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa, PLH pembelajaran di SMP di Jawa Barat telah berlaku sejak tahun 2007 setelah pengesahan Gubernur Jawa Barat tentang pendidikan lingkungan untuk siswa SMP di Jawa Barat. Pembelajaran yang umumnya diimplementasikan secara konvensional oleh guru, dan tanpa inovasi apa pun. Hal ini telah membuat kondisi esensial pembelajaran berjalan dengan baik, tetapi belum berlangsung secara optimal.

PLH merupakan bidang studi yang mempelajari persatuan dengan segala sesuatu di ruang, kekuatan, dan keadaan hidup termasuk manusia dan perilaku yang memengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya.Secara filosofis, lingkungan itu dengan hormat terhadap permukaan bumi sebagai referensi, dan aktivitas manusia apa pun (Stapp & Swan, 1974.PLH pembelajaran di sekolah bertujuan untuk mencapai target sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.Dengan demikian, pembelajaran PLH diharapkan dapat menghasilkan inovasi yang menyenangkan dan menarik bagi siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan kreativitas mereka dalam mengembangkan pengetahuan, sikap, nilai-nilai, dan perilaku yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Berdasarkan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan untuk memperdalam pemahaman dan meningkatkan efektivitas pembelajaran PLH di sekolah. Pertama, perlu dilakukan penelitian kualitatif mendalam untuk mengeksplorasi persepsi dan pengalaman siswa terhadap pembelajaran PLH yang menyenangkan dan kreatif, dengan fokus pada faktor-faktor yang memengaruhi motivasi dan keterlibatan mereka. Kedua, penelitian kuantitatif dapat dilakukan untuk menguji efektivitas berbagai model pembelajaran PLH, seperti pendekatan berbasis proyek atau pembelajaran berbasis masalah, dalam meningkatkan pemahaman konsep lingkungan dan perilaku pro-lingkungan siswa. Ketiga, penelitian komparatif dapat dilakukan untuk membandingkan implementasi PLH di berbagai sekolah dengan karakteristik yang berbeda, seperti lokasi geografis atau tingkat sosial ekonomi, untuk mengidentifikasi praktik-praktik terbaik dan tantangan yang dihadapi.

File size32.83 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test