INTELEKTUALINTELEKTUAL
0Penelitian mengungkapkan bahwa les privat setelah jam sekolah memainkan peran penting dalam memperkuat dan meningkatkan prestasi akademik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh les privat terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran matematika di tingkat sekolah menengah pertama. Populasi penelitian adalah seluruh siswa sekolah menengah pertama di Divisi Kohat (Pakistan). Penelitian ini dibatasi pada siswa Sekolah Menengah Atas Pemerintah Ahmadi Banda Karak saja. Lima puluh siswa kelas 09 dipilih sebagai sampel penelitian. Sampel siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan menyamakan mereka berdasarkan pengetahuan sebelumnya mereka dalam mata pelajaran matematika seperti yang ditentukan melalui tes awal. Setiap kelompok terdiri dari 25 siswa. Siswa kelompok eksperimen mengikuti les selama dua jam setelah jam sekolah. Penelitian ini bersifat eksperimen, oleh karena itu, “Desain Kelompok Setara Tes Awal-Tes Akhir digunakan untuk pengumpulan data. Alat statistik yaitu mean, standar deviasi, dan selisih mean dihitung untuk setiap kelompok. Signifikansi perbedaan antara skor mean kedua kelompok eksperimen dan kontrol pada variabel skor tes awal dan tes akhir diuji pada tingkat 0,05 dengan menerapkan uji-t. Setelah analisis statistik data, para peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran matematika di tingkat sekolah menengah pertama. Berdasarkan temuan tersebut, direkomendasikan agar orang tua mengatur les privat untuk anak-anak mereka untuk meningkatkan tingkat prestasi mereka dalam mata pelajaran matematika.
Setelah analisis statistik data, para peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran matematika di tingkat sekolah menengah pertama.Les privat sangat efektif dalam meningkatkan tingkat prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika.Selain itu, ditemukan bahwa les lebih efektif dalam mengklarifikasi konsep-konsep sulit siswa dalam mata pelajaran matematika.Singkatnya, dapat disimpulkan bahwa les privat memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran matematika di tingkat sekolah menengah pertama.
Berdasarkan latar belakang, metode, hasil, keterbatasan, dan saran penelitian lanjutan, berikut adalah beberapa saran penelitian lanjutan yang baru: Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menginvestigasi efektivitas berbagai metode pengajaran matematika, seperti pembelajaran berbasis proyek atau pendekatan STEM, dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan les privat, seperti kualifikasi tutor, metode pengajaran, dan interaksi siswa-tutor, untuk memberikan panduan bagi orang tua dan penyedia les. Ketiga, penting untuk meneliti dampak les privat terhadap kesejahteraan emosional dan sosial siswa, termasuk tingkat stres, motivasi, dan hubungan dengan teman sebaya, untuk memastikan bahwa les tidak berdampak negatif pada perkembangan holistik mereka. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang peran les privat dalam pendidikan dan mengembangkan strategi untuk memaksimalkan manfaatnya sambil meminimalkan potensi kerugiannya. Penelitian ini akan memberikan wawasan berharga bagi pembuat kebijakan, pendidik, dan orang tua dalam membuat keputusan yang tepat tentang dukungan pendidikan tambahan untuk siswa.
| File size | 88.46 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kendala utama adalah rendahnya kesadaran siswa mengenai pentingnya asesmen non-kognitif serta keterbatasan waktu untuk pendampingan individual. BerdasarkanKendala utama adalah rendahnya kesadaran siswa mengenai pentingnya asesmen non-kognitif serta keterbatasan waktu untuk pendampingan individual. Berdasarkan
MAHADEWAMAHADEWA Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika diperoleh skor rata-rata menulis siswa minimal berada padaData yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika diperoleh skor rata-rata menulis siswa minimal berada pada
MAHADEWAMAHADEWA Data awal menunjukkan kelas XII MIPA 3 memiliki persentase kemampuan berpikir kreatif 32,05% (kurang kreatif) dengan rata-rata 63,98 di bawah kriteriaData awal menunjukkan kelas XII MIPA 3 memiliki persentase kemampuan berpikir kreatif 32,05% (kurang kreatif) dengan rata-rata 63,98 di bawah kriteria
MAHADEWAMAHADEWA Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualiztion pada pembelajaranBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualiztion pada pembelajaran
Useful /
MAHADEWAMAHADEWA Implementasi model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Kuta Selatan melalui pengawasanImplementasi model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Kuta Selatan melalui pengawasan
MAHADEWAMAHADEWA Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasilBerdasarkan hasil analisis data dan interpretasi penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian ini memiliki implikasi adanya peningkatan kinerja dan professionalisme konselor dan respon dari klien untuk berubah perilaku berisiko. HasilPenelitian ini memiliki implikasi adanya peningkatan kinerja dan professionalisme konselor dan respon dari klien untuk berubah perilaku berisiko. Hasil
INTELEKTUALINTELEKTUAL Oleh karena itu, disimpulkan bahwa penggunaan simulasi dalam kelas bahasa Inggris menjanjikan karena memberikan pembelajar kesempatan untuk berlatih bahasaOleh karena itu, disimpulkan bahwa penggunaan simulasi dalam kelas bahasa Inggris menjanjikan karena memberikan pembelajar kesempatan untuk berlatih bahasa