INTELEKTUALINTELEKTUAL
0Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) merupakan metode desain instruksional yang digunakan oleh banyak dosen untuk membuat pengalaman belajar lebih efisien dan bermakna. PBL menekankan dosen untuk memfasilitasi pembelajaran kolaboratif. Mereka secara konvensional memainkan peran kecil dalam proses penilaian secara formal. Peer-assessment dan self-assessment adalah metode yang paling sering digunakan oleh dosen dalam penilaian di PBL. Makalah ini menyajikan penerimaan pengujian terhadap alat berbasis komputer untuk peer-assessment dan self-assessment dalam metode pendekatan PBL, yang disebut Alat bantu Komputer untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (CAPBLAT). Dimana alat ini dirancang untuk membantu dosen melakukan pengajaran dengan metode PBL dan membantu menilai mahasiswa dalam proses belajarnya. Sebanyak empat puluh mahasiswa berpartisipasi dalam uji alat ini. Selama penelitian, kuesioner diberikan kepada mahasiswa. Hasil mengenai penerimaan alat penilaian menunjukkan bahwa menggunakan CAPBLAT dalam proses penilaian PBL mendapat penerimaan yang lebih baik dari dosen maupun dari mahasiswa.
Dalam penelitian ini, sebuah alat berbasis komputer untuk penilaian PBL (CAPBLAT) dikembangkan.Alat ini dirancang untuk membantu dosen dalam proses pengajaran PBL dan menilai kemajuan belajar mahasiswa.Hasil studi menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan umpan balik positif terhadap penggunaan CAPBLAT, menyatakan bahwa alat ini berguna, mudah digunakan, dan mereka memiliki sikap positif terhadap penggunaannya.
Penelitian lanjutan dapat mengembangkan CAPBLAT dengan menambahkan fitur-fitur baru seperti analisis prediktif untuk memprediksi kinerja mahasiswa berdasarkan data historis. Selain itu, perlu dilakukan studi lebih lanjut untuk menguji efektivitas CAPBLAT dalam berbagai konteks pembelajaran, termasuk pembelajaran jarak jauh. Terakhir, penelitian dapat fokus pada pengembangan alat yang lebih interaktif untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses penilaian diri dan penilaian sejawat.
| File size | 608.42 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penggunaan model kartu terbukti meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi bilangan bulat, terbukti dari kenaikan rata-rata skor dari 7,40 pada siklusPenggunaan model kartu terbukti meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi bilangan bulat, terbukti dari kenaikan rata-rata skor dari 7,40 pada siklus
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penerapan prinsip penetapan tujuan dalam pembelajaran di kelas dapat meningkatkan efektivitas aktivitas belajar mengajar. Guru perlu memahami konsep teoriPenerapan prinsip penetapan tujuan dalam pembelajaran di kelas dapat meningkatkan efektivitas aktivitas belajar mengajar. Guru perlu memahami konsep teori
INTELEKTUALINTELEKTUAL Tujuan dari paper ini adalah untuk menyelidiki efek pembelajaran bahasa berbasis simulasi virtual di kelas bahasa asing di Korea. Total 35 mahasiswa tahunTujuan dari paper ini adalah untuk menyelidiki efek pembelajaran bahasa berbasis simulasi virtual di kelas bahasa asing di Korea. Total 35 mahasiswa tahun
INTELEKTUALINTELEKTUAL Peneliti juga melakukan wawancara untuk mengidentifikasi kesesuaian antara silabus matakuliah dan pembelajaran di kelas. Wawancara ini melibatkan dosenPeneliti juga melakukan wawancara untuk mengidentifikasi kesesuaian antara silabus matakuliah dan pembelajaran di kelas. Wawancara ini melibatkan dosen
Useful /
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma Tahun Akademik 2015/2016. Sampel penelitianPopulasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma Tahun Akademik 2015/2016. Sampel penelitian
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi level perkembangan berpikir geometri mahasiswa prodi pendidikan matematika UAD berdasarkan teori van Hiele.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi level perkembangan berpikir geometri mahasiswa prodi pendidikan matematika UAD berdasarkan teori van Hiele.
INTELEKTUALINTELEKTUAL Hasil tersebut menunjukkan bahwa program mentoring berperan sebagai prediktor penting kinerja akademik mentee dalam sampel organisasi. Dengan demikian,Hasil tersebut menunjukkan bahwa program mentoring berperan sebagai prediktor penting kinerja akademik mentee dalam sampel organisasi. Dengan demikian,
INTELEKTUALINTELEKTUAL PLH pembelajaran di sekolah bertujuan untuk mencapai target sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikian, pembelajaran PLH diharapkan dapatPLH pembelajaran di sekolah bertujuan untuk mencapai target sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikian, pembelajaran PLH diharapkan dapat