INTELEKTUALINTELEKTUAL

0

Teori penetapan tujuan telah digunakan secara luas dalam pengaturan pendidikan sebagai pendekatan yang dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran di kelas. Studi ini mengeksplorasi implementasi prinsip penetapan tujuan dalam pembelajaran di kelas. Observasi dilakukan pada satu kelas tahun kelima di sebuah sekolah dasar di Johor Bahru, Malaysia. Analisis menunjukkan bahwa pemahaman jelas tentang prinsip penetapan tujuan oleh guru dapat meningkatkan aktivitas belajar mengajar. Siswa lebih termotivasi karena pembelajaran menjadi lebih jelas dan terlihat. Gagal memahami kebutuhan sesi dapat mengurangi minat belajar siswa. Disarankan bahwa prinsip penetapan tujuan pembelajaran dapat menjadi alat bantu kuat bagi guru di kelas.

Penerapan prinsip penetapan tujuan dalam pembelajaran di kelas dapat meningkatkan efektivitas aktivitas belajar mengajar.Guru perlu memahami konsep teori penetapan tujuan sebelum merencanakan strategi pembelajaran.Pemahaman yang jelas tentang prinsip ini membuat sesi belajar lebih menarik dan aktif, serta meningkatkan motivasi siswa.Prinsip ini juga membantu siswa memahami tujuan pembelajaran dengan lebih baik, sehingga meningkatkan prestasi akademik mereka.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi dampak penggunaan teknologi digital dalam menerapkan prinsip penetapan tujuan di kelas, seperti penggunaan aplikasi interaktif untuk memperkuat motivasi belajar. Selain itu, peneliti bisa membandingkan efektivitas pendekatan TARGET dengan metode lain dalam konteks budaya pendidikan Asia Tenggara. Penelitian juga bisa fokus pada pengembangan strategi khusus untuk siswa dengan kemampuan berbeda, seperti memadukan pembelajaran berbasis proyek dengan prinsip penetapan tujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa yang kurang aktif. Ketiga saran ini bertujuan untuk memperluas penerapan teori penetapan tujuan dalam lingkungan pendidikan yang lebih dinamis dan inklusif, sekaligus mengatasi tantangan dalam diversifikasi kemampuan siswa.

  1. #teaching methods#teaching methods
File size69.33 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test