KJPUPIKJPUPI

Indonesian Journal of Science and TechnologyIndonesian Journal of Science and Technology

Masalah penelitian berfokus pada perlunya meningkatkan kemampuan berpikir komputasi (CT) siswa, yang penting bagi keberhasilan mereka saat ini dan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan kemampuan CT siswa kelas tujuh sekolah menengah pertama. Studi ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol diberikan instruksi matematika konvensional melalui metode pengajaran yang telah mapan, sementara kelompok eksperimen diberikan pembelajaran matematika yang ditingkatkan dengan media AR. Penelitian ini melibatkan 160 siswa dari empat sekolah menengah pertama di salah satu kota di Indonesia. Tes kemampuan CT yang terdiri dari lima soal digunakan sebagai instrumen penelitian. Uji perbedaan rata-rata digunakan untuk menganalisis data dan membandingkan kinerja kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media AR secara efektif meningkatkan keterampilan CT siswa remaja kelas tujuh di sekolah menengah. Hasil ini membantu menciptakan pendekatan pengajaran baru dan menekankan potensi teknologi AR dalam pendidikan matematika.

Penggunaan media augmented reality terbukti secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa kelas tujuh dalam pembelajaran matematika geometri.Meskipun efektif, media AR dalam penelitian ini masih memiliki kekurangan seperti pergerakan gambar yang tidak stabil dan kombinasi warna yang kurang menarik.Saran untuk penelitian lanjutan mencakup perlunya sampel yang lebih seimbang secara gender, peningkatan kualitas tampilan media AR, serta pengujian cakupan materi dan durasi intervensi yang lebih luas.

Pertama, perlu dikembangkan penelitian yang mengevaluasi efektivitas AR berdasarkan jenis kelamin siswa, untuk mengetahui apakah media ini lebih efektif bagi siswa laki-laki atau perempuan, mengingat dominasi sampel perempuan dalam studi ini. Kedua, sebaiknya dirancang AR dengan interaktivitas yang lebih tinggi dan tampilan visual yang lebih menarik, termasuk stabilitas gambar yang lebih baik dan kombinasi warna yang lebih menarik, untuk meningkatkan keterlibatan semua jenis siswa. Ketiga, diperlukan studi lanjutan yang menguji penerapan AR tidak hanya pada materi geometri datar, tetapi juga pada topik matematika lainnya serta dalam jangka waktu yang lebih panjang, untuk menilai dampak jangka panjang dan generalisasi efektivitas AR dalam mengembangkan berpikir komputasi di berbagai konteks pembelajaran matematika.

  1. Augmented Reality for Cultivating Computational Thinking Skills in Mathematics Completed with Literature... doi.org/10.17509/ijost.v9i1.67258Augmented Reality for Cultivating Computational Thinking Skills in Mathematics Completed with Literature doi 10 17509 ijost v9i1 67258
  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
File size1.1 MB
Pages36
DMCAReportReport

ads-block-test