INTELEKTUALINTELEKTUAL
0Dari pengalaman menguji skripsi enam orang mahasiswa/i PGSD, mengajar mata kuliah metode penelitian dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti mengidentifikasi bahwa logika penelitian dan logika berbahasa menjadi kendala terbesar mahasiswa untuk menulis skripsi. Dari temuan tersebut, peneliti terdorong untuk mengidentifikasi matakuliah yang berpotensi memberikan kontribusi kepada mahasiswa dalam penulisan skripsi berikut materinya. Untuk mengidentifikasi, peneliti melakukan studi kepustakaan. Peneliti juga melakukan wawancara untuk mengidentifikasi kesesuaian antara silabus matakuliah dan pembelajaran di kelas. Wawancara ini melibatkan dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa/i peserta kuliah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa matakuliah logika, menulis akademik, statistik, metodologi penelitian dan penelitian tindakan kelas adalah matakuliah yang mempunyai potensi untuk membantu mahasiswa menulis skripsi. Isi materi perkuliahan juga sudah cukup membantu. Akan tetapi, perlu studi lebih lanjut mengapa materi tersebut masih belum dapat dipahami dengan baik oleh mahasiswa.
Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, mata kuliah dalam program studi memiliki potensi untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menulis laporan penelitian mereka, baik secara utama maupun minor.Namun, silabus, materi pembelajaran, dan praktik pembelajaran perlu diteliti lebih lanjut agar materi yang ditawarkan kepada mahasiswa dapat membantu mahasiswa menulis laporan penelitian mereka secara lebih efektif dan efisien.Pada dasarnya, materi dalam mata kuliah tersebut umumnya sudah tersusun dengan baik.Akan tetapi, kendala waktu dan pengetahuan latar belakang mahasiswa menjadi perhatian yang signifikan.
Berdasarkan temuan penelitian ini, studi lanjutan perlu dilakukan untuk menggali lebih dalam faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa masih mengalami kesulitan memahami materi perkuliahan yang sebenarnya sudah relevan. Penelitian dapat difokuskan pada identifikasi gaya belajar mahasiswa dan penyesuaian metode pengajaran yang lebih personal. Selain itu, penting untuk meneliti efektivitas penggunaan studi kasus atau simulasi penelitian dalam membantu mahasiswa mengaplikasikan konsep-konsep teoritis ke dalam praktik penulisan skripsi. Terakhir, penelitian dapat diarahkan untuk mengembangkan modul pembelajaran yang lebih komprehensif dan mudah dipahami, yang secara khusus membahas logika penelitian dan keterampilan berbahasa akademik yang dibutuhkan dalam penulisan laporan penelitian, dengan mempertimbangkan tingkat pemahaman awal mahasiswa dan menyediakan latihan-latihan yang relevan.
| File size | 86.27 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Penelitian ini menyelidiki dampak program English Camp terhadap peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris pada SMA Negeri 11 Luwu, Indonesia. ProgramPenelitian ini menyelidiki dampak program English Camp terhadap peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris pada SMA Negeri 11 Luwu, Indonesia. Program
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman sains, kepercayaan, sikap, dan efikasi diri calon guru sains dasar saling terkait dan dipengaruhi oleh pengalamanPenelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman sains, kepercayaan, sikap, dan efikasi diri calon guru sains dasar saling terkait dan dipengaruhi oleh pengalaman
INTELEKTUALINTELEKTUAL Selain itu, simulasi memberikan pembelajar dorongan motivasi yang kuat untuk belajar bahasa Inggris secara umum. Kesimpulannya, salah satu keuntungan terbesarSelain itu, simulasi memberikan pembelajar dorongan motivasi yang kuat untuk belajar bahasa Inggris secara umum. Kesimpulannya, salah satu keuntungan terbesar
INTELEKTUALINTELEKTUAL Populasi penelitian adalah seluruh siswa sekolah menengah pertama di Divisi Kohat (Pakistan). Penelitian ini dibatasi pada siswa Sekolah Menengah AtasPopulasi penelitian adalah seluruh siswa sekolah menengah pertama di Divisi Kohat (Pakistan). Penelitian ini dibatasi pada siswa Sekolah Menengah Atas
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Hasil menunjukkan prevalensi stunting relatif rendah, namun masih terdapat kendala ekonomi dan keterbatasan akses pangan bergizi. Edukasi gizi yang diberikanHasil menunjukkan prevalensi stunting relatif rendah, namun masih terdapat kendala ekonomi dan keterbatasan akses pangan bergizi. Edukasi gizi yang diberikan
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI Data analysis used a t-test at a significance level of α = 5%. The results showed a significant difference in student achievement in mathematics betweenData analysis used a t-test at a significance level of α = 5%. The results showed a significant difference in student achievement in mathematics between
INTELEKTUALINTELEKTUAL Teori penetapan tujuan telah digunakan secara luas dalam pengaturan pendidikan sebagai pendekatan yang dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran di kelas.Teori penetapan tujuan telah digunakan secara luas dalam pengaturan pendidikan sebagai pendekatan yang dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran di kelas.
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penggunaan model kartu terbukti meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi bilangan bulat, terbukti dari kenaikan rata-rata skor dari 7,40 pada siklusPenggunaan model kartu terbukti meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi bilangan bulat, terbukti dari kenaikan rata-rata skor dari 7,40 pada siklus