INTELEKTUALINTELEKTUAL

0

Dari pengalaman menguji skripsi enam orang mahasiswa/i PGSD, mengajar mata kuliah metode penelitian dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti mengidentifikasi bahwa logika penelitian dan logika berbahasa menjadi kendala terbesar mahasiswa untuk menulis skripsi. Dari temuan tersebut, peneliti terdorong untuk mengidentifikasi matakuliah yang berpotensi memberikan kontribusi kepada mahasiswa dalam penulisan skripsi berikut materinya. Untuk mengidentifikasi, peneliti melakukan studi kepustakaan. Peneliti juga melakukan wawancara untuk mengidentifikasi kesesuaian antara silabus matakuliah dan pembelajaran di kelas. Wawancara ini melibatkan dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa/i peserta kuliah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa matakuliah logika, menulis akademik, statistik, metodologi penelitian dan penelitian tindakan kelas adalah matakuliah yang mempunyai potensi untuk membantu mahasiswa menulis skripsi. Isi materi perkuliahan juga sudah cukup membantu. Akan tetapi, perlu studi lebih lanjut mengapa materi tersebut masih belum dapat dipahami dengan baik oleh mahasiswa.

Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, mata kuliah dalam program studi memiliki potensi untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menulis laporan penelitian mereka, baik secara utama maupun minor.Namun, silabus, materi pembelajaran, dan praktik pembelajaran perlu diteliti lebih lanjut agar materi yang ditawarkan kepada mahasiswa dapat membantu mahasiswa menulis laporan penelitian mereka secara lebih efektif dan efisien.Pada dasarnya, materi dalam mata kuliah tersebut umumnya sudah tersusun dengan baik.Akan tetapi, kendala waktu dan pengetahuan latar belakang mahasiswa menjadi perhatian yang signifikan.

Berdasarkan temuan penelitian ini, studi lanjutan perlu dilakukan untuk menggali lebih dalam faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa masih mengalami kesulitan memahami materi perkuliahan yang sebenarnya sudah relevan. Penelitian dapat difokuskan pada identifikasi gaya belajar mahasiswa dan penyesuaian metode pengajaran yang lebih personal. Selain itu, penting untuk meneliti efektivitas penggunaan studi kasus atau simulasi penelitian dalam membantu mahasiswa mengaplikasikan konsep-konsep teoritis ke dalam praktik penulisan skripsi. Terakhir, penelitian dapat diarahkan untuk mengembangkan modul pembelajaran yang lebih komprehensif dan mudah dipahami, yang secara khusus membahas logika penelitian dan keterampilan berbahasa akademik yang dibutuhkan dalam penulisan laporan penelitian, dengan mempertimbangkan tingkat pemahaman awal mahasiswa dan menyediakan latihan-latihan yang relevan.

  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
File size86.27 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test