IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI
Infinity JournalInfinity JournalPenelitian tentang literasi matematika telah dilakukan, tetapi literasi matematika dalam kerangka kesadaran metakognitif belum banyak dieksplorasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis literasi matematika dengan memperhatikan kesadaran metakognitif siswa. Metode yang digunakan bersifat kualitatif, mengandalkan tes literasi matematika dan kuesioner Metacognitive Awareness Inventory (MAI). Sampel terdiri dari 49 mahasiswa matematika pendidikan di Universitas Negeri Semarang, yang dibagi menjadi tiga kelompok berpola metakognisi tinggi, sedang, dan rendah. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa dengan kesadaran metakognisi tinggi dapat menyelesaikan semua indikator literasi matematika, termasuk evaluasi hasil, sementara siswa dengan kesadaran sedang hanya dapat menyusun rencana pembelajaran matematika dan menerapkan strategi. Referensi penting dalam pengukuran kesadaran metakognitif diambil dari karya Schraw & Dennison (1994).
Siswa dengan kesadaran metakognisi tinggi mampu menindaklanjuti semua indikator literasi matematika, termasuk evaluasi hasil, sedangkan siswa dengan kesadaran sedang hanya mampu menyusun rencana penyelesaian masalah.Kesadaran metakognisi yang kuat memfasilitasi proses perencanaan, pengawasan, dan evaluasi yang terus menerus.Penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan kesadaran metakognisi sebagai sarana meningkatkan literasi matematika secara komprehensif.
Pertama, lakukan penelitian eksperimental untuk menilai dampak penggunaan tugas refleksi metakognitif dengan scaffolding terhadap peningkatan literasi matematika siswa. Kedua, manfaatkan platform pembelajaran digital untuk memantau proses berpikir real‑time dan mengumpulkan data kuesioner makro‑dan mikro‑metakognisi guna mengidentifikasi strategi paling efektif. Ketiga, lakukan studi kualitatif berbasis action research bagi guru matematika untuk menilai dampak pelatihan intensif integrasi strategi metakognitif dalam kurikulum kelas menengah atas. Dengan kombinasi metode eksperimen, analisis data digital, dan action research, hasilnya akan memberikan rekomendasi konkret bagi peningkatan materi ajar dan pelatihan guru di masa depan.
- Infinity Journal. developing patterns students mathematical literacy processes insights cognitive load... e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/4114Infinity Journal developing patterns students mathematical literacy processes insights cognitive load e journal stkipsiliwangi ac index php infinity article view 4114
- Infinity Journal. bridging language mathematical symbols teachers students effort increase literacy infinity... doi.org/10.22460/infinity.v13i1.p251-270Infinity Journal bridging language mathematical symbols teachers students effort increase literacy infinity doi 10 22460 infinity v13i1 p251 270
- Metacognitive Awareness and Critical Thinking Abilities of Pre-service EFL Teachers | Cakici | Journal... doi.org/10.5539/jel.v7n5p116Metacognitive Awareness and Critical Thinking Abilities of Pre service EFL Teachers Cakici Journal doi 10 5539 jel v7n5p116
- Effects of Regulatory Self–Questioning on Secondary–Level Students’ Problem–Solving... jae-online.org/index.php/jae/article/view/566Effects of Regulatory SelfAeQuestioning on SecondaryAeLevel StudentsAo ProblemAeSolving jae online index php jae article view 566
- Infinity Journal. students mathematical literacy terms awareness infinity journal plugins themes bootstrap3... doi.org/10.22460/infinity.v14i4.p839-860Infinity Journal students mathematical literacy terms awareness infinity journal plugins themes bootstrap3 doi 10 22460 infinity v14i4 p839 860
| File size | 776.52 KB |
| Pages | 22 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 30,65% mahasiswa pada level pravisualisasi, 21,51% mahasiswa pada level visualisasi, 29,03% mahasiswa padaHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 30,65% mahasiswa pada level pravisualisasi, 21,51% mahasiswa pada level visualisasi, 29,03% mahasiswa pada
IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan problem posing dan disposisi matematis siswa dengan Strategi Formulate-Share-Listen-CreatePenelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan problem posing dan disposisi matematis siswa dengan Strategi Formulate-Share-Listen-Create
MAHADEWAMAHADEWA Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas XII MIPA 3 SMAN 2 Kuta pada materi Limit Fungsi Trigonometri. Data dikumpulkan melalui tes uraian matematika danSubjek penelitian adalah 40 siswa kelas XII MIPA 3 SMAN 2 Kuta pada materi Limit Fungsi Trigonometri. Data dikumpulkan melalui tes uraian matematika dan
INTELEKTUALINTELEKTUAL Guru perlu memahami konsep teori penetapan tujuan sebelum merencanakan strategi pembelajaran. Pemahaman yang jelas tentang prinsip ini membuat sesi belajarGuru perlu memahami konsep teori penetapan tujuan sebelum merencanakan strategi pembelajaran. Pemahaman yang jelas tentang prinsip ini membuat sesi belajar
Useful /
STMIKISTMIKI Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh benefits offered dan penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan Mobile bankingPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh benefits offered dan penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan Mobile banking
STMIKISTMIKI Hubungan ini tergolong kuat (R²=0,667), tetapi sisanya dipengaruhi faktor lain. Hasil pengujian menunjukkan kedua variabel berpengaruh secara simultanHubungan ini tergolong kuat (R²=0,667), tetapi sisanya dipengaruhi faktor lain. Hasil pengujian menunjukkan kedua variabel berpengaruh secara simultan
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar fisika siswa dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan aplikasi Unit KegiatanPenelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar fisika siswa dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan aplikasi Unit Kegiatan
INTELEKTUALINTELEKTUAL Pembelajaran operasi bilangan bulat dapat dilakukan dengan menggunakan model kartu sebagai media pembelajaran. Penggunaan model kartu terbukti meningkatkanPembelajaran operasi bilangan bulat dapat dilakukan dengan menggunakan model kartu sebagai media pembelajaran. Penggunaan model kartu terbukti meningkatkan