IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI

Infinity JournalInfinity Journal

Pembelajaran konsep pecahan dapat menjadi salah satu keterampilan yang paling sulit dikuasai oleh siswa sekolah dasar. Pecahan juga dianggap mempengaruhi pengetahuan matematika lainnya, seperti aljabar. Peneliti telah memperkenalkan sebuah inovasi yang disebut Fraction Cipher untuk membantu siswa belajar pecahan. Fraction Cipher adalah sebuah inovasi dalam bidang pendidikan yang melibatkan pembelajaran bahasa Melayu dan Matematika. Penelitian desain digunakan sebagai metode penelitian untuk menyelesaikan masalah ini yang terdiri dari tiga fase: desain awal, eksperimen pengajaran, dan analisis retrospektif. Instrumen yang digunakan adalah cipher pecahan, tes pecahan, dan daftar periksa observasi. Hasil studi komparatif pasangan dengan mengendalikan kesalahan tipe I menggunakan metode Bonferroni menunjukkan bahwa nilai rata-rata pencapaian matematika kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda secara signifikan. Hasil menunjukkan bahwa Fraction Cipher berdampak pada siswa untuk memahami dan menguasai konsep operasi penambahan pecahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini juga menjelaskan strategi Sake-Beda untuk mempermudah siswa menyelesaikan masalah operasi pecahan. Selain itu, studi ini juga menunjukkan perubahan sikap siswa dari negatif menjadi lebih positif. Dengan demikian, siswa memahami dan lebih termotivasi untuk belajar konsep pecahan.

Pembelajaran operasi penambahan dan pengurangan pecahan menggunakan FC berdampak positif pada siswa dalam hal pemahaman, minat, dan motivasi.Studi ini juga membuktikan bahwa konstruksi konsep matematika tidak dipandang sebagai sesuatu yang harus dipindahkan secara pasif, tetapi perlu dibangun oleh siswa secara aktif melalui pengalaman konkret.Secara umum, penelitian ini berhasil menyelesaikan masalah pembelajaran siswa dari aspek pecahan, terutama dalam operasi penambahan dan pengurangan.Melalui pembelajaran berbasis FC, diharapkan enam kesalahan yang sering dilakukan siswa saat menyelesaikan operasi penambahan dan pengurangan pecahan dapat dikurangi.Kesalahan-kesalahan tersebut adalah kurangnya pemahaman tentang proses yang terlibat, kesulitan dalam mengonversi ke penyebut yang sama sebelum melakukan operasi penjumlahan, kesalahan dalam perhitungan, dan kesulitan dalam mengonversi pecahan tidak tepat ke dalam pecahan campuran.FC diharapkan memiliki implikasi positif pada misi dan aspirasi pendidikan Malaysia.

Mengingat pentingnya pemahaman pecahan dalam pendidikan matematika, pertanyaan penelitian selanjutnya yang dapat diusulkan adalah bagaimana penggunaan metode gamifikasi lainnya dapat lebih meningkatkan pemahaman konsep pecahan di kalangan siswa. Selain itu, perlu dilakukan studi lebih lanjut tentang dampak jangka panjang dari penggunaan Fraction Cipher terhadap kemampuan matematis siswa di masa depan, terutama pertumbuhan keterampilan aljabar mereka. Terakhir, penelitian lebih lanjut juga bisa mengeksplorasi penerapan metode Adventure Based Learning dalam konteks yang berbeda atau subjek lainnya untuk melihat apakah pendekatan ini efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berkesan.

  1. Infinity Journal. indonesian elementary school students fraction division problem infinity journal plugins... doi.org/10.22460/infinity.v8i1.p57-74Infinity Journal indonesian elementary school students fraction division problem infinity journal plugins doi 10 22460 infinity v8i1 p57 74
  2. APA PsycNet. psycnet loading doi.org/10.1037/edu0000025APA PsycNet psycnet loading doi 10 1037 edu0000025
  3. Educational Research and Reviews - identifying the concept “fraction”... doi.org/10.5897/ERR2017.3220Educational Research and Reviews identifying the concept yCefractionyCAy doi 10 5897 ERR2017 3220
  4. Do children understand fraction addition? - Braithwaite - 2018 - Developmental Science - Wiley Online... doi.org/10.1111/desc.12601Do children understand fraction addition Braithwaite 2018 Developmental Science Wiley Online doi 10 1111 desc 12601
  1. #minat siswa sekolah#minat siswa sekolah
  2. #fraction cipher#fraction cipher
File size463.48 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test