IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI

Infinity JournalInfinity Journal

Trauma matematika merupakan kondisi mental siswa yang dipicu oleh pengalaman yang membuat mereka kesulitan atau merasa emosional saat menghadapi matematika. Penelitian ini menganalisis trauma matematika siswa berdasarkan tingkat kelas dan jenis kelamin dengan menggunakan metode survei dan pemrosesan data menggunakan Winsteps. Subjek penelitian terdiri dari 204 siswa di setiap kelas Sekolah Menengah Pertama. Kuesioner berisi 20 pernyataan dan mengukur trauma matematika melalui tiga indikator: kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan, kelelahan dalam sistem pembelajaran, dan kesulitan bersosialisasi serta mengatur diri. Analisis Rasch menunjukkan bahwa dua item (I10 dan I7) tidak sesuai, sedangkan item lainnya sesuai. Hasil Wright Maps pada Winsteps menunjukkan persentase siswa laki‑laki yang sangat trauma lebih tinggi dibandingkan perempuan, dan siswa kelas 8 memegang tingkat trauma tertinggi dibandingkan kelas 7 dan 9. Selain itu, kuesioner menunjukkan bahwa siswa lebih memilih kondisi kelas yang memicu trauma matematika.

Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa siswa laki‑laki dan siswa kelas 8 mengalami trauma matematika yang lebih tinggi, kemungkinan disebabkan oleh kondisi kelas yang kurang mendukung.Analisis Rasch mengidentifikasi bahwa item I10 dan I7 tidak memenuhi kriteria kecocokan dan perlu direvisi, sementara lima item lain memenuhi semua kriteria dan dapat dipertahankan.Hasil Wright Maps menunjukkan bahwa tingkat trauma sangat tinggi lebih predominan pada laki‑laki dan pada siswa kelas 8 dibandingkan dengan jenis kelamin dan kelas lainnya.

Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki faktor lingkungan yang memicu trauma matematika melalui observasi kelas dan wawancara mendalam. Penelitian eksperimental dapat menguji efektivitas intervensi psikologi positif pada siswa dengan tingkat trauma tinggi dibandingkan metode pengajaran konvensional. Studi longitudinal selama tiga tahun SMA pertama dapat memantau perubahan trauma dan dampaknya pada prestasi matematika. Analisis kualitatif dengan partisipan siswa dapat memberikan wawasan subjektif tentang pengalaman trauma. Penelitian dapat melibatkan sampel multi sekolah untuk memperluas generalisasi temuan. Evaluasi dampak penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap pengurangan trauma juga dapat dieksplorasi. Menerapkan model pembelajaran kolaboratif dapat dibandingkan efektivitasnya dengan pembelajaran satu‑satu. Pengukuran ulang menggunakan Rasch setelah intervensi dapat menilai perubahan kecocokan item. Mempertimbangkan faktor psikososial, seperti dukungan orang tua dan stigma, dapat memperkaya pemahaman. Terakhir, integrasi pelatihan guru dalam manajemen trauma matematika dapat dievaluasi melalui studi pengembangan program.

  1. Analysis of Mathematical Reasoning Ability of Pre-Service Mathematics Teachers in Solving Algebra Problem... doi.org/10.30998/formatif.v8i2.2333Analysis of Mathematical Reasoning Ability of Pre Service Mathematics Teachers in Solving Algebra Problem doi 10 30998 formatif v8i2 2333
  2. Brief report: Moving prevention into schools: The impact of a trauma‐informed school‐based... onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1016/j.adolescence.2015.05.017Brief report Moving prevention into schools The impact of a traumayAAAainformed schoolyAAAabased onlinelibrary wiley doi 10 1016 j adolescence 2015 05 017
  3. Concentration on Learning Program Development in Islamic Education | Al-Hayat: Journal of Islamic Education.... alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/35Concentration on Learning Program Development in Islamic Education Al Hayat Journal of Islamic Education alhayat index php alhayat article view 35
  4. Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... doi.org/10.1108/IJSE-07-2017-0294Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content doi 10 1108 IJSE 07 2017 0294
  5. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012073Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1315 1 012073
  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
File size395.17 KB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test