OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis melalui metode kajian literatur review. Kajian ini mengidentifikasi berbagai jenis model pembelajaran berbasis digital yang efektif serta merumuskan strategi implementasinya dalam konteks pendidikan sekolah dasar di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menganalisis publikasi ilmiah dari berbagai database akademik dalam rentang waktu 10 tahun terakhir (2015-2025) menggunakan pendekatan PRISMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis digital memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca, mencakup aspek kelancaran (fluency), pemahaman (comprehension), pengembangan kosakata (vocabulary), dan motivasi membaca. Model pembelajaran yang efektif meliputi blended learning, inquiry berbasis literasi digital, dan model pembelajaran dengan dukungan teknologi interaktif seperti e-book, aplikasi membaca, multimedia, serta teknologi AR/VR. Implementasi model pembelajaran digital di sekolah dasar memerlukan infrastruktur yang memadai, kompetensi digital guru, dan strategi integrasi kurikulum yang terencana. Penelitian menyimpulkan bahwa meskipun terdapat tantangan dalam implementasi, dengan pendekatan yang tepat dan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, model pembelajaran berbasis digital dapat diimplementasikan secara efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar di Indonesia. Implikasi dari penelitian ini mencakup pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan teknologi, penguatan kompetensi digital guru, dan optimalisasi peran orangtua dalam mendukung pembelajaran berbasis digital.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis digital memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar, meliputi aspek kelancaran, pemahaman, kosakata, dan motivasi.Implementasi model ini memerlukan prasyarat seperti infrastruktur memadai, kompetensi guru, dan strategi kurikulum yang terencana.Meskipun terdapat tantangan, dengan pendekatan yang tepat dan dukungan pemangku kepentingan, model pembelajaran berbasis digital dapat diimplementasikan secara efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di Indonesia.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk melakukan penelitian longitudinal guna mengevaluasi dampak jangka panjang model pembelajaran digital terhadap kemampuan membaca siswa. Selain itu, perlu dilakukan eksplorasi strategi implementasi model pembelajaran digital yang adaptif, khususnya di daerah dengan keterbatasan infrastruktur teknologi. Penelitian lebih lanjut juga perlu mengembangkan dan memvalidasi instrumen pengukuran yang komprehensif untuk menilai kemampuan membaca dalam konteks pembelajaran digital, serta mengkaji dampak psikologis dan sosial penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran membaca pada anak usia sekolah dasar. Pengembangan model pembelajaran yang mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI), realitas virtual (VR), dan realitas tertambah (AR) juga perlu dieksplorasi untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Terakhir, penelitian perlu mengkaji peran kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan komunitas dalam mendukung pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa secara holistik.
- Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19 | Jurnal Penelitian Inovatif.... jurnal-id.com/index.php/jupin/article/view/39Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID 19 Jurnal Penelitian Inovatif jurnal id index php jupin article view 39
- Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Bidang IT | Jurnal... doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.982Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Bidang IT Jurnal doi 10 59188 jurnalsostech v3i11 982
| File size | 181.36 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | Report |
Related /
IIM JAMBIIIM JAMBI Namun kenyataannya, siswa masih kurang menguasai materi ini karena kesulitan memahamikonsepnya. Kesulitan ini dipengaruhi oleh faktor seperti kurangnyaNamun kenyataannya, siswa masih kurang menguasai materi ini karena kesulitan memahamikonsepnya. Kesulitan ini dipengaruhi oleh faktor seperti kurangnya
UIADUIAD Perubahan adalah perubahan ke arah yang lebih baik, dari tidak tahu menjadi tahu. Dalam belajar terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi siswaPerubahan adalah perubahan ke arah yang lebih baik, dari tidak tahu menjadi tahu. Dalam belajar terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi siswa
IAIQHIAIQH Kemampuan literasi sains siswa di Madrasah Ibtidaiyah Rantok Qamarul Huda berada pada kategori cukup dengan kecenderungan meningkat. Dari 27 siswa, 9 anakKemampuan literasi sains siswa di Madrasah Ibtidaiyah Rantok Qamarul Huda berada pada kategori cukup dengan kecenderungan meningkat. Dari 27 siswa, 9 anak
OJSOJS Pemanfaatan media dalam pembelajaran meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, memperkuat daya ingat siswa, meningkatkan pemahaman, serta menciptakanPemanfaatan media dalam pembelajaran meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, memperkuat daya ingat siswa, meningkatkan pemahaman, serta menciptakan
STITMUBOSTITMUBO Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Penelitian fenomenologi adalah suatu pendekatan penelitian yang memandang kejadianPenelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Penelitian fenomenologi adalah suatu pendekatan penelitian yang memandang kejadian
LENTERANUSALENTERANUSA Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan di SMK Logistik Kabupaten Sumedang dengan tujuan untuk mengevaluasi tingkat pemahaman siswa tentangKegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan di SMK Logistik Kabupaten Sumedang dengan tujuan untuk mengevaluasi tingkat pemahaman siswa tentang
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Kendala seperti jaringan internet, materi kurang menarik, dan kebosanan masih banyak dialami dalam pembelajaran daring. Inovasi digital berbasis e-learningKendala seperti jaringan internet, materi kurang menarik, dan kebosanan masih banyak dialami dalam pembelajaran daring. Inovasi digital berbasis e-learning
UNIDAUNIDA Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dapat dilihat pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan materi bangun datar danPengaruh model pembelajaran berbasis masalah dapat dilihat pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan materi bangun datar dan
Useful /
LENTERANUSALENTERANUSA Survei yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman mahasiswa terhadap konsep blockchain dan pentingnyaSurvei yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman mahasiswa terhadap konsep blockchain dan pentingnya
KJPUPIKJPUPI In a revamping project of a chemical plant, the pinch analysis is applied to find a better design. The analysis reveals that the revamped case can be furtherIn a revamping project of a chemical plant, the pinch analysis is applied to find a better design. The analysis reveals that the revamped case can be further
OJSOJS Dalam penerapannya, media interaktif seperti wardwall digunakan untuk mendukung kolaborasi dan visualisasi ide siswa, memungkinkan mereka untuk secaraDalam penerapannya, media interaktif seperti wardwall digunakan untuk mendukung kolaborasi dan visualisasi ide siswa, memungkinkan mereka untuk secara
UINSATUUINSATU Proliferasi aktivisme pemuda di Indonesia menunjukkan pergeseran menuju aktivitas filantropi. Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin dan UIN Sunan AmpelProliferasi aktivisme pemuda di Indonesia menunjukkan pergeseran menuju aktivitas filantropi. Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin dan UIN Sunan Ampel