JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD

Jurnal Akademika KimiaJurnal Akademika Kimia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia kelas X MIA4 di SMA Negeri 1 Palu dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia di kelas X MIA4 SMAN 1 Palu? Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: 1. perencanaan, 2. pelaksanaan, 3. observasi, dan 4. evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut, beberapa aspek mendasar dari pembelajaran berhasil ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Seperti aktivitas siswa dalam berkolaborasi dan menyelesaikan lembar kerja secara mandiri, aktif bertanya dan menjawab pertanyaan, serta membuat siswa merasa senang dan antusias. Begitu juga, rata-rata evaluasi setiap siklus menunjukkan bahwa persentase ketuntasan meningkat. Pada siklus satu, aksi satu adalah 73,8%, aksi dua 85,5%, dan aksi tiga 92,9% meningkat pada siklus dua, rata-rata dari tiga aksi adalah 98,0%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas X MIA4 SMA Negeri 1.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di kelas X MIA4 SMA Negeri 1 Palu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Prestasi belajar siswa kelas X MIA4 SMA Negeri 1 Palu dalam pelajaran kimia dapat ditingkatkan jika menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.Hal ini dapat dibuktikan dengan dua indikator.nilai rata-rata siklus dan ketuntasan klasik siklus.Untuk nilai rata-rata, satu siklus memiliki nilai rata-rata 65,4 dengan ketuntasan klasik 90,5%.Pada siklus kedua, nilai rata-rata kembali naik menjadi 75,2 dengan ketuntasan klasik 98%.Dengan demikian, terbukti bahwa pendekatan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran kimia di kelas X MIA4 SMA Negeri 1 Palu.

Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan mengkaji efek penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mata pelajaran lain selain kimia untuk melihat apakah ada peningkatan hasil belajar yang serupa. Selain itu, penelitian juga dapat mengeksplorasi dampak dari penerapan strategi pembelajaran jigsaw terhadap sikap dan motivasi belajar siswa secara lebih mendalam. Penelitian ini sebaiknya melibatkan lebih banyak variabel seperti gaya belajar dan lingkungan belajar siswa untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan metode pembelajaran ini.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
File size218.46 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test