JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD
Jurnal Akademika KimiaJurnal Akademika KimiaPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia kelas X MIA4 di SMA Negeri 1 Palu dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia di kelas X MIA4 SMAN 1 Palu? Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: 1. perencanaan, 2. pelaksanaan, 3. observasi, dan 4. evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut, beberapa aspek mendasar dari pembelajaran berhasil ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Seperti aktivitas siswa dalam berkolaborasi dan menyelesaikan lembar kerja secara mandiri, aktif bertanya dan menjawab pertanyaan, serta membuat siswa merasa senang dan antusias. Begitu juga, rata-rata evaluasi setiap siklus menunjukkan bahwa persentase ketuntasan meningkat. Pada siklus satu, aksi satu adalah 73,8%, aksi dua 85,5%, dan aksi tiga 92,9% meningkat pada siklus dua, rata-rata dari tiga aksi adalah 98,0%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas X MIA4 SMA Negeri 1.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di kelas X MIA4 SMA Negeri 1 Palu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Prestasi belajar siswa kelas X MIA4 SMA Negeri 1 Palu dalam pelajaran kimia dapat ditingkatkan jika menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.Hal ini dapat dibuktikan dengan dua indikator.nilai rata-rata siklus dan ketuntasan klasik siklus.Untuk nilai rata-rata, satu siklus memiliki nilai rata-rata 65,4 dengan ketuntasan klasik 90,5%.Pada siklus kedua, nilai rata-rata kembali naik menjadi 75,2 dengan ketuntasan klasik 98%.Dengan demikian, terbukti bahwa pendekatan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran kimia di kelas X MIA4 SMA Negeri 1 Palu.
Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan mengkaji efek penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mata pelajaran lain selain kimia untuk melihat apakah ada peningkatan hasil belajar yang serupa. Selain itu, penelitian juga dapat mengeksplorasi dampak dari penerapan strategi pembelajaran jigsaw terhadap sikap dan motivasi belajar siswa secara lebih mendalam. Penelitian ini sebaiknya melibatkan lebih banyak variabel seperti gaya belajar dan lingkungan belajar siswa untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan metode pembelajaran ini.
| File size | 218.46 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STTSIMPSONSTTSIMPSON Oleh karena itu, gereja dipanggil untuk memperkuat hubungan vertikal anggota dengan Tuhan. Kedua, tindakan konkret gereja di dunia harus didasarkan padaOleh karena itu, gereja dipanggil untuk memperkuat hubungan vertikal anggota dengan Tuhan. Kedua, tindakan konkret gereja di dunia harus didasarkan pada
JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD This research was conducted using research and development (R&D) methods. The goal of this study was to ascertain the validity and applicability of theThis research was conducted using research and development (R&D) methods. The goal of this study was to ascertain the validity and applicability of the
JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD Hasil penentuan kadar air dari karbon aktif yang diperoleh adalah 8,36% pada 350 ℃ dan 7,1% pada 450 ℃. Nilai kadar air dan kadar abu dari karbon aktifHasil penentuan kadar air dari karbon aktif yang diperoleh adalah 8,36% pada 350 ℃ dan 7,1% pada 450 ℃. Nilai kadar air dan kadar abu dari karbon aktif
JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD Logam tanah jarang (REM) adalah unsur langka dan hanya ditemukan dalam bentuk senyawa kompleks fosfat dan karbonat. REM terdiri dari 17 unsur yang diklasifikasikanLogam tanah jarang (REM) adalah unsur langka dan hanya ditemukan dalam bentuk senyawa kompleks fosfat dan karbonat. REM terdiri dari 17 unsur yang diklasifikasikan
Useful /
UNSOEDUNSOED Aktivitas antibakteri dievaluasi dengan metode difusi agar terhadap Staphylococcus aureus, Bacillus cereus, Bacillus subtilis, Shigella flexneri, dan EscherichiaAktivitas antibakteri dievaluasi dengan metode difusi agar terhadap Staphylococcus aureus, Bacillus cereus, Bacillus subtilis, Shigella flexneri, dan Escherichia
UMMUMM Temuan menunjukkan pola konsisten di mana intensitas penegakan kasus korupsi yang melibatkan pejabat publik kian meningkat mendekati hari pemilu, menandakanTemuan menunjukkan pola konsisten di mana intensitas penegakan kasus korupsi yang melibatkan pejabat publik kian meningkat mendekati hari pemilu, menandakan
JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD Langkah-langkah yang dilakukan meliputi ekstraksi, fraksinasi, uji fitokimia, pemisahan melalui kromatografi, identifikasi, dan uji SPF. Ekstraksi dilakukanLangkah-langkah yang dilakukan meliputi ekstraksi, fraksinasi, uji fitokimia, pemisahan melalui kromatografi, identifikasi, dan uji SPF. Ekstraksi dilakukan
JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD The zinc thickness test results showed that the flat washer has an average thickness of 10.52 microns with a minimum and maximum thickness variation ofThe zinc thickness test results showed that the flat washer has an average thickness of 10.52 microns with a minimum and maximum thickness variation of