JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD
Jurnal Akademika KimiaJurnal Akademika KimiaThis study aimed to describe the improvement of learning outcomes by applying the learning model of Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) with molymod-assisted hydrocarbon material of class X students of SMA Labschool UNTAD Palu. This type of research was experimental designs with one group pretest-posttest design. The study used 2 classes, namely class XA as replication class 1 (n = 26) and class XB as replication class 2 (n = 27). The students learning outcomes were affective, psychomotor, and cognitive aspects. In replication class 1, the value of student learning outcomes was 71.37, while in replication class 2 was 66.00. The data analysis results showed increased student learning outcomes after using the Molymod-assisted CORE learning model in both classes. So it can be concluded that applying the Molymod-assisted CORE learning model on hydrocarbon materials can improve student learning outcomes for class X SMA Labschool UNTAD Palu.
The application of the Molymod-assisted CORE learning model demonstrably improved student learning outcomes in affective, psychomotor, and cognitive domains.This improvement was observed in both replication classes at SMA Labschool UNTAD Palu.Therefore, it can be concluded that the utilization of this learning model effectively enhances student understanding and performance in hydrocarbon material.
Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menguji efektivitas model CORE dengan bantuan molymod pada materi kimia lain yang lebih kompleks, seperti reaksi organik, untuk melihat apakah peningkatan hasil belajar juga terjadi. Selain itu, perlu dilakukan penelitian yang membandingkan model CORE dengan model pembelajaran lain yang inovatif, seperti problem-based learning atau project-based learning, untuk menentukan model mana yang paling efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa. Terakhir, penelitian kualitatif dapat dilakukan untuk menggali lebih dalam pengalaman belajar siswa saat menggunakan model CORE dengan molymod, termasuk persepsi mereka terhadap manfaat dan tantangan yang dihadapi, sehingga dapat memberikan masukan untuk penyempurnaan model pembelajaran di masa depan.
| File size | 189.8 KB |
| Pages | 5 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UDBUDB Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor personal terhadap perilaku seksual pranikah pada remaja SMA di Kota Surakarta. Metode penelitianTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor personal terhadap perilaku seksual pranikah pada remaja SMA di Kota Surakarta. Metode penelitian
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe model pembelajaran bahasa isyarat berbasis web, menggunakan Bahasa Isyarat Amerika (WEBSL), bagiPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe model pembelajaran bahasa isyarat berbasis web, menggunakan Bahasa Isyarat Amerika (WEBSL), bagi
JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD Surfaktan seperti span-80, span-85, dan T154 menunjukkan kinerja yang berbeda dalam stabilitas emulsi dan efisiensi ekstraksi, dengan T154 menawarkan stabilitasSurfaktan seperti span-80, span-85, dan T154 menunjukkan kinerja yang berbeda dalam stabilitas emulsi dan efisiensi ekstraksi, dengan T154 menawarkan stabilitas
JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD Sintesis dilakukan dengan aktivasi secara kimia menggunakan asam fosfat dengan rasio impregnasi kering 1:4 (g sampel:g H3PO4). Sampel yang diimpregnasiSintesis dilakukan dengan aktivasi secara kimia menggunakan asam fosfat dengan rasio impregnasi kering 1:4 (g sampel:g H3PO4). Sampel yang diimpregnasi
Useful /
JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD Hasil analisis respon siswa terhadap modul pembelajaran menunjukkan bahwa 29% siswa merespon sangat praktis, 64,4% siswa merespon praktis, 6% siswa meresponHasil analisis respon siswa terhadap modul pembelajaran menunjukkan bahwa 29% siswa merespon sangat praktis, 64,4% siswa merespon praktis, 6% siswa merespon
JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD Ekstraksi dilakukan dengan metanol, dilanjutkan fraksinasi menggunakan n-heksana dan diklorometana. Fraksi diklorometana dipilih untuk tahap pemisahanEkstraksi dilakukan dengan metanol, dilanjutkan fraksinasi menggunakan n-heksana dan diklorometana. Fraksi diklorometana dipilih untuk tahap pemisahan
JURNALFKIPUNTADJURNALFKIPUNTAD The zinc thickness test results showed that the flat washer has an average thickness of 10.52 microns with a minimum and maximum thickness variation ofThe zinc thickness test results showed that the flat washer has an average thickness of 10.52 microns with a minimum and maximum thickness variation of
UNMUNM Berdasarkan konsep budaya kolaboratif Hargreaves dan Fullan (2012), penelitian ini menemukan bahwa kolegialitas buatan (contrived collegiality) lebih dominanBerdasarkan konsep budaya kolaboratif Hargreaves dan Fullan (2012), penelitian ini menemukan bahwa kolegialitas buatan (contrived collegiality) lebih dominan