OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi statistika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA di kisaran yang terdiri dari 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui tes tertulis dalam bentuk soal uraian materi statistika yang berjumlah empat soal. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk indikator kemampuan berpikir kreatif yang diukur ada empat yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan kerincian (elaboration). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh tiap indikator kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu flexibility 81,25%, originality 62,5 %, fluency 55%, dan elaboration 70%. Dengan demikian kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk dalam kategori tinggi.

Kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi statistika termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata masing-masing indikator yaitu flexibility 81,25%, originality 62,5%, fluency 55%, dan elaboration 70%.

Bagaimana pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi statistika? Apa dampak penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap perkembangan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah statistika? Bagaimana penerapan pendekatan berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menangani materi statistika?.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #kreatif siswa#kreatif siswa
File size643.98 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test