OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kemampuan membaca puisi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari 10 jurnal dengan topik yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan membaca puisi dengan model pembelajaran yang efektif. Dalam penelitian ini meta analisis digunakan untuk mengelompokkan objek penelitian terpilih yang hasilnya berupa model pembelajaran yang sesuai untuk kemampuan membaca puisi. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi.

Melalui hasil meta analisis dengan menggunakan 10 penelitian dapat disimpulkan bahwa model-model pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan dalam membaca puisi yang dapat mengembangkan keefektifan pembelajaran diperoleh persentase 60%.Model pembelajaran SAVI dan TTW dalam membaca puisi lebih efektif digunakan di tingkat kelas rendah maupun tinggi, dengan menggunakan metode eksperimen dengan persentase 60%, selain itu model pembelajaran bahasa Indonesia dalam membaca puisi lebih tepat digunakan dengan metode atau teknik observasi dengan persentase 50%.Dapat disimpulkan juga bahwa model pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi, dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi peserta didik dalam mengembangkan bakat, minat, serta kreativitas dalam membaca puisi, guru dan peserta didik.

Untuk penelitian lanjutan, dapat dilakukan studi komparatif yang menyelidiki pengaruh model pembelajaran SAVI dan TTW pada siswa dengan minat belajar sastra yang tinggi dan rendah. Selain itu, penelitian dapat dilakukan untuk mengeksplorasi model-model pembelajaran inovatif lainnya yang dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menghambat keterampilan membaca puisi pada siswa. Penelitian selanjutnya juga dapat berfokus pada pengembangan model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam membaca puisi, serta mengukur dampak positif dari model-model pembelajaran tersebut terhadap kemampuan membaca puisi peserta didik.

  1. #analisis pengaruh model#analisis pengaruh model
  2. #model inovatif#model inovatif
File size153.07 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test